Home » Kongkow » kongkow » 7 Manfaat Teamwork Dalam Organisasi dan Bisnis

7 Manfaat Teamwork Dalam Organisasi dan Bisnis

7 Manfaat Teamwork Dalam Organisasi dan Bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan terus berinteraksi dengan sesama. Sebagai makhluk sosial, manusia pada dasarnya selalu membutuhkan bantuan orang lain. Oleh karena itu pentingnya menjalin kerja sama atau teamwork dengan beberapa orang yang tentunya memiliki tujuan yang sama agar pencapaian tujuan tersebut lebih mudah dan efisien.

Berikut manfaat teamwork yang dapat kami ulas :

1. Mempercepat terselesaikannya suatu pekerjaan

Dalam sebuah teamwork dengan beberapa personil yang memiliki kesamaan tujuan atau target akan mempermudah dan mempercepat terselesaikannya suatu pekerjaan. Hal ini dikarenakan dalam teamwork tersebut memungkinkan untuk dilakukan pembagian tugas. Artinya setiap orang memiliki jobdesc masing-masing dan bertanggung jawab atas jobdesc tersebut. Dengan demikian pekerjaan apapun akan lebih mudah diselesaikan.

2. Kesempatan untuk menghasilkan ide kreatif lebih besar

Bekerja sama dengan beberapa orang dengan perbedaan pemikiran dan latar belakang akan memberikan kesempatan bagi kelompok tersebut saat menyelesaikan pekerjaaan terutama dalam menghasilkan ide-ide kreatif yang lebih besar dibanding pekerjaan yang dilakukan oleh perseorangan.

3. Penyelesaian masalah secara lebih objektif

Masalah mungkin saja muncul di tengah proses menyelesaikan suatu pekerjaan. Adanya teamwork akan memberikan solusi yang lebih objektif untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada. Solusi tersebut dihasilkan dengan memusyawarkan masalah tersebut dan mufakat yang diperoleh wajib dilaksanakan oleh semua anggota. Hal ini dikarenakan berbagai pemikiran berbeda dari masing-masing team memungkinkan untuk memunculkan sudut pandang baru dalam menyelesaikan masalah.

4. Meningkatkan produktivitas

Teamwork akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Sehingga akan lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dan produktifitas meningkat.

5. Sebagai sarana pengembangan diri

Teamwork juga akan menjadi sarana pengembangan diri bagi anggotanya karena kita dituntut untuk dapat menghargai dan menghormati pendapat dan pemikiran orang lain, menjalin komitmen, bertanggungjawab pada setiap tugas yang dibebankan team kepada kita serta bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain khususnya dengan anggota lain di dalam teamwork.

6. Memotivasi satu sama lain

Ada kalanya saat menyelesaikan suatu pekerjaan kita mengalami kondisi down, stress dsb. Jika pekerjaan tersebut dilakukan dengan teamwork maka antar anggota akan dapat saling memotivasi dan memberi semangat agar segera menyelesaikan pekerjaan tersebut.

7. Memperkaya sumber informasi

Dengan teamwork maka informasi yang dapat kita peroleh pun akan lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan bekerja secara individu.

Cari Artikel Lainnya