Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 13 Manfaat Minyak Kayu Putih yang Tersembunyi

13 Manfaat Minyak Kayu Putih yang Tersembunyi

- Minggu, 23 Februari 2020 | 08:00 WIB
13 Manfaat Minyak Kayu Putih yang Tersembunyi

Sebagian besar keluarga di Indonesia selalu menyetok atau memakai produk minyak kayu putih di rumah. Bahkan dibawa saat bepergian. Selain menghangatkan tubuh, ternyata minyak ini memiliki manfaat lain, lho! Apakah kamu termasuk penggemar minyak kayu putih? Jika iya, berarti kamu tak masalah dengan bau khas dari minyak ini, ya. Lantas, dari mana asal dan manfaat minyak kayu putih itu sendiri?

manfaat minyak kayu putih

 Minyak cajuput oil ini pada umumnya berwarna kuning dengan aroma yang cukup kuat dalam kemasan botol plastik. Minyak ini memiliki nama lain seperti, Kajuputi leucadendra, Aceite de Cajeput, Cajeputi atheroleum dan Cajeput oil. Minyak kayu putih telah digunakan sejak lama karena mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri yang dihasilkan dari penyulingan uap ranting dan daun segar pohonnya.

Minyak ini sering digunakan sebagai obat rumah untuk pilek, infeksi sinus, hidung tersumbat, flu dan masalah pernapasan. Menerapkan beberapa tetes minyak Eucalyptus di sapu tangan juga merupakan praktik umum. Minyak ini mengandung bahan kimia yang disebut sineol (cineole).

13 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Tubuhmu

1. Meringankan Sakit Kepala

manfaat minyak kayu putih

Manfaat minyak kayu putih yang pertama yaitu, dapat meringankan sakit kepala. Minyak Eucalyptus mampu meringankan sakit kepala dengan cara menenangkan serta menghangatkan tubuhnya. Walau begitu, kamu harus berhati-hati saat pemakaian agar tidak masuk ke daerah mata.

2. Melegakan Pernapasan

Sering mendapati hidung yang tersumbat? Hal ini cukup menyiksa kamu bukan? Tenang, sifat dekongestan dan ekspektoran dalam minyak kayu putih bisa membantu melegakan hidung, tenggorokan dan organ pernapasan lainnya. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu meringankan batuk, laryngitis, faringitis dan bronkitis.

3. Atasi Perut Kembung

manfaat minyak kayu putih

Berikutnya, manfaat minyak kayu putih untuk perut kembung. Minyak ini memiliki sifat karminatif yang bisa membatasi pembentukan gas serta menghilangkan gas di usus. Sehingga perut kembung pun dapat teratasi secepatnya.

4. Aromaterapi

Selain menggunakan minyak Eucalyptus untuk meredakan stres dengan cepat, jenis minyak ini bisa digunakan sebagai aromaterapi. Sensasi hangat pada tubuh memiliki aroma lebih lembut sehingga efeknya dapat menenangkan, menghilangkan cemas dan meningkatkan konsentrasi.

5. Dapat Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

manfaat minyak kayu putih

Kemudian, manfaat minyak kayu putih untuk wajah bisa digunakan untuk apa tuh?

Sifat inflamasi yang tinggi dalam minyak Eucalyptus terbukti sangat cocok merawat kulit berjerawat. Tak hanya itu, bisa menyamarkan bekas noda jerawat pada wajah. Caranya seperti apa?

Campurkan minyak Eucalyptus dengan gel lidah buaya kemudian, oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat tersebut. Gampang sekali!

6. Kurangi Nyeri Sendi

Ekstrak minyak Eucalyptus terdapat dalam obat-obatan untuk mengatasi rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.nSehingga, minyak ini bisa membantu mengatasi mengurangi sakit pada persendian.

7. Minyak Kayu Putih Dapat Mengurangi Demam

manfaat minyak kayu putih

Selanjutnya, minyak Eucalyptus dapat mengurangi demam dengan melawan infeksi dan merangsang keringat. Berkat kerja minyak Eucalyptus inilah tubuh dapat didinginkan karena kelenjar Eccrine-nya terangsang oleh jenis ini. Minyak Eucalyptus juga membantu tubuh membung racun melalui keringat.

8. Dapat Menghilangkan Ketombe

Manfaat minyak kayu putih untuk rambut salah satunya bisa menghilangkan ketombe. Jika ketombe tak kunjung sembuh kamu bisa mengobati dengan cara sederhana ini. Campurkan minyak Eucalyptus secukupnya dengan minyak kelapa. Lalu, oleskan secara merata pada bagian kulit kepala dan pijat lembut selama 20 menit. Dijamin, masalah ketombemu bakalan tuntas dengan pemakaian rutin.

9. Membantu Redakan Sakit Gigi

Bila kamu mendadak mengalami sakit gigi, teteskan minyak Eucalyptus pada kapas dan tempatkan di gigi yang sakit. Aksi tersebut akan meredakan perasaan ngilu selama beberapa jam. Lumayan, ‘kan? Jenis minyak ini dapat digunakan untuk meredakan sakit gusi setelah mencabut gigi.

10. Mengobati Bintitan

manfaat minyak kayu putih

Lanjut, manfaat minyak kayu putih untuk mata ini jarang diketahui banyak orang. Minyak Eucalyptus ternyata bisa membantu mengobati bintitan.

Caranya cukup gampang yaitu, cekupkan cotton bus ke dalam minyak. Lalu, oleskan pada bagian mata yang bintitan. Kamu juga bisa mencelupkan kapas ke dalam minyak ini dan menyimpannya dulu ke dalam freezer, lalu kompres matamu dengan kapas dingin.

11. Minyak Kayu Putih Membantu Mengusir Serangga dan Kutu

Aroma kuat dari minyak Eucalyptus bisa membuat serangga dan nyamuk ogah dekat-dekat kamu, lho! Oleskan saja minyak Eucalyptus ke kulitmu. Cara simpel ini dapat mencegah kulitmu dari gigitan serangga, kutu hingga nyamuk demam berdarah. Daripada pakai produk dengan kandungan kimia berbahaya, lebih baik pakai minyak Eucalyptus saja.

12. Minyak Kayu Putih Dapat Mengurangi Risiko Kejang dan Pingsan

cara menangani orang pingsan

Kejang dapat disebabkan oleh demam tinggi dan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Untuk mengatasi keadaan ini, cukup oleskan minyak Eucalyptus di bawah hidung dan di sekitar bibir.

13. Bisa Meringankan Kondisi Sinusitis dan Asma

Selain untuk mengatasi keluhan berupa batuk dan pilek, minyak Eucalyptus juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada pernapasan seperti asma dan sinusitis. Jenis minyak ini juga memiliki manfaat untuk mengurangi cairan seperti dahak pada saluran pernapasan. Selain itu bisa membantu mengencerkan dahak yang menyumbat saluran pernapasan.

Efek Samping Minyak Kayu Putih

Minyak Eucalyptus sebagian besar digunakan untuk luka tertutup dengan kadar yang tidak berlebihan. Oleh itu, kamu dilarang untuk mengoleskan minyak ini pada bagian kulit dengan luka terbuka.

Selain itu, penggunaan minyak Eucalyptus yang baik adalah dengan tidak menghirup. Sebab, dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat memicu serangan asma, terutama pada anak-anak.

manfaat minyak kayu putih

Ibu hamil atau menyusui pun disarankan menghindari penggunaan jenis minyak ini atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang memadai mengenai informasi keamanan penggunaannya pada bumil dan busui.

Minyak kayu putih memang terbuat dari bahan alami, namun tidak disarankan untuk digunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi. Penggunaan minyak Eucalyptus harus disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan dan kebutuhan pemakaiannya agar fungsinya dapat dirasakan tanpa efek samping.

Rekomendasi Minyak Kayu Putih Aroma Terapi yang Bagus

1. Minyak Eucalyptus Caplang Aromaterapi

Minyak Eucalyptus Caplang Aromaterapi ini dilengkapi dengan ekstrak green tea sehingga aromanya dapat membuat tubuh rileks.

  • Kisaran harga: Rp20 ribu – Rp25 ribu.

2. Minyak My Baby

Terbuat dari bahan-bahan alami minyak Eucalyptus My Baby ini aman untuk tubuh anak. Rasa hangatnya tidak terlalu panas dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Minyak My Baby mengandung minyak sereh dan chamomile. Efeknya dapat menenangkan dan membuat tidur anak lebih tenang dan nyenyak.

  • Kisaran harga: Rp15 ribu – Rp20 ribu.

3. Minyak Eucalyptus Tresno Joyo

manfaat minyak kayu putih

Minyak yang satu ini terbuat dari bahan-bahan alami yang berkualitas dengan kandungan cineol lebih tinggi. Minyak kayu putih Tresno Joyo bisa digunakan oleh anak-anak mulai dari usia balita hingga dewasa. Minyak ini akan memberikan sensasi hangat dan memiliki aroma yang menyejukkan.

  • Kisaran harga: Rp30 ribu – Rp35 ribu.

4. Khonicare

Wangi yang khas dari minyak kayu putih Konicare terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk keluarga. Produk ini diformulasikan dengan komposisi khusus agar dapat mengusir nyamuk.

  • Kisaran harga: mulai dari Rp30 ribu.

5. Merek Huki

Minyak Eucalyptus Huki cocok untuk bayi sejak usia 0 tahun. Pasalnya, jenis minyak ini salah satu manfaatnya bisa mengatasi perut kembung pada bayi. Terlebih lagi tidak akan mengakibatkan iritasi kulit.

  • Kisaran harga: mulai dari Rp30 ribu.

Semoga informasi di atas berguna untukmu, ya!

Cari Artikel Lainnya