Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 Negara Terbersih di Dunia yang Cocok Jadi Tujuan Traveling

10 Negara Terbersih di Dunia yang Cocok Jadi Tujuan Traveling

- Minggu, 05 September 2021 | 05:00 WIB
10 Negara Terbersih di Dunia yang Cocok Jadi Tujuan Traveling

Lingkungan yang bersih selain dapat membantu menjaga kesehatan, tetapi juga dapat membuat penduduknya akan semakin betah untuk tinggal. Jadi kebersihan cukup berperan penting dalam kehidupan masyarakat.
Nah, berbicara mengenai kebersihan lingkungan, sebenarnya banyak hal yang bisa kita bahas. Namun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa negara paling bersih di dunia.

Daftar negara-negara yang akan kami bagikan ini tidak hanya memiliki pemandangan indah, tetapi juga tingkat kebersihan yang sangat tinggi.

Tidak hanya dari segi pemerintah, masyarakat umum di negara-negara ini juga sadar akan pentingnya kebersihan untuk menjaga keindahan lingkungan dan kesegaran udara.

Lalu apa saja nama negara terbersih di dunia? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan anda simak sedikit informasi berikut ini mengenai daftar negara terbersih di dunia.

10 Negara Terbersih di Dunia

1. Finlandia

Negara yang beribu kota di Helsinki ini menjadi negara yang paling terbersih di dunia dengan skor 90,68. Sudah lama kita tahu jika Finlandia selalu masuk dalam daftar negara-negara dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, Finlandia juga menduduki peringkat teratas dalam beberapa bidang, seperti pendudukan, kekompetitifan ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pembangunan manusia.

2. Islandia

Negara kedua yang mendapat gelar negara terbersih di dunia adalah Islandia. Negara ini berhasil meraih skor 90,51 dalam Environmental Performance Index. Islandia dikenal mempunyai alam yang belum terjamah dan nuansanya yang unik. Oleh karena itu, tidak heran jika pariwisata Islandia mengalami perkembangan yang cukup pesat selama 15 tahun terakhir.

Bahkan pada tahun 2015, industri pariwisatanya mampu mencakup sekitar lima persen dari jumlah total PDB Islandia, jumlah wisatawan asing melebihi 1.000.000 orang, dan sektor pariwisata menyumbang 30 persen sumber pendapatan ekspor negara.

3. Swedia

Di urutan ketiga ada negara Swedia yang berhasil meraih skor 90,43. Swedia merupakan salah satu negara di eropa utara yang indah dan menjadi tujuan wisata utama di kawasan skandinavia. Negara yang menganut sistem kerajaan ini mempunyai berbagai tempat wisata yang sangat indah. Salah satu tempat wisata yang terkenal dari negara terluas ketiga di Uni Eropa ini adalah Pulau Gotland.

4. Denmark

Negara terkecil di Uni Eropa ini menempati urutan ke-4 dalam masalah kebersihan dengan perolehan skor 89,21. Jika kamu hendak pergi ke Denmark, maka kamu perlu mengetahui musim yang sedang berjalan disana karena musim gugur adalah musim paling basah, dan musim semi adalah musim paling kering di negara ini. Tapi, musim dingin di negara ini tidak terlalu dingin.

Karena Denmark terdapat di belahan utara, panjangnya siang, dan malam bervariasi. Pada musim dingin matahari terbit pukul 09.00, dan terbenam pukul 16.00, sedangkan pada musim panas matahari terbit pukul 02.15, dan terbenam pukul 22.00. Jadi ketika di Denmark, jam 10 malam kamu masih bisa melihat matahari!

5. Slovenia

Slovenia merupakan negara yang indah dan bersih dengan lokasi yang fantastis di jantung Eropa. Maka gak heran jika negara ini masuk 5 besar sebagai negara terbersih di dunia. Slovenia merupakan negara dengan lokasi yang paling strategis karna dikelilingi oleh Pegunungan Alpen Timur, Laut Adriatik, Balkan, Italia, Kroasia dan Hungaria, sehingga dapat diakses dari berbagai lokasi di Eropa.
Di negara ini kamu bisa menikmati wisata seperti bangunan kastil tua, gua, pantai, danau, ngarai, dan kalau kamu suka mendaki, gak ada salahnya mencoba mendaki salah satu gunung di Slovenia.

6. Spanyol

Negara asal klub sepak bola Barcelona dan Real Madrid ini menempati urutan ke-6 dengan perolehan skor 88,91. Seperti nama kedua klub besarnya, priwisata utama di negara ini terletak di dua kota terkenalnya yakni Madrid dan Barcelona. Spanyol merupakan negara paling banyak dikunjungi turis di dunia kedua setelah Perancis, gak heran apabila mereka bisa menarik sebanyak 60 juta lebih orang per tahunnya.

7. Portugal

Negara kelahiran pesepakbola Christiano Ronaldo ini masuk di urutan ke 7 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor 88,63. Walaupun wilayahnya tidak sebesar Spanyol, Portugal merupakan negara yang sangat maju karena kondisi perekonomian, politik dan sosialnya sangat luar biasa stabil, bahkan dapat dipertahankan dengan baik bersama dengan tingginya Indeks Pembangunan Manusia.

8. Estonia

Negara yang menggunakan bahasa Esti sebagai bahasa nasionalnya ini menempati urutan ke-8 dengan perolehan skor 88,59. Di Estonia banyak sekali tempat-tempat indah dan bersih yang bisa dikunjungi ketika liburan. Salah satunya adalah wisata danau. Estonia memiliki lebih dari 1.400 danau. Sebagian besar dari danau-danau ini berukuran kecil, yang terbesar adalah Danau Peipsi. Tau gak sih kalau aplikasi Skype ditulis oleh para pengembang yang berasal dari Estonia, mereka adalah Ahti Heinla, Priit Kasesalu, dan Jaan Tallinn.

9. Malta

Negara kecil, dengan penduduk sekitar 300 ribu jiwa ini memiliki kebersihan yang luar biasa loh. Malta nangkring diposisi sembilan dengan skor 88,48. Walaupun kecil, Malta termasuk tujuan wisata utama. Kabarnya empat puluh persen pendapatan negara ini berasal dari sektor pariwisata. Tak mengherankan, karena meski berukuran mini, Malta menyimpan banyak sekali potensi wisata. Mulai dari wisata arkeologi dan sejarah, wisata alam, wisata bahasa, ataupun tempat untuk bersenang-senang.

10. Perancis

Negara yang terkenal dengan Menara Eiffel nya ini menduduki posisi ke-10 dengan perolehan skor 88,2. Meskipun menjadi negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, Perancis tidak lupa untuk menjaga kebersihan negaranya lho.

Demikian penjelasan diatas mengenai beberapa negara yang terbersih di dunia. Semoga bermanfaat!

Cari Artikel Lainnya