Home » Kongkow » Geografi » Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Kondisi Geologis dan Penduduknya

Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Kondisi Geologis dan Penduduknya

- Kamis, 18 November 2021 | 13:46 WIB
Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Kondisi Geologis dan Penduduknya

Benua Amerika adalah sebuah daratan besar yang terdapat di belahan bumi barat yang sering disebut dunia baru. Benua Amerika pertama kali ditemukan oleh Cristoper Colombus pada tahun 1492 yang mendarat di pulau San Salvador, kepulauan Bahama. Nama Amerika diambil dari nama seorang wartawan berkebangsaan Italia yaitu Amerigo Fespucci yang banyak memperkenalkan Benua Amerika di dataran Eropa.

Letak Astronomis dan Letak Geografis Benua Amerika

Luas benua Amerika adalah 42.188.000 km2. Secara Astronomis Benua Amerika terletak diantara 35 BB-170 BB dan 83 LU-55 LS. Sedangkan letak geografis Benua Amerika adalah di belahan bumi barat dan terletak antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, serta terletak antara Samudra Arktik dan Samudra Pasifik. Benua Amerika dikelilingi dan dibatasi dengan laut ataupun samudera.

Baca juga: Kondisi Penduduk, Kenampakan Alam, Letak Geografis dan Batas Benua Eropa

Batas Benua Amerika:

- Sebelah Utara: Laut Arktik dan Pulau Greenland

- Sebelah Timur: Samudra Atlantik

- Sebelah Selatan: Samudra Pasifik Selatan

- Sebelah Barat: Selat Bering, Samudra Pasifik

Kondisi Iklim Benua Amerika

Berbeda dengan benua lain, benua Amerika memiliki empat iklim berdasarkan letak setiap kawasan. Keempat iklim Benua Amerika tersebut di antaranya:

1. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek. Iklim ini memengaruhi daerah paling utara.

2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Iklim ini meliputi kawasan sebelah selatan kawasan paling utara.

3. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembaban tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun. Iklim tropis meliputi sebagian besar kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

4. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu yang selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah. Iklim ini meliputi kawasan-kawasan yang berada di balik pegunungan.

Baca juga: Kondisi Penduduk, Kenampakan Alam, Letak Astronomis dan Geografis Benua Asia

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Benua Amerika terbagi menjadi tiga kawasan yaitu Amerika utara, Amerika tengah, dan Amerika selatan.

1. Amerika Utara

Kawasan Amerika Utara mencakup daratan Amerika Serikat, utara Meksiko, Kanada, Kepulauan Arktik, dan Teluk Meksiko.

2. Amerika Tengah

Amerika tenah meliputi seluruh Meksiko, Amerika Tengah dan kawasan Laut Karibia. Kawasan Amerika Tengah memiliki panjang sekitar 4.350 km² yang diukur dari perbatasan Meksiko dan Amerika Serikat hingga perbatasan Panama dan Kolombia.

3. Amerika Selatan

Kawasan Amerika Selatan dibagi lagi ke dalam beberapa bagian, yakni dataran pantai, Pegunungan Andes, dataran rendah, gurun, dan padang rumput. Kawasan Pegunungan Andes adalah deretan pegunungan yang tidak seragam.

Bentang Alam Benua Amerika

Keadaan alam di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan memiliki karakteristik yang tidak sama. 

Pegunungan

Di bagian barat Benua Amerika terdapat barisan pegunungan yang memanjang dari Alaska di utara sampai ujung Amerika selatan di bagian selatan. Puncak tertinggi adalah gunung Aconcagua (6960M) yang terletak di Argentina. Pegunungan di Benua Amerika termasuk deretan pegunungan Sirkum Pasifik yang gunung-gunung berapinya masih tergolong gunung yang aktif.

Kawasan Amerika Utara dipadati pegunungan kompleks yang merupakan rangkaian Pegunungan Rocky. Pegunungan ini terdiri dari Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Sierra Madre Nevada. Terdapat pula Gand Canyon sebagai ngarai terluas dan terbesar di dunia yang dibentuk oleh aliran Sungai Colorado.

Sungai dan Danau

Dataran rendah di Amerika utara atau Amerika selatan terletak di bagian tengah. Dataran rendah di Amerika Utara terletak di aliran sungai Missisipi dan di Amerika selatan dataran rendahnya terdapat di aliran sungai Amazone. Di Benua Amerika banyak terdapat danau antara lain Danau Superior (terbesar), Luciken, Ontario, Eri, Beruang besar, dll.

Di sebelah selatan, ada Tanah Genting Panama dan Tanah Genting Tehuantepec. Di Tanah Genting Panama dibuat sebuah terusan yang menghubungkan Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ia disebut dengan nama Terusan Panama.

Terdapat juga daerah depresi yang luas yaitu Nevada Basin yang sebagian besar berupa gurun pasir. Sungai besarnya antara lain S. Amazone dan S. Missisipi.

Kondisi Penduduk Benua Amerika

Penduduk asli Benua Amerika adalah bangsa Eskimo dan Indian, yang apabila ditelusuri nenek moyangnya masih berkaitan dengan rumpun bangsa Mongol. Pendatang atau imigran di Benua Amerika terbagi jadi 4 golongan besar, yaitu orang-orang Mongol (kulit kuning), orang Negro (kulit hitam), orang-orang Eropa (kulit putih), dan orang-orang Mesir.

Persebaran Flora dan Fauna benua Amerika

Persebaran flora dan fauna di benua Amerika adalah sebagai berikut:

- Flora: hutan tropis, hutan iklim sedang, tundra, semak belukar dan tanaman gurun, rumput

- Fauna: bison, musang, kelinci liar, ular, burung, monyet, armadillo, lama, guanaco, jaguar, puma, ocelot, tapir, binatang pengerat, beruang, kadal, alligator, dan ikan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya