Home » Kongkow » Inspiratif » Acara Unik Peringati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Acara Unik Peringati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

- Jumat, 28 Oktober 2016 | 13:59 WIB
Acara Unik Peringati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Hari Sumpah Pemuda tiba setiap 28 Oktober. Hari itu merupakan salah satu hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Masih ingat dengan isi Sumpah Pemuda. Berikut isi Sumpah Pemuda. Semoga saja bisa membuat kamu yang lupa menjadi lebih hapal dengan tepat.

Isi Sumpah Pemuda :

Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

Kedua : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

Ada beberapa kegiatan unik yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda in. Semoga bermanfaat:

  1. Menghapalkan teks atau isi Sumpah Pemuda

Mungkin bagi orang lain, itu hal biasa. Tapi bisa kok dibuat unik tanpa menghilangkan maknanya. Caranya, menghapalkan isi Sumpah Pemuda sambil menghayati. Tapi syaratnya harus menghapalkan teksi sampai benar-benar menangis. Atau menghapalkan isi Sumpah Pemuda dengan durasi 5 detik. Kalau lebih dari 5 detik, maka akan tersingkir dari lomba. Atau yang lainnya. Yang jelas, semakin kreatif maka akan semakin membuat teman-temanmu paham apa itu isi Sumpah Pemuda.

  1. Diskusi tentang peran Pemuda

Membosankan? tidak. Karena diskusi tetap mempunyai hati di kalangan pemuda di era sekarang. Kegiatan diskusi bisa menjadi ajang penyaluran bakat bagi mereka yang suka berdebat, mendiskusikan suatu hal, sampai bisa melahirkan si orator, atau si pemikir masa depan. Tentunya, tema yang diambil jangan jauh-jauh dari Sumpah Pemuda atau peran pemuda.

  1. Mengenakan pakaian adat

Tidak ada salahnya untuk mengadakan kegiatan ini. Banyak manfaatnya lho. Apa kamu tidak sayang kalau pakaian adatmu hanya kamu kenal lewat pakaian yang dipakai bupati dan istrinya saja. Kenapa kamu tidak mengenalnya sendiri secara lebih dalam. Ajak sekolahmu atau kampusmu mengenakan kostum pakaian adat selama sehari atau tiga hari berturut-turut. Tidak berhenti di situ, supaya lebih seru, bisa ditambahkan dengan lomba pengetahuan tentang pakaian adat daerahmu.

  1. Lomba grafiti atau mural tentang Kemajuan Pemuda

Agak ribet memang. Tapi ini bisa kok diadakan. Selama kamu dan teman-teman punya tekad bersama. Caranya, ajak pihak sekolah atau pihak kampus agar menyediakan space dinding yang bisa menjadi tempat berekspresi. Baik itu mural atau grafiti. Enteng saja temanya. Misal, Pemuda Anti Narkoba, Pemuda Rajin Beribadah, Pemuda dan Wujud Bakti kepada Ibunda, atau lainnya.

  1. Lomba foto Selfie/Groupie Sambil Mencium Merah Putih

Sekarang eranya foto selfie/groupie berjaya. Tak ada salahnya kamu ikut terlibat di dalamnya. Asalkan tetap berada di jalur kewajaran atau tidak melanggar. Lomba foto selfie/groupie dengan mencium Bendera Merah Putih. Sekilas ini sepele. Tapi yakinlah ada renungan-renungan yang muncul dari teman-temanmu tentang bendera Merah Putih.

      6. Mengadakan pertunjukan teater Sumpah Pemuda

Banyak hal yang bisa kamu usung untuk menunjukkan semangat Sumpah Pemuda. Di antaranya adalah mengadakan pertunjukan teater atau drama sejarah Sumpah Pemuda. Banyak lho yang belum paham tentang sejarah Hari Sumpah Pemuda. Nah, di sinilah peranmu memberikan pengetahuan atau bercerita lewat drama tentang sejarahnya.

  1. Berziarah ke makam pahlawan

Semoga kegiatan ziarah ke makam pahlawan tidak sekadar kegiatan saja. Tapi lebih dari itu. Contohnya, berziarah dan mencari sumber informasi tentang siapa pahlawan itu sebenarnya. Bagaimana pendapatnya tentang pahlawan itu dalam kemajuan RI.

Itu beberapa kegiatan yang bisa menjadi alternatif. Baik untuk sekolahmu atau perguruan tinggi, dan organisasi lain yang butuh kegiatan saat Hari Sumpah Pemuda. “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Begitu kata bapak Proklamator Indonesia, Soekarno.

 

Cari Artikel Lainnya