Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 8 Manfaat Bunga Telang, Kamu Musti Tau !

8 Manfaat Bunga Telang, Kamu Musti Tau !

- Jumat, 16 Oktober 2020 | 14:00 WIB
8 Manfaat Bunga Telang, Kamu Musti Tau !

Manfaat bunga telang, mungkin tidak diketahui banyak orang. Sebab, bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan. Bunga yang memilki nama medis Clitoria ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Namun, manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India. Ini menjadi salah satu bukti, bahwa manfaat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik taman belakang, tapi juga untuk kesehatan.

Manfaat bunga telang yang beraneka ragam

Jika dilihat dari tampilan luarnya saja, mungkin Anda tidak akan menyangka, bahwa manfaat bunga telang, sangat menyehatkan.Mari dari itu, mari kenali beberapa manfaat bunga telang, yang dipercaya bisa menyehatkan tubuh Anda, di bawah ini:

1. Meningkatkan daya ingat

Ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin, dalam otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

Dalam sebuah riset beberapa waktu lalu, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, jika dikonsumsi bersamaan dengan aktivitas yoga.Hasil yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life, begitu memuaskan. Bahkan, dalam satu sesi yoga saja, konsumsi bunga telang bisa mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

3. Meringankan depresi

Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang. Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.Perlu diketahui, asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).
Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

4. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah zat penting, yang bisa memproteksi sel sehat, di dalam tubuh. Selama ini, para peneliti berusaha untuk mencari zat antioksidan, dalam bentuk bunga atau tumbuhan, seperti dari bunga telang.Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol yang dikandung bunga telang, sangat berpotensi untuk menjadi sumber antioksidan.Bahkan, di masa depan, manfaat bunga telang, dipercaya bisa digunakan dalam terapi, untuk mencegah atau memperlambat penyakit degeneratif.Walau begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan manfaat bunga telang, yang satu ini.

5. Menyembuhkan luka

Manfaat bunga telang lainnya adalah untuk menyembuhkan luka. Sebab, ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik.Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka pada hewan percobaan ini, meningkat secara signifikan.
Itulah sebabnya, para peneliti pecaya, bahwa manfaat bunga telang, bisa menjadi penyembuh luka yang efektif.

6. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak yang menyehatkan ini, ditemukan pada minyak zaitun.Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan, dan memiliki efek positif, untuk mengurangi risiko terkena kanker.

7. Menyehatkan jantung

Manfaat bunga telang yang sangat penting ini, dipercaya bisa mengatasi penyakit kolesterol tinggi (hiperlipidemia). Itulah sebabnya, bunga telang dipercaya mampu menyehatkan jantung.Dalam sebuah studi pada hewan, bunga telang bisa menurunkan kadar trigliserida cukup signifikan. Bahkan, jumlah kolesterol total dan gula darah pun berkurang. Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL), justru mengalami peningkatan.8. Berpotensi mengatasi gejala diabetesDalam sebuah penelitian pada hewan uji, dibuktikan bahwa kembang telang dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah, sehingga dapat menjaga kestabilan gula darah pada pasien diabetes.Namun, tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kembang telang ini!

Cara membuat teh bunga telang

Walau sering diolah menjadi berbagai bentuk makanan, bunga telang biasanya dinikmati sebagai teh. Cara membuat teh bunga telang, juga mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tahapan cara membuat teh bunga telang:

  • Petik 10 kelopak bunga telang, baik segar ataupun dalam bentuk kering, kemudian rendam ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 15 menit

  • Saat kelopak bunganya sudah tidak berwarna biru lagi, buanglah kelopaknya, dan saring airnya. Jika warna kelopaknya sudah menghilang, maka air panasnya akan berwarna biru keunguan.

  • Teh bunga telang sudah siap diminum.

Namun, banyak orang yang mengonsumsinya dengan campuran serai kering, untuk menambah rasa lezatnya. Teh bunga telang juga bisa dicampur dengan beberapa tetes jus jeruk nipis, agar ada sensasi asam manisnya.Jika Anda mencampur teh bunga telang dengan jeruk nipis, maka warna airnya akan berubah menjadi ungu tua.
Sebelum mencobanya, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter. Sebab, riset untuk menggali manfaat bunga telang, masih terbatas pada penelitian hewan saja. Penelitian pada manusia, untuk membuktikan manfaat bunga ini, masih diperlukan.

Cari Artikel Lainnya