Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Fakta Menarik Palung Mariana, Palung Terdalam di Bumi

Fakta Menarik Palung Mariana, Palung Terdalam di Bumi

- Selasa, 26 April 2022 | 08:00 WIB
Fakta Menarik Palung Mariana, Palung Terdalam di Bumi

Otakers, tahukah kamu bahwa Palung Mariana yang berada di lautan Pasifik bagian selatan merupakan palung terdalam di muka Bumi. Palung Mariana juga disebut sebagai Challenger Deep karena memiliki kedalaman maksimum 10,984 meter dari permukaan. Bahkan ada pengukuran lain yang menyebut kedalamannya hingga mencapai 11,034 kilometer.

Nama “Challenger Deep” sendiri diambil dari nama dua kapal, yaitu HMS Challenger dan HMS Challenger II.  Palung Mariana ditemukan oleh HMS Challenger pada 1875, sementara Kedalaman Challenger ditemukan oleh HMS Challenger II pada 1960.

Kedalaman ini masih melebihi tinggi dari Gunung Everest lho otakers. Seandainya gunung Everest ditempatkan di palung tersebut, puncaknya tidak bisa mencapai atas permukaan karena betapa dalamnya palung mariana ini.

Palung yang berbentuk sabit ini memiliki panjang sekitar 2550 Km dan lebar yang jauh lebih kecil yaitu 69 Km.

Dasar palung Mariana memiliki tekanan air mencapai 15.750 psi atau sekitar seribu kali tekanan standar lautan dengan temperatur antara 1- 4 derajat Celcius. Meskipun suhu di dasar palung Mariana rendah, namun disana juga terdapat lubang hidrotermal yang mengeluarkan zat asam dengan suhu mencapai 300 derajat Celsius.

Dengan banyaknya kontras, mulai dari asam, panas, hingga dingin membuat lingkungan di sekitar Palung Mariana beracun, namun itulah yang membuat kehidupan di dalamnya beragam. Di dasar Palung Mariana terdapat beberapa makhluk hidup mampu survive atau hidup di sana. Misalnya flatfish, ikan sepanjang 30 cm, sampai udang. Disana juga ditemukan sebanyak 200 mikroorganisme, amphipoda, dan krustasea.

Nahh otakers, itulah fakta menarik tentang Palung Mariana. Apa kalian tertarik untuk menjelajahinya?

Sumber :
Cari Artikel Lainnya