Home » Kongkow » Bahasa Indonesia » Struktur Teks Ulasan yang Lengkap dan Sistematis

Struktur Teks Ulasan yang Lengkap dan Sistematis

- Selasa, 01 Maret 2022 | 08:00 WIB
Struktur Teks Ulasan yang Lengkap dan Sistematis

Teks ulasan terdiri dari lima struktur penting yakni identitas karya, orientasi, sinopsis, dan penilaian karya.

Teks ulasan sendiri merupakan teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Teks ulasan disebut juga dengan resensi.

Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Baca juga: Struktur dan Contoh Teks Ulasan

Adapun struktur dari teks ulasan adalah sebagai berikut,

  1. Orientasi, merupakan bagian awal atau perkenalan dimana pada bagian ini akan dijelaskan latar belakang dan gambaran umum suatu karya.

  2. Tafsiran, yang berisi gambaran umum secara detail. Dalam bagian ini biasanya disampaikan hal-hal menarik, unik dan hal-hal yang bisa memikat minat pembaca akan karya yang diulas.

  3. Evaluasi, merupakan bagian yang berisi pandangan penulis tentang suatu karya baik keunggulan maupun kekurangan karya yang diulas.

  4. Rangkuman, merupakan bagian yang berisi kesimpulan dari suatu karya yang diulas. Bagian akhir dari struktur teks ulasan ini juga berisi komentar penulis terhadap karya tersebut, apakah berkualitas, menarik atau tidak untuk disaksikan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya