Home » Kongkow » Biologi » 6 Penyakit Pada Pankreas

6 Penyakit Pada Pankreas

- Senin, 17 Januari 2022 | 08:00 WIB
6 Penyakit Pada Pankreas

Seperti halnya organ tubuh yang lain, kamu pun perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan pankreas. Pankreas merupakan organ yang bertugas untuk memproduksi enzim pencernaan yang berperan dalam proses penguraian protein, gula, dan lemak di dalam makanan serta minuman agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari pankreas ini? Pada dasarnya, pankreas berperan untuk menjalankan fungsi dari endokrin dan eksokrin. Endokrin bertugas untuk mengeluarkan hormon insulin yang akan mengubah gula menjadi sumber energi bagi tubuh.

Sementara itu, eksokrin merupakan suatu kelenjar yang berfungsi mengeluarkan enzim, seperti misalnya kelenjar lendir, kelenjar minyak, kelenjar air mata, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Fungsi Hati dan Zat-zat Yang Dihasilkan

Ada beragam penyakit pada pankreas yang dapat terjadi. Penyakit tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari peradangan, batu empedu, konsumsi alkohol berlebihan, hingga pola makan yang tidak sehat.

Nah, tidak memperhatikan kesehatan pankreas tentu akan mengakibatkan munculnya berbagai gangguan, seperti berikut ini:

1. Fibrosis Kistik

Merupakan penyakit yang terjadi pada pankreas yang muncul karena masalah genetis. Ini mengakibatkan terjadinya kelainan serius pada paru-paru dan pankreas. Pada akhirnya, kelainan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan pada pencernaan dan memicu terjadinya diabetes. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, fibrosis kistik bisa menimbulkan kematian.

2. Insulinoma

Insulinoma juga disebut sebagai tumor pankreas. Penyakit ini terjadi karena kemampuan tumor dalam memproduksi hormon insulin. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 10 persen penyakit ini termasuk dalam kategori ganas atau mematikan. Namun, hingga kini belum diketahui apa penyebab munculnya penyakit insulinoma. Penyakit ini disinyalir memiliki gejala yang hampir sama dengan hipoglikemia, seperti linglung, sakit kepala, gangguan penglihatan, dan terjadinya kelemahan otot.

Baca juga: Bagian Bagian Ginjal dan Fungsinya sebagai Alat Ekskresi Manusia

3. Pankreatitis

Sering disebut dengan inflamasi pankreas, pengidap pankreatitis akan mengalami rasa nyeri pada bagian pankreas. Ini disebabkan karena aktifnya enzim pankreas secara prematur yang mengakibatkan pankreas menjadi autodigestif. Gejala yang sering dialami penderita pankreatitis adalah rasa nyeri pada perut bagian abdomen hingga punggung, perut yang terlihat kaku dan datar, mual, muntah, dan menurunnya tekanan darah.

4. Diabetes Melistus Tipe 1 dan 2

Penyakit yang terjadi pada pankreas selanjutnya adalah diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2. Diabetes Melistus adalah Penyakit yang muncul karena pankreas tidak dapat menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, pankreas tidak mampu mengeluarkan insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sementara, itu, pada diabetes tipe 1, pengidap akan selalu membutuhkan suntik insulin karena pankreas yang dirusak oleh sistem kekebalan tubuh.

5. Kanker Pankreas

Kanker pankreas menjadi salah satu penyakit silent killer. Kondisi ini disebabkan karena gejala awalnya yang tidak terlihat dan teridentifikasi dengan baik. Seperti halnya tumor pada umumnya, kanker pankreas disebabkan karena munculnya berbagai macam sel asing yang berisiko tinggi untuk berubah menjadi tumor. Bukan tidak mungkin, karena sel yang terdapat pada saluran pankreas memang paling sering menjadi tempat berkembangbiaknya sel tumor.

6. Pankreas Pseudokista

Penyakit yang terjadi pada pankreas terakhir adalah pankreas pseudokista yang terjadi setelah pengidap terserang penyakit pankreatitis. Penyakit ini ditandai dengan terisinya rongga dengan cairan pseudokista. Operasi bedah drainase bisa menjadi langkah penanganan yang tepat, meski pada beberapa pengidap penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Itu tadi beberapa penyakit yang terjadi pada pankreas. Jangan anggap remeh apabila kamu mengalami rasa nyeri perut yang tidak biasa, karena bisa saja telah terjadi gangguan pada pankreas kamu.

Cari Artikel Lainnya