Home » Kongkow » Materi » Rumus Menghitung Cepat Rambat Bunyi

Rumus Menghitung Cepat Rambat Bunyi

- Senin, 17 April 2017 | 11:00 WIB
Rumus Menghitung Cepat Rambat Bunyi
Menghitung Cepat Rambat Bunyi dalam fisika merupakan perpaduan dari besaran jarak dan waktu. Rambatan bunyi di udara adalah rambatan gelombang. Dalam rambatan bunyi ini dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan waktu. Karena itu, misalnya pada saat sudah terlihat pemukul kentongan, bunyi masih butuh waktu untuk terdengar. Bukankah gelombang merambat dari satu tempat ke tempat lain juga membutuhkan waktu? Sama dengan gelombang, bunyi juga merambat di udara dari satu tempat ke tempat lain dengan kecepatan tertentu. Kecepatan rambat bunyi adalah jarak yang ditempuh oleh bunyi tiap satu satuan waktu. Satuan Kecepatan rambat bunyi dalam SI adalah m/s.
 
Karena itu dapat dinyatakan: Cepat rambat bunyi adalah besarnya jarak yang ditempuh oleh bunyi tiap sekon. Menghitung Kecepatan Rambat Bunyi dapat dilakukan dengan rumus:
 
v = s / t
 
dengan:
  • v = kelajuan rambat bunyi (m/s)
  • s = jarak yang ditempuh (rn)
  • t = waktu tempuh (s)
Contoh soal
 
Ledakan petasan terdengar 4 sekon setelah terlihat percikan api akibat ledakan itu. Berapakah kelajuan rambat bunyi di udara saat itu, jika jarak antara petasan dengan pengamat 1,2 km? (Laju rambat cahaya di udara diabaikan).
 
Jawab:

 

v = s/t = 1200 m/ 4 s = 300 m/s

 

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya