Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Jadi musisi bikin otak jadi lebih cerdas, benar atau fakta?

Jadi musisi bikin otak jadi lebih cerdas, benar atau fakta?

- Jumat, 09 Juni 2017 | 10:22 WIB
Jadi musisi bikin otak jadi lebih cerdas, benar atau fakta?

 Selama ini muncul pendapat umum yang mengatakan bahwa para musisi memiliki otak yang lebih cerdas dibandingkan dengan manusia pada umumnya. Alasannya, gelombang suara musik membuat sel otak jadi lebih rileks dan sehat.

Benarkah demikian?

Sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan di Baycrest Health Sciences ternyata mengamini pendapat tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa proses belajar untuk memainkan suara pada alat musik mengubah gelombang otak dan meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendengar dan mencerna hal baru dalam waktu yang singkat.

"Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa mempelajari gerakan halus yang dibutuhkan untuk mereproduksi suara pada instrumen mengubah persepsi suara otak dengan cara yang tidak terlihat saat mendengarkan musik," terang penulis penelitian ini Bernhard Ross. 

"Dengan melibatkan 32 orang dewasa yang kami minta untuk memainkan alat musik yaitu Tibetan singing bowl, kamu melakukan pengujian pada sel otak mereka dan didapati bahwa terjadi perubahan aktivitas di otak yang ternyata mampu menyembuhkan sel otak secara mandiri dari luka atau gangguan yang menghambat kemampuan seseorang untuk berpikir," tambahnya.

"Melalui hasil ini maka kami pun mengembangkan penelitian untuk pemulihan pada pasien stroke dengan cara menggunakan alat musik dibandingkan dengan fisioterapi yang biasa dilakukan."

Cari Artikel Lainnya