Home » Kongkow » Hobi » 9 Manfaat Membaca Buku yang Bikin Cerdas

9 Manfaat Membaca Buku yang Bikin Cerdas

- Jumat, 30 Desember 2016 | 11:00 WIB
9 Manfaat Membaca Buku yang Bikin Cerdas

Membaca buku bisa jadi salah satu hobi baru seseorang. Aktivitas membaca buku dianggap menyenangkan karena memiliki beberapa manfaat.

Selain bisa menambah informasi dan pengetahuan, ternyata kebiasaan membaca buku memiliki manfaat lainnya yang mungkin belum kamu kamu ketahui. Berikut 10 manfaat membaca buku.

Menambah Pengetahuan

Ilmu pengetahuan bersumber dari buku. Semakin banyak buku yang kamu baca kamu maka semakin banyak pula informasi bermanfaat yang kamu dapat.

Bikin Mental Sehat

Membaca buku diketahui bisa mencegah penyakit alzheimer. Membaca buku membuat otak terus bekerja aktif. Seseorang yang suka membaca buku juga bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif.

Mengurangi Stres

Membaca buku bisa mengurangi stres. Buku adalah jendela dunia. Dengan mengetahui hal-hal menarik meski itu jauh di luar jangkauan bisa didapat hanya dengan membaca buku. Membaca buku bacaan apa saja pastinya akan bermanfaat.

Menambah Pembendaharaan Kata

Membaca buku mau tidak mau kamu diharuskan untuk membaca kata-kata baru yang ada di dalam sebuah kalimat. Buku yang baik pasti sudah melewati proses editing dari para editor. Membaca buku bisa menambah pembendaharaan kata.

Tingkatkan Daya Ingat

Seperti poin sebelumnya, membaca buku membuat otak bekerja aktif. Semakin sering kamu membaca buku, maka manfaat yang didapat lainnya adalah bisa meningkatkan daya ingat.

Berpikir Analitik

Khusus kamu yang tertarik dengan bacaan buku dengan topik yang mendalam bisa membuat kamu untuk berpikir analitik. Biasanya buku bacaan seperti itu adalah buku yang menguak fakta-fakta atau konspirasi yang ada serta poin-poin yang dibeberkan terangkum ke dalam sebuah kesimpulan. Manfaat yang didapat adalah membuat kamu selalu berpikir analitik.

Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Kamu yang hobi membaca pastinya bisa melakukan hal itu di mana saja. Bahkan jika kamu lihat, di tempat sibuk seperti misalnya di angkutan umum, ada orang yang membaca dengan earphone terpasang di telinga. Mereka bisa membaca tanpa harus terganggu dengan orang lain.

Tingkatkan Kemampuan Menulis yang Baik

Sehubungan dengan beberapa manfaat lainnya, yakni menambah pembendaharaan kata, kamu yang membaca pastinya muncul keinginan untuk menulis. Manfaatkan kemampuan menulis, karena kamu sudah memiliki banyak kosa kata yang nantinya bisa dituliskan dalam tulisan kamu.

Manfaat Membaca Buku Dapat Menenangkan

Membaca buku bikin pikiran tenang. Tidak perlu dijabarkan lagi manfaat dari membaca buku, yang pasti setiap hal positif yang sudah kamu lakukan pasti akan berujung kepada hal yang positif pula nantinya.

Cari Artikel Lainnya