Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » Renang Gaya Punggung

Renang Gaya Punggung

- Selasa, 26 April 2022 | 15:51 WIB
Renang Gaya Punggung

Renang gaya punggung merupakan jenis gaya renang yang dilakukan dalam posisi telentang alias menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya. Renang gaya punggung juga dikenal sebagai backstroke. Teknik ini memang membuat Anda lebih mudah bernapas. Namun, akan dibutuhkan kekuatan dan koordinasi otot yang lebih baik untuk bisa mempertahankan posisi badan di dalam air dan arah renang Anda tetap lurus.

Teknik Renang Gaya Punggung
Kunci melakukan renang gaya punggung adalah keberanian dan tubuh yang rileks. Jika Anda tertarik untuk mencoba renang gaya punggung, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Rilekskan seluruh tubuh Anda.
  • Luruskan punggung Anda semaksimal mungkin sehingga tubuh bagian depan berada di atas permukan air.
  • Usahakan pinggul, kepala, dan leher Anda agar tetap rileks dan dalam posisi yang lurus dengan badan.
  • Ayunkan satu lengan Anda ke atas dan putar belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan Anda selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.
  • Jaga lengan agar selalu lurus dan rapat dengan merapatkan jari-jari Anda, terutama saat tangan berada di bawah air.
  • Saat satu lengan sedang mengayun di bawah air, secara bersamaan putar lengan yang lain ke atas.
  • Terus ayunkan kedua lengan Anda dengan gerakan memutar secara bergantian.
  • Bersamaan dengan gerak tangan, gerakkan kaki dengan tendangan mengepak, sama seperti saat melakukan renang gaya bebas.

Manfaat Renang Gaya Punggung
Ada beragam manfaat renang gaya punggung yang bisa Anda peroleh. Berikut ini di antaranya:

1. Membakar kalori
Berenang adalah salah satu olahraga kardio yang baik. Renang gaya punggung selama 30 menit bisa membakar sekitar 250 kalori. Jika dilakukan secara rutin, renang gaya punggung bisa menurunkan risiko Anda mengalami obesitas.

2. Melatih otot tubuh
Saat melakukan renang gaya punggung, Anda akan menggunakan banyak otot untuk menggerakkan tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh di air. Hal ini bermanfaat untuk melatih dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama otot lengan, kaki, perut, punggung, bahu, dan bokong Anda.

3. Memperbaiki postur tubuh
Manfaat renang gaya punggung lainnya adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Dengan gaya renang ini, otot-otot tubuh perlu bekerja untuk menjaga punggung agar tetap lurus di dalam air. Dengan melakukan renang gaya punggung secara rutin, Anda akan terbiasa untuk duduk atau berdiri dengan postur yang tegak.

4. Membuat tubuh rileks
Berenang dengan gaya punggung dipercaya dapat menjadi sarana relaksasi bagi tubuh. Renang gaya punggung merupakan salah satu gaya yang sering dimanfaatkan untuk tujuan bersantai. Hal ini dapat memperbaiki mood, dan juga membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Menambah tinggi badan
Menambah tinggi badan juga merupakan salah satu manfaat renang gaya punggung.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, renang gaya punggung akan melatih Anda untuk menjaga tubuh tetap lurus di air. Hal ini bisa membantu memanjangkan tulang belakang Anda, sehingga Anda akan terlihat lebih tinggi dan tegap.

Manfaat-manfaat renang gaya punggung di atas dapat dirasakan jika berenang dilakukan secara rutin, yakni sekitar 2,5 jam dalam seminggu. untuk mengombinasikan berenang dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Cari Artikel Lainnya