Home » Kongkow » Kesehatan » 15 Manfaat Buah Pala, Kandungan, Efek Samping (No. 7 Menggairahkan!)

15 Manfaat Buah Pala, Kandungan, Efek Samping (No. 7 Menggairahkan!)

- Jumat, 04 Maret 2022 | 11:00 WIB
15 Manfaat Buah Pala, Kandungan, Efek Samping (No. 7 Menggairahkan!)

Manfaat buah pala sudah sejak zaman dahulu dikenal karena memiliki sifat aromatik, meningkatkan gairah seksual, dan penyembuhan. Selengkapnya ketahui kandungan nutrisi dan berbagai manfaat lainnya di bawah ini!

manfaat-buah pala-doktersehat
 

Kandungan Buah Pala

Buah pala dalam bentuk bubuk memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat, baik untuk pengobatan dan masakan. Berikut kandungan buah pala dalam 100 gram:

  • Energi: 525 kkal
  • Karbohidrat: 49,29 gram
  • Protein: 5.84 gram
  • Lemak total: 36,31 gram
  • Serat makanan: 20,8 gram
  • Folat: 76 mikrogram
  • Niasin: 1.299 miligram
  • Pyridoxine: 0,160 miligram
  • Riboflavin: 0,057 miligram
  • Thiamin: 0,346 miligram
  • Vitamin A: 102 IU (international unit)
  • Vitamin C: 3 miligram
  • Sodium: 16 miligram
  • Kalium: 350 miligram
  • Kalsium: 184 miligram
  • Tembaga: 1,027 miligram
  • Zat besi: 3,04 miligram
  • Magnesium: 183 miligram
  • Mangan: 2,900 miligram
  • Fosfor: 213 miligram
  • Seng: 2,15 miligram
  • Beta-karoten: 16 mokrogram
  • Beta-kriptosantin: 90 mikrogram

Baca juga:

Manfaat Sehat Kulit Semangka yang Harus Diketahui

15 Manfaat Kurma bagi Kesehatan yang Terbukti secara Ilmiah

Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari hari

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

Buah pala adalah rempah asli dari Pulau Maluku yang sering digunakan untuk bumbu masakan karena memiliki rasa pedas dan hangat. Selain menyedapkan rasa makanan, buah pala juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan kandungan nutrisi.

Berikut ini berbagai manfaat buah pala untuk kesehatan:

1. Mengatasi Peradangan

Buah pala yang diekstrak dan diambil minyaknya memiliki cukup banyak manfaat karena mengandung komponen antiinflamasi atau peradangan. Seperti yang kita ketahui, peradangan yang cukup kronis dalam tubuh bisa menyebabkan masalah seperti diabetes hingga gangguan pada jantung.

Buah pala mengandung komponen antiinflamasi bernama monoterpenes. Komponen inilah yang mampu mencegah peradangan pada organ dalam tubuh. Meski begitu, khasiat buah pala masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi tidak adalah salahnya mencoba asal dalam penggunaan wajar.

2. Memiliki Antioksidan yang Kuat

Berkat komponen antioksidan yang sangat kuat, manfaat buah pala bisa mencegah masuknya radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Komponen radikal bebas ini akan melindungi sel-sel terluar dari tubuh yang mudah sekali mengalami infeksi.

Komponen antioksidan kuat dalam biji pala adalah jenis phenolic termasuk di dalamnya protocatechuic, ferulic, dan kafein.

Khasiat dari antioksidannya dapat diperoleh jika menggunakan pala dalam bentuk serbuk yang dicampur dengan makanan. Efek lain yang lebih kuat bisa didapatkan kalau menggunakan minyak esensial dari ekstrak biji pala yang sudah kering.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian pada hewan, ekstrak buah pala diketahui mampu menjaga kesehatan jantung. Fungsi ini didapatkan karena buah pala mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol. Selain itu, peningkatan trigliserida juga bisa dihindari sehingga kondisi jantung tetap sehat.

Sedangkan penelitian yang dilakukan pada manusia memang belum ada sampai sekarang. Meski demikian, beberapa orang tetap menggunakannya entah sebagai campuran obat herbal atau untuk campuran masakan saja. Terlepas dari fungsinya untuk tubuh, khasiat buah pala tetap bisa diandalkan untuk memberikan rasa nikmat pada makanan.

4. Antibakteri

Komponen antibakteri juga bisa didapatkan di dalam biji pala yang diekstrak atau dikonsumsi secara langsung setelah haluskan. Komponen antibakteri yang dimiliki buah pala mampu membunuh beberapa jenis bakteri yang berbahaya, bahkan bakteri yang bisa menyebabkan kematian.

Khasiatnya baru dilakukan penelitian di laboratorium dengan menggabungkan ekstrak buah pala dengan bakteri spesifik. Penelitian pada manusia masih belum dilakukan hingga sekarang. Meski begitu, manfaat buah pala dalam bentuk ekstrak sudah banyak digunakan untuk mengatasi dan mencegah infeksi bakteri yang terjadi di mulut.

5. Meningkatkan Suasana Hati (Mood) 

Penelitian tentang efek dari ekstrak buah pala untuk suasana hati atau mood dari manusia memang belum banyak dilakukan. Namun, dari penelitian yang dilakukan pada beberapa jenis tikus didapatkan data kalau khasiat buah pala bisa digunakan sebagai antidepresan. Tikus yang dibuat stres diberi ekstrak mengalami perubahan mood yang lebih stabil.

Meski penelitian sebatas pada hewan, tidak ada salahnya untuk menggunakan biji pala untuk memperbaiki mood. Misal digunakan sebagai campuran teh herbal untuk membuat pikiran jadi lebih tenang apalagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Biasanya mood mereka akan mengalami gangguan yang cukup besar.

6. Mengontrol Gula Dalam Darah

Satu penelitian pada mencit menghasilkan bahwa penggunaan ekstrak biji pala bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Bahkan, fungsi dari pankreas yang bekerja untuk menghasilkan pankreas sehingga gula darah bisa digunakan oleh tubuh.

Meski sampai saat ini belum ada penelitian pada manusia yang dipublikasikan, namun kemungkinan besar manfaat buah pala memberikan efek yang sama yaitu mengatasi masalah gula darah yang berlebihan.

Kalau hal ini terbukti dengan jelas, bukan tidak mungkin jika buah pala bisa digunakan untuk menjadi obat herbal untuk mengatasi dan mencegah diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan Gairah Seksual

Salah satu khasiat buah pala yang cukup hebat meski belum banyak yang mengetahuinya adalah kemampuannya dalam mengatasi masalah seksual. Berdasarkan penelitian pada hewan didapatkan fakta bahwa ekstrak biji pala bisa meningkatkan libido dan aktivitas seksual dibandingkan yang tidak diberi ekstrak biji pala.

Bahkan, beberapa pengobatan tradisional di Asia Selatan banyak menggunakan buah pala untuk mengatasi disfungsi seksual. Biji pala ini memiliki kemampuan untuk menstimulasi sistem saraf yang dimiliki oleh tubuh sehingga gangguan kemampuan seksual bisa diatasi.

Penggunaan buah pala tidak akan memberikan khasiat langsung dan harus dibantu dengan olahraga dan perubahan pola makan yang sehat.

8. Membantu Melindungi Hati

Buah pala kaya akan myrislignan, yang dapat membantu mengobati gangguan hati dan cedera. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak buah pala dapat membantu mengobati peradangan hepatitis.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah ini memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengobati peradangan hati. Tak hanya itu saja, manfaat buah pala juga dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh, terutama di hati.

9. Mengontrol Tekanan Darah dan Sirkulasi Darah

Buah pala memang sangat berkhasiat selain karan nutrisinya juga karena kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, mangan, dan zat besi, yang semuanya membantu mengontrol tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Beberapa mineral ini memiliki khasiat untuk mengurangi stres, dan selanjutnya bisa mengendurkan pembuluh darah dan membantu mengendalikan tekanan darah.

10. Mengatasi Maag

Buah pala diketahui memiliki khasiat obat yang mampu mengobati sakit maag atau tukak lambung, merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung akibat terjadi luka atau peradangan di lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

Tidak sedikit orang menambahkan rempah-rempah ini ke dalam makanan karena bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dengan mudah. Terkadang, bubuk pala ditambahkan ke dalam makanan penutup dengan alasan yang sama.

11. Mengatasi Diare

Selain mengatasi maag, khasiat buah pala juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya, yaitu membantu untuk mengobati diare.

Buah pala memiliki bahan kimia dengan sifat karminatif, yang membantu mengeluarkan udara dari dalam pencernaan. Cara terbaik untuk mengonsumsi buah pala untuk mengobati diare adalah menambahkan bubuk pala ke dalam air dingin.

12. Mengobati Insomnia

Buah pala juga memiliki khasiat untuk mengobati insomnia alias susah tidur. Menambahkan pala dalam segelas susu hangat telah terbukti menyebabkan kantuk pada kebanyakan orang. Tidak sedikit orang tua memberikan susu hangat kepada anak-anaknya dengan sedikit bubuk pala ke dalamnya.

Cara tersebut adalah tradisi sejak dulu yang telah diturunkan dari generasi ke generasi karena pada kenyataannya sangat efektif. Pala memiliki kemampuan merangsang untuk tidur adalah cara organik dan sehat untuk mengobati insomnia.

13. Menghilangkan Bau Mulut hingga Gigi Berlubang

Bau mulut adalah aroma yang tidak sedap akibat racun dan bakteri yang tumbuh berlebihan dalam tubuh. Nah, buah pala diketahui memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat membantu membersihkan mulut.

Salah satu minyak esensial yang ditemukan dalam pala adalah eugenol yang juga mampu membantu meredakan sakit gigi. Selain itu ada macelignan, bahan kimia dalam pala untuk membantu mencegah gigi berlubang.

14. Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah pala memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Buah ini memiliki bahan kimia seperti myristicinelemicin, safrole, dan eugenol yang membuatnya berkhasiat untuk mengobati rasa sakit.

Bahan kimia ini dapat ditemukan dalam minyak pala, yang memiliki beberapa manfaat, termasuk mengobati pembengkakan, peradangan, nyeri sendi, kejang otot, nyeri, dan luka.

15. Bagus untuk Kecantikan Kulit

Khasiat buah pala selain untuk mengatasi masalah kesehatan, juga bisa untuk kecantikan kulit. Ada banyak khasiatnya untuk wajah dan kulit.

Buah pala mengandung banyak sifat antimikroba dan antiinflamasi yang bisa membantu menjaga kulit tetap sehat, kenyal, mencegah penyumbatan pori-pori, dan komedo. Pala juga berfungsi sebagai lulur wajah yang bagus.

Cara terbaik untuk menggunakan buah pala pada kulit adalah dengan mencampur bubuk pala dengan madu, kemudian gosokkan secara lembut pada kulit.

Efek Samping Buah Pala

Meskipun sangat bermanfaat untuk kesehatan, terlalu banyak mengonsumsi rempah-rempah ini dapat memiliki efek buruk pada tubuh. Berikut ini beberapa efek samping buah pala jika dikonsumsi berlebihan:

  • Reaksi gastrointestinal. Meski buah pala baik untuk pencernaan dan mengobati diare, namun jika mengonsumsinya secara berlebihan dapat memicu reaksi pencernaan seperti diare, kembung, dan bahkan sembelit.
  • Efek halusinasiMyristicin, bahan kimia dalam pala memiliki efek menenangkan pada sel-sel saraf otak, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsinya telah terbukti memiliki efek halusinasi.
  • Palpitasi. Mengonsumsi buah pala dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan peningkatan detak jantung.
  • Mempengaruhi kehamilan. Terlalu banyak mengonsumsi pala juga dapat memiliki efek buruk pada ibu hamil dan janin. Efek samping ini, termasuk halusinogen yang mungkin berbahaya bagi janin, menghambat produksi prostaglandin (yang penting dalam proses persalinan dan menyebabkan keguguran).

Itu dia sejumlah khasiat buah pala untuk kesehatan tubuh, kandungan nutrisi, dan efek sampingnya bagi tubuh.

Jika tertarik mengonsumsinya untuk pengobatan atau untuk menjaga kesehatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang kondisi kesehatan, riwayat medis, alergi (gatal, pembengkakan, dan sesak napas), dan dosis buah pala.

Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan dan menambah pengetahuan tentang manfaat rempah-rempah ya, Teman Sehat!

Cari Artikel Lainnya