Home » Kongkow » Tips & Trik » 4 Kesalahan yang Membuat Nasi Cepat Bau dan Menguning, Ini Tips Mengatasinya

4 Kesalahan yang Membuat Nasi Cepat Bau dan Menguning, Ini Tips Mengatasinya

- Senin, 29 Juni 2020 | 11:40 WIB
4 Kesalahan yang Membuat Nasi Cepat Bau dan Menguning, Ini Tips Mengatasinya

Sering sekali nasi menjadi bau dan mudah berubah jadi kuning meski baru dimasak. Terkadang kita langsung menyalahkan kualitas beras yang jelek sehingga membuatnya begitu.  Namun bisa saja hal itu terjadi karena kita tidak tahu cara menyimpan dan memasak beras yang baik dan benar.  Kenikmatan nasi yang kita makan menjadi penting pasalnya nasi yang enak juga sudah nikmat meski lauk pauk ala kadarnya. 

Penyebab Nasi Mudah Bau dan Menguning 

1. Disimpan terlalu lama

Terkadang, nasi disimpan hingga 2 hari padahal hal ini bisa menyebabkan nasi bisa menguning dan mengeluarkan bau tidak sedap. Meskipun bisa jadi menyimpan ini dalam rangka untuk mengirit waktu dengan memasak nasi dalam jumlah banyak sekaligus. Tapi hati-hati, menyimpan nasi terlalu lama juga tidaklah baik ya. Semakin lama disimpan maka akan membuat nasi cepat menguning dan kandungan gula yang makin tinggi.  Sebaiknya habiskan nasi setiap hari dan jangan dimakan lagi keesokan harinya. 

2. Menggunakan rice cooker rusak

Nasi menjadi bau dan menguning lebih sering terjadi pada nasi yang dimasak dengan rice cooker. Nah, kalau belum sampai satu hari nasi sudah menguning dan bau, berarti ada yang salah dengan rice cooker kita. Kemungkinan besar, kualitas rice cooker sudah menurun atau bahkan rusak. Rice cooker yang rusak juga bisa membuat nasi cepat basi, lho.  Oleh sebab itu, kamu isa periksakan rice cooker ke tempat servis langgananmu ya. 

3. Tidak masak dengan dandang

Untuk meminimalisir nasi menjadi bau dan menguning, kita bisa masak nasi dengan menggunakan dandang. Nasi yang dimasak dengan dandang akan jauh lebih tahan lama dan caranya cukup mudah.  Setelah beras dicuci, tinggal masukkan ke dalam air mendidih dan biarkan beras menyerap air menyerap ke dalam beras. Baru setelah itu kukus nasi hingga matang ya. 

4. Tidak mengaduk nasi setelah matang

Setelah nasi matang, baik dimasak menggunakan rice cooker atau dandang, jangan lupa untuk diaduk secara merata. Hingga tak ada lagi nasi yang mengeras di area dinding atau bawah tempat nasi.  Sebab nasi yang baru matang masih menyimpan uap panas dan harus diaduk agar uapnya keluar.  Kalau tidak, uap akan mengendap di dalam nasi dan membuat nasi jadi berair sehingga menyebabkan nasi cepat basi. 

Itulah penyebab nasi cepat bau dan menguning, jangan lupa terapkan tipsnya ya, agar nasi selalu nikmat ketika dimakan.

Cari Artikel Lainnya