Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 10 BENDA INI WAJIB ADA DALAM TAS SIAGA BENCANA UNTUK KEADAAN DARURAT

10 BENDA INI WAJIB ADA DALAM TAS SIAGA BENCANA UNTUK KEADAAN DARURAT

- Kamis, 09 Januari 2020 | 15:01 WIB
10 BENDA INI WAJIB ADA DALAM TAS SIAGA BENCANA UNTUK KEADAAN DARURAT

Sebagian besar orang masih tak menyadari pentingnya tas siaga bencana ini. Padahal, keberadaannya bisa sangat membantu manusia agar bisa lebih siap dan lebih sigap ketika menghadapi bencana. Apalagi, untuk orang-orang yang tinggal di daerah rawan bencana, tentu akan sangat membantu. Yuk, sama-sama persiapkan tas siaga bencana agar lebih sigap menghadapi bencana! Nah, berikut ini adalah daftar barang yang wajib ada dalam tas siaga bencana.

10 Benda Wajib Ada Dalam Tas Siaga Bencana

1. Surat-surat Berharga

Benda pertama yang wajib ada dalam tas siaga bencana adalah surat-surat berharga. Cobalah masukkan surat-surat penting seperti surat tanah, surat kendaraan, ijazah, akta kelahiran, dll. Dengan demikian, jika datang bencana secara tiba-tiba surat-surat berharga tersebut bisa langsung diamankan.

2. Pakaian untuk 3 Hari

Meskipun durasi bencana tak bisa diprediksi, namun tak ada salahnya menyimpan pakaian untuk tiga hari dalam tas siaga bencana. Beberapa jenis pakaian yang harus dimasukkan yaitu pakaian dalam, celana panjang, jaket, handuk, selimut kecil, dan jas hujan.

tas siaga bencana

Tak usah menyimpan pakaian yang bagus-bagus, yang terpenting adalah tiap jenis pakaian tersebut berfungsi dengan baik di tengah situasi bencana.

3. Makanan

Makanan pasti menjadi kebutuhan pokok apalagi di tengah situasi bencana seperti banjir Jabodetabek atau gempa bumi. Itulah kenapa, di dalam tas siaga bencana pun harus tersedia stok makanan secukupnya. Beberapa jenis makanan yang bisa distok dalam tas siaga bencana misalnya mie instan, biskuit, abon, cokelat, dan makanan siap konsumsi lainnya.

4. Air Minum

Untuk stok air minum dalam tas siaga bencana sendiri sebaiknya hanya diisi dengan air mineral saja. Selain lebih sehat, konsumsi air mineral juga bisa membuat daya tahan tubuh tetap terjaga di tengah situasi bencana. Jangan lupa siapkan stok untuk 3 hari ya!

5. Obat-obatan Penting

Berikutnya, jangan lupa juga masukkan obat-obatan penting ke dalam tas siaga bencana. Anda bisa memasukkan obat-obatan pribadi dan generik lainnya.

tas siaga bencana

Jika memang tak terpakai nantinya, bukankah obat-obatan tersebut Bisa diberikan kepada orang lain yang membutuhkan?

6. Alat Komunikasi

Alat komunikasi juga jadi benda yang sangat dibutuhkan apalagi di tengah kondisi bencana alam yang tak menentu. Itulah kenapa Anda harus menyiapkan alat komunikasi dalam tas siaga bencana. Tak perlu jenis alat komunikasi yang mewah atau mahal karena yang terpenting alat komunikasi tersebut bisa berfungsi optimal.

7. Alat Bantu Penerangan

Lampu senter, lampu kepala (headlamp), korek api, lilin, adalah beberapa jenis alat bantu penerangan yang juga harus ada dalam tas siaga bencana. Alat-alat tersebut akan sangat berguna karena seringkali ketika terjadi bencana aliran listrik dan penerangan terputus aksesnya.

8. Uang

Siapkan uang tunai secukupnya, setidaknya untuk perbekalan selama tiga hari. Kita tak akan pernah tahu dan tak bisa memprediksi situasi seperti apa yang akan terjadi selama beberapa hari setelah munculnya bencana. Itulah kenapa kita harus mencukupkan perbekalan kita dengan sebaik-baiknya.

9. Peluit

Kenapa peluit perlu disiapkan juga? Jangan salah, peluit akan sangat berguna untuk meminta pertolongan dalam keadaan darurat.

tas siaga bencana

Penggunaan peluit akan membantu mengatasi keterbatasan suara untuk meminta pertolongan ketika terjadi bencana.

10. Alat Mandi

Terakhir, yang pasti juga dibutuhkan meskipun di tengah situasi bencana adalah alat mandi. Siapkan sabun mandi, sikat gigi, sampo, serta pasta gigi agar tetap bisa membersihkan diri meskipun tengah terjadi bencana.

Cari Artikel Lainnya