Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Kejatuhan Cicak Pertanda Buruk | Mitos atau Fakta?

Kejatuhan Cicak Pertanda Buruk | Mitos atau Fakta?

- Rabu, 22 Juni 2022 | 08:00 WIB
Kejatuhan Cicak Pertanda Buruk | Mitos atau Fakta?

Mitos kejatuhan cicak bukanlah barang baru di Indonesia. Sebagai reptil merayap, cicak punya predikat buruk di mata banyak orang padahal, cicak berperan memakan serangga yang ada di rumahmu, seperti nyamuk, laron, atau serangga kecil lainnya. Sayangnya, peran tersebut menjadi tidak dirasakan karena kalah dengan mitos buruk yang ada jika hewan tersebut sampai jatuh ke tubuhmu.

Dalam kepercayaan primbon, kejatuhan cicak adalah pertanda akan terjadi kesialan. Bahkan dalam kepercayaan Hindu, kejatuhan cicak di kepala dipercaya sebagai tanda bahwa akan muncul seseorang yang akan mengganggu ketenangan hidup. Lalu apa saja sih mitos-mitos yang ada pada cicak!

1. Kejatuhan Cicak di Kepala Pertanda Membawa Musibah

Cicak jatuh di kepala memiliki beberapa makna. Mitos yang paling banyak dipercaya adalah anggota keluarga akan meninggal dunia. Menurut mitos selanjutnya, kamu yang kejatuhan cicak di kepala akan mengalami musibah atau kecelakaan.

Jika kamu termasuk orang-orang yang ikut meyakininya, tidak ada salahnya juga lebih banyak berdoa untuk keselamatan seluruh anggota keluarga. Namun, hal ini harus diimbangi dengan tetap berpikir positif, karena pada dasarnya, cicak bisa jatuh kapan saja dari ketinggian karena dipengaruhi dari tekstur tembok yang halus dan licin.

2. Kejatuhan Kotoran Cicak akan Mempengaruhi Kesehatan

Ada juga mitos jika cicak digunakan para dukun atau paranormal, untuk mengirim santet dan penyakit. Nah, jika kamu sampai kejatuhan kotorannya, harus segera bersihkan diri dan hentikan segala aktivitas di luar rumah. Menurut mitos, setelah kejatuhan kotoran cicak maka kesehatanmu akan menurun dengan cepat.

Faktanya jika melihat dari sisi sains, tidak hanya cicak saja tapi kamu juga bisa berisiko kejatuhan kotoran burung yang sedang terbang di atas kamu. Jadi logikanya, binatang apapun yang ada di atas kamu, bisa saja memang sedang ingin buang kotoran di saat kamu sedang berada di waktu dan tempat yang salah.

3. Kejatuhan Cicak di Tangan Pertanda Baik

Meskipun kebanyakan mitos kejatuhan cicak berbicara tentang keburukan, mitos yang satu ini berbicara tentang hal yang sebaliknya. Konon, kejatuhan cicak di bagian tangan adalah sebuah pertanda baik.

Pada umumnya, hal ini bisa berarti jika orang yang kejatuhan akan mendapatkan pekerjaan baru, keuangannya lebih lancar, serta apresiasi dari orang-orang sekitarmu mengenai pekerjaan yang kamu tekuni. Di Eropa sendiri, cicak yang merayap di tangan adalah pertanda bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang.

Nahh otakers, sebenarnya dilihat dari sudut pandang agama manapun, ada baiknya kita selalu berbaik sangka. Sehingga, jika memiliki kekhawatiran tentang masa depan yang tidak pasti, maka sebaiknya kamu berdoa untuk memohon kelancaran dan perlindungan dari kesialan maupun malapetaka.

4. Cicak Jatuh Dekat dengan Tubuh Pertanda Baik

Sama dengan sebelumnya, Cicak yang jatuh dekat dengan tubuh ternyata bermakna positif, lo otakers. Jika ada cicak yang jatuh dan nyaris mengenai tubuh, artinya kamu akan dijauhkan dari masalah dan malapetaka.

Mengacu pada sifat cicak yang tidak suka tekstur tembok kasar, ketika cicak berjalan di permukaan yang kasar, ia akan mengangkat tubuhnya. Sehingga, kakinya tidak bisa menahan berat tubuhnya yang ia angkat. Hal ini yang menyebabkan cicak bisa jatuh. Begitu pula ketika cicak berjalan di permukaan tembok yang terlalu halus. Rambut-rambut halus di telapak kaki cicak sulit masuk ke lapisan tembok, sehingga ia tidak bisa menempel terlalu lama.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya