Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 Warna Yang Tidak Disukai Nyamuk. Yuk, Aplikasikan Di Rumah!

5 Warna Yang Tidak Disukai Nyamuk. Yuk, Aplikasikan Di Rumah!

- Selasa, 28 April 2020 | 10:00 WIB
5 Warna Yang Tidak Disukai Nyamuk. Yuk, Aplikasikan Di Rumah!

Selain tanaman, kamu juga bisa mengusir nyamuk dengan mengaplikasikan lima warna yang tidak disukai nyamuk. Wah, ternyata ada cara lain yang unik untuk menghalau hewan kecil penyebab penyakit demam berdarah tersebut. Kira-kira apa saja yang warna yang tidak disukai nyamuk? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

5 Warna yang Tidak Disukai Nyamuk

1. Warna Putih

warna cat yang dibenci nyamuk

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ahli, hewan nyamuk memiliki kecenderungan menyukai warna dengan spektrum gelap. Warna-warna itu ialah hitam, merah, serta biru tua, atau navy blue. Hal itu tidak hanya berlaku untuk warna pakaian, tapi juga pada interior dan eksterior rumah.

warna cat yang dibenci nyamuk

Jika rumahmua memang sering dihinggapi nyamuk, cobalah untuk mengganti warna dinding menjadi berwarna cerah seperti putih. Tidak seperti warna gelap, putih tidak akan menyerap serta menyimpan kandungan CO2 yang dikeluarkan dari tubuh. Gas tersebut sendiri memang diketahui sangat disukai oleh nyamuk. Perbanyak pula dekorasi dengan pulasan warna bersih ini di rumah seperti pada gorden, penutup sofa, atau pun taplak.

2. Pulasan Biru Kehijauan

warna cat yang dibenci nyamuk

Sama seperti anjing dan kucing, nyamuk juga tidak memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan warna, alias buta warna. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna-warna cerah di rumah tidak memiliki kemampuan untuk mengikat gas CO2. Semakin terang spektrum warnanya, tentu akan semakin banyak menangkal penyerapan gas ini.

warna cat yang dibenci nyamuk

Warna cat biru kehijauan seperti cyan, turquoise, teal, bondi blue, dan ming merupakan pulasan menarik yang sering digunakan banyak orang di rumah. Karena sifatnya yang terang dan riang, warna ini sangat cocok jika diaplikasikan di ruangan khusus anak, baik itu kamar tidur, ruang belajar, atau area bermain. Kamu bisa menuangkan warna yang tidak disukai nyamuk ini pada dinding, serta pada dekorasi lain seperti sofa bean bag, rak buku, hingga lukisan.

Baca Juga : 

Terkuak! Ini Alasan Nyamuk Suka Terbang di Area Telinga

Ternyata 5 Faktor Inilah Nyamuk Suka Menggigit Anda

Mengapa Nyamuk Sering Berkumpul di atas Kepala

3. Warna Cat Hijau yang Dibenci Nyamuk

warna cat yang dibenci nyamuk

Hijau merupakan warna yang kerap diasosiasikan dengan tumbuhan dan sangat menarik untuk dijadikan pilihan. Walau nyamuk-nyamuk  tidak bisa mengidentifikasinya, warna hijau memiliki kemampuan yang sama dengan warna-warna terang lainnya. Di samping itu, guratan warna berkesan alami ini pun sangat cocok untuk dijadikan aksen dekorasi di rumah.

warna cat yang dibenci nyamuk

Karpet, sofa, cushion, taplak meja, hingga tanaman-tanaman berwarna hijau dalam ruangan merupakan beberapa dekorasi ruangan yang bisa kamu pilih. Sangat disarankan pula untuk menempatkan tanaman hijau pengusir nyamuk seperti pepermin, basil, dan serai.

4. Warna Kuning Kecoklatan

warna cat yang dibenci nyamuk

Warna kuning kecoklatan atau sering disebut sebagai warna khaki memang cukup sering dijadikan pilihan utnuk memulas dinding, terlebih untuk rumah-rumah dengan nuansa tradisional. Walau terkesan sedikit gelap, ternyata warna ini ampuh menangkal nyamuk untuk masuk ke rumahmu lho. Jadi, pastikan warna cat yang dibenci nyamuk ini tidak luput dari pilihan kamu.

warna cat yang dibenci nyamuk

Beberapa dekorasi berwarna khaki yang cocok dijadikan pilihan misalnya:

  • bed cover dan sprei untuk tempat tidur
  • Penutup lampu
  • Pajangan-pajangn mungil seperti vas atau lampu duduk.

Warna ini juga bisa kamu aplikasikan di mana saja karena memberikan kesan yang hangat dan simpel.

5. Warna Kuning pada Dinding Rumah

warna cat yang dibenci nyamuk

Nah, ini dia warna yang paling dibenci serta dihindari nyamuk. Ya! Warna kuning. Menurut studi, kuning meruapakan warna yang paling sulit diidentifikasi nyamuk karena sangat membingungkan mereka. Merupakan pilihan yang sangat tepat jika kamu memilih jenis-jenis dekorasi dengan guratan kuning cerah untuk mempercantik rumahmu.

warna cat yang dibenci nyamuk

Karena sifatnya yang sangat terang dan ceria, kadang menggunakan warna cat kuning yang berlebih malah akan memberikan kesan yang berat dan cenderung panas. Maka itu, ada baiknya gunakanlah warna ini sebagai pulasan yang tidak dominan. Padukan dengan warna putih, krem, beige, serta warna-warna soft lainnya untuk hasil tampilan ruangan yang lebih baik.

***

Selain kelima warna di atas, ada yang tahu lagi tidak warna-warna yang tidak disukai nyamuk?

Cari Artikel Lainnya