Home » Kongkow » Materi » Mengenal jenis-jenis, Fungsi dan Keajaiban Sendi atau Persendian

Mengenal jenis-jenis, Fungsi dan Keajaiban Sendi atau Persendian

- Rabu, 10 Februari 2021 | 08:00 WIB
Mengenal jenis-jenis, Fungsi dan Keajaiban Sendi atau Persendian

Sendi adalah struktur khusus seperti ruangan yang mengjadi penghubung antar tulangyang memiliki fungsi sendi sebagai penghubung antar tulang dan menjaga kestabilan tubuh dan juga berfungsi sebagai poros gerak. Sendi terbentuk oleh beberapa komponen seperti Ligamen, Tulang Rawan Hialin, Kapsul Sendi dan Cairan Sinovia merupakan cairan yang berfungsi sebagai pelumas sendi.

Jenis Sendi
Jenis sendi sangat beragam tergantung pada struktur, arah gerakan serta sifat gerakannya. Berikut penjelasannya.

1. Berdasarkan Struktur

a. Sendi Fibrosa
Merupakan sendi yang tidak mempunyai tulang rawan. Namun antara tulang satu dengan yang lainnya terhubung oleh jaringan ikat fibrosa.

b. Sendi Kartilago
Merupakan sendi dimana ujung – ujung tulangnya terhubung oleh kartilago yang disokong oleh ligamen. Sendi kartilago terbagi atas :

   1. Sinkrondosis merupakan sendi yang secara keseluruhannya diliputi oleh tulang rawan.

   2. Simfisis merupakan sendi yang tulang – tulangnya berhubungan dengan fibrokartilago dan selapis tulang rawan hialin yang melapisi permukaan sendi.

c. Sendi Sinovial
Merupakan sendisendi yang mempunyai ruang antar sendi dan ujung – ujung tulangnya dilapisi oleh tulang rawan hialin yang tipis.

2. Berdasarkan Arah Pergerakannya

a. Sendi Engsel
Merupakan sendi yang memungkinkan hanya terjadi gerakan dua arah seperti ditekuk dan diluruskan. Sebagai contoh siku dan lutut.

b. Sendi Pelana
Merupakan sendi yang memiliki kemungkinan terjadinya gerakan dua arah seperti pada ruas telapak tangan.

c. Sendi Peluru
Merupakan sendi yang memungkinkan tejadinya gerakan dari segala arah seperti bahu dan tulang paha.

d. Sendi Putar
Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan memutar pada tulang lainnya.

3. Berdasarkan Sifat Pergerakannya

a. Sendi Mati
Merupakan sendi yang tidak bisa digerakkan dan disatukan oleh serabut tulang rawan hialin seperti sendi antar tulang tengkorak.

b. Sendi Gerak
Merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah, baik itu satu maupun dua arah seperti pada bahu, lutut dan ruas telapak tangan.

c. Sendi Kaku
Merupakan sendi yang hanya memiliki gerakan yang terbatas seperti sendi pada tulang rusuk.

Jumlah Sendi

Jumlah sendi secara keseluruhan yang dimiliki oleh setiap manusia dalam tubuhnya yaitu berjumlah 360.  Dari jumlah tersebut tersebar di seluruh anggota tubuh sebagai berikut :

Tubuh Bagian Atas

Bagian tubuh atas manusia memiliki sendi berjumlah 86 sendi, meliputi antara tulang bahu 2 sendi, antara tulang siku 6 sendi, antara tulang pergelangan tangan 8 sendi dan antara tulang – tulang tangan 70 sendi.

Bagian Perut

Bagian perut manusia memiliki sendi berjumlah 11 sendi, meliputi antara tulang ekor 4 sendi, antara tulang pinggul 6 sendi dan antara sambungan tulang kemaluan 1 sendi.

Tubuh Bagian Bawah

Bagian tubuh bawah manusia memiliki sendi berjumlah 92 sendi, meliputi tulang paha 2 sendi, antara tulang – tulang dua lutut 6 sendi, antara pergelangan kaki 6 sendi, antara tulang – tulang telapak kaki 74 sendi dan antara tulang lutut 4 sendi.

Tulang Dada

Bagian dada manusia memiliki sendi berjumlah 24 sendi, meliputi antara tulang dada dan rongga dada 2 sendi antara tulang dada dan kepala 18 sendi, antara tulang selangka dan belikat 2 sendi dan antara tulang belikat dan tulang batang dada 2 sendi.

Tulang Belakang

Bagian tulang belakang manusia memiliki sendi berjumlah 147 sendi, meliputi antar tulang belakang 25 sendi, antara tulang belakang dan rusuk 72 sendi dan antara tulang belakang pada jalan makanan samping 50 sendi.

Cari Artikel Lainnya