Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 4 Negara Pengguna Bendera Merah Putih

4 Negara Pengguna Bendera Merah Putih

- Sabtu, 05 September 2020 | 12:00 WIB
4 Negara Pengguna Bendera Merah Putih

Bendera merah putih merupakan warna bendera negara Indonesia, namun ternyata bukan hanya indonesia yang mengusung konsep bendera dengan warna merah putih.

Konsep bendera merah putih tidaklah harus dengan warna merah diatas dan warna putih dibawah. Beberapa negara juga menggunakan warna merah dan putih namun dengan desain yang berbeda-beda.

Negara mana sajakah itu? Berikut ini informasinya untuk kamu.

Indonesia

bendera merah putih

Indonesia terkenal dengan bendera merah putih yang cikal bakalnya adalah bendera pada masa Kerajaan Majapahit. Dalam sistem pencarian di internet, bendera merah putih didefiniskan sebagai bendera resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan dua konsep warna ini, mengingat model bendera Indonesia sangatlah mudah. Rasio warna bendera Indonesia adalah 2:3. 

Monaco

bendera merah putih

Bendera Monako mempunyai konsep yang mirip dengan bendera Indonesia, yaitu warna merah di atas dan warna putih dibawah. Namun ada perbedaan dalam konsep pembuatannya. Jika rasio bendera Indonesia adalah 2:3, bendera Monaco memiliki rasio yang berbeda yaitu 4:5.

Bendera salah satu negara Eropa ini telah dipakai sejak tahun 1881. Untuk membedakannya, kamu bisa dengan melihat rasionya.

Singapura

bendera merah putih

Singapura mempunyai konsep bendera yang sama, namun ada symbol yang membedakannya. Negara ini mempunyai rasio bendera 2:3. Dalam warna merah terdapat bulan sabit dan beberapa bintang yang membedakannya dengan bendera nasional kita. Untuk membedakannya, kamu hanya perlu melihat pada bagian merah.

Polandia

bendera merah putih

Bendera Polandia sebenarnya mempunyai konsep putih-merah. Rasionya adalah 5:8. Untuk membedakannya dengan bendera Indonesia, kamu hanya perlu melihat dari susunannya yang berkebalikan.

Kini, kamu menjadi lebih tahu mengenai bendera berwarna merah dan putih yang dipakai oleh negara-negara bendera. Kamu juga lebih tahu mengenai perbedaan bendera serta ukuran bendera yang berbeda setiap negaranya. Berdasarkan pengetahuan rasio, maka pembuatan bendera merah putih juga tidak bisa sembarangan.

Cari Artikel Lainnya