Home » Materi » Geografi » Negara Bagian Amerika di Sebelah Timur Kanada

Negara Bagian Amerika di Sebelah Timur Kanada

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:04 WIB
Negara Bagian Amerika di Sebelah Timur Kanada

Negara bagian amerika di sebelah timur kanada adalah Alaska. Alaska adalah wilayah yang ada di ujung utara benua Amerika Utara dan awalnya termasuk dalam Kekaisaran Rusia.

Namun pada 1867, Kekaisaran Rusia harus menjualnya kepada Amerika Serikat karena jaraknya yang cukup jauh dari pusat Kekaisaran Rusia dan dianggap suatu wilayah yang dingin dan tidak berpotensi.

Namun saat ini Alaska termasuk salah satu negara terkaya di Amerika Serikat. Ekonomi Alaska terutama ditopang dari pertambangan minyak bumi yang menyumbang hingga 80% pendapatan.

Negara bagian ini menyumbang sekitar 25% total produksi minyak bumi Amerika Serikat.

Baca juga:

Keunikan Fisik Benua Amerika Dibandingkan Benua Lainnya

Letak Astronomis Benua Amerika Beserta Kondisi Geologis dan Penduduknya

Beberapa fakta unik tentang Alaska, antara lain:

1. Wilayahnya dekat dengan samudra Arktik, Alaska memiliki suhu yang rendah bahkan sampai minus.

Alaska bahkan punya catatan suhu serendah pada tahun 1971 yaitu –80 derajat Fahrenheit. Rekor suhu terendah yang pernah dialami oleh Amerika Serikat.

2. Iklim yang dingin dan dekat dengan Kutub Utara membuat Alaska memiliki cukup banyak gletser. Gletser terbesar yang dimiliki Alaska adalah Gletser Malaspina yang mencakup wilayah seluas 2.201 kilometer persegi. 

3. Terdapat fenomena alam aurora borealis yaitu kumpulan cahaya berwarna cerah yang menghiasi langit malam bagian utara. Aurora ini disebabkan karena ada partikel listrik dari matahari yang bertabrakan dengan gas di atmosfer.

4. Selain itu, terdapat fenomena alam pada musim panas di Alaska, yaitu matahari tidak terbenam sama sekali selama dua bulan. Karena itulah Alaska mempunyai julukan Negeri Matahari Tengah Malam. 

5. Alaska memiliki 12.000 sungai. Bahkan ada sungai di Alaska yang mempunyai panjang 2.060 kilometer, sungai tersebut namanya Sungai Yukon.

6. Alaska menjadi peringkat pertama bagi negara bagian di Amerika Serikat yang mempunyai banyak danau yaitu sebanyak 3.000.000 juta danau. Danau terbesar di Alaska adalah Danau Iliamna, danau ini punya urutan kedelapan sebagai danau terbesar di Amerika Serikat.

7. Sama halnya dengan Indonesia, Alaska juga memiliki banyak gunung Berapi. Hal ini dikarenakan Alaska dilalui oleh Pegunungan Pasifik. Setidaknya terdapat 130 gunung berapi, 50 di antaranya sudah aktif sejak tahun 1760.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya