Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » Macam-macam Gaya Renang dan Gambarnya

Macam-macam Gaya Renang dan Gambarnya

- Selasa, 26 April 2022 | 16:00 WIB

Macam-macam gaya renang penting untuk diketahui tekniknya agar tidak sampai menimbulkan cedera. Olahraga dalam air tersebut memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan. Jika dilakukan secara rutin, renang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti stroke, jantung, dan diabetes.

Macam-macam gaya renang ada 4 yaitu gaya renang bebas, gaya renang dada, gaya renang kupu-kupu dan gaya renang punggung.

Berikut ini macam-macam gaya renang dan gambarnya:

1. Renang Gaya Bebas


Sumber: prezi

Gaya bebas merupakan teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki saat melakukan gerakan agar badan dapat meluncur dengan cepat. Meski disebut gaya bebas, teknik renang gaya tersebut tetap memiliki aturan.

Jadi, saat melakukan gaya bebas, posisi badan berada di atas permukaan air. Tangan mengayuh ke depan, sedangkan kaki menendang atau melakukan gerakan seperti menggunting.

2. Renang Gaya Dada / Gaya Katak


Sumber: google image

Gaya dada banyak disebut sebagai gaya katak karena teknik renang gaya dada mirip dengan katak saat berenang. Pada dasarnya, gaya ini memerlukan kemampuan tangan untuk mendorong ke bawah saat kepala ke atas untuk melakukan pernapasan.

3. Renang Gaya Punggung


Sumber: google

Gaya punggung merupakan teknik renang dengan posisi badan terlentang atau posisi pandangan melihat ke atas. Sedangkan punggung berada di permukaan air.

Sementara, gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, tetapi arahnya berlawanan. Teknik pengambilan napas gaya punggung dapat dilakukan kapan saja karena posisi wajah menghadap ke atas. 

4. Renang Gaya Kupu-kupu / Gaya Lumba-lumba

Sumber: ensikolpedia

Gaya kupu-kupu merupakan teknik renang yang dikembangkan dari gaya dada. Teknik dasar renang gaya kupu-kupu yang harus dimiliki ialah kekuatan pada bagian lengan.

Adapun gerakannya dapat seperti lumba-lumba yang masuk ke air, kemudian keluar saat tangan didorong ke bawah. Gaya renang kupu kupu juga kerap disebut dengan gaya lumba lumba.

Cari Artikel Lainnya