Home » Kongkow » Tips & Trik » 8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Siswa dan Guru Sebelum Masuk Sekolah

8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Siswa dan Guru Sebelum Masuk Sekolah

- Sabtu, 23 Juni 2018 | 11:00 WIB
8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Siswa dan Guru Sebelum Masuk Sekolah

Masa liburan sebentar lagi akan berakhir, maka sudah saatnya mulai sekarang siswa dan guru mulai mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki rutinitas kegiatan belajar mengajar yang sebentar lagi akan  dilaksanakan.
Kesiapan sangatlah diperlukan untuk mendukung segala aktivitas yang akan dilaksanakan selama kegiatan belajar mengajar di sekolah berlangsung. Sebagai seorang siswa, ada baiknya dari sekarang anda mempersiapkan diri dan perlengkapan yang diperlukan untuk menghadapi kegiatan sekolah yang sebentar lagi akan berlangsung. Juga demikian dengan guru, kesiapan mengajar sangatlah mutlak diperlukan.

Apa saya yang mesti dipersiapkan oleh siswa dan guru sebelum masuk sekolah?
Berikut ini akan saya bahas secara lengkap beberapa hal yang memang perlu dipersiapkan sebelum masuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Simak ulasannya di bawah ini!

Yang Harus Dipersiapkan Siswa

Kesehatan
Kesehatan merupakan hal wajib pertama yang harus dipersiapkan dengan baik. Tanpa kesehatan yang baik, segala kegiatan belajar yang akan diikuti di sekolah tidak akan berjalan dengan baik. Apalagi sampai sakit dan nggak bisa sekolah. Tentu akan sangat merugikan.

Mulai sekarang persiapkan diri dengan sebaik mungkin. Siapkan fisik dan mental dengan matang sebelum sekolah. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga. Karena pada dasarnya, hari libur lebih banyak diisi dengan kegiatan yang kurang sehat, seperti tidur sepuasnya, jalan-jalan yang mengurangi waktu istirahat, banyak makan yang kurang sehat, kurang berolahraga, dan sebagainya. Jadi mulai sekarang, persiapkan kesehatan tubuh dengan sebaik mungkin.
 

Buku Pelajaran
Yang kedua adalah buku pelajaran. Persiapkan buku yang akan digunakan untuk mengikuti kegiatan belajar dengan sebaiknya. Mulai dari buku tulis, buku teks pelajaran, serta buku lain yang bisa menunjang kegiatan belajar di sekolah. Jangan menunda-nunda dalam mepersiapkannya, karena hanyak akan menumpuk pekerjaan dan membuat kamu repot jika waktu sudah dekat.

Peralatan Sekolah
Yang ketiga adalah perlengkapan sekolah. Perlengkapan sekolah bisa berupa seragam sekolah, tas, sepatu, serta peralatan lain yang menunjang kegiatan belajar di sekolah. Mulai persiapkan sedari sekarang agar tidak terlalu membebani kamu nanti jika akan sekolah.

Niat Belajar Dengan Baik
Yang terakhir dan sangatlah penting adalah mempersiapkan niat, karena jika semua telah dipersiapkan dengan baik tetapi niat untuk belajar dan bersekolah tidak ada, semua akan menjadi sia-sia. Kamu hanya akan jadi orang yang suka bermalas-malasan dan ini sangatlah merugikan.

Yang Harus Dipersiapkan Guru

Kesehatan
Sama halnya dengan siswa, kesehatan yang prima merupakan komponen utama yang harus dipersiapkan guru. Pada dasarnya, tenaga dan pikiran yang digunakan guru jauh lebih besar dibandingkan siswa. Tugas guru tidak hanya mengajar, namun juga mengawasi siswa di sekolah.
Selain itu, kondisi kesehatan yang baik akan membantu guru dalam mempersiapkan segala bahan yang bisa digunakan untuk proses mengajar di sekolah. Jadi disimpulkan bahwa kesehatan adalah hal pertama yang wajib diperhatikan oleh guru.

Perangkat Pembelajaran
Yang kedua adalah perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru dalam rangka menunjang proses mengajar di sekolah. Dengan menggunakan perangkat pembelajaran, tugas mengajar guru akan menjadi lebih mudah. Mulai sekarang, saatnya guru mempersiapkan segala perangkat mengajar, seperti silabus, RPP, bahan mengajar, media belajar, sampai perangkat penilaian.

Materi Pelajaran
Penguasaan materi juga merupakan salah satu komponen yang harus dipersiapkan oleh guru. Sehingga ketika menyampaikan pembelajaran, guru tidak akan kehabisan ide mengajar. Persiapkan dengan baik materi belajar selama satu semester, berikan inovasi dalam kegiatan belajar. Sehingga siswa merasa nyaman mengikuti pelajaran.

Niat Yang Tulus
Yang terakhir dan tak kalah penting adalah niat tulus dalam mengajar. Jangan jadikan mengajar sebagai sebuah pekerjaan, namun jadikan sebagai cara anda membagi ilmu bagi orang lain. Jika hal itu dilakukan maka, anda termasuk orang yang memiliki niat mengajar yang tulus. Persiapkan hal tersebut dari sekarang.

Demikian artikel mengenai 8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Siswa dan Guru Sebelum Masuk Sekolah. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya