Home » Kongkow » Ekonomi » Bentuk-bentuk Kerja sama Ekonomi Internasional dan Contohnya

Bentuk-bentuk Kerja sama Ekonomi Internasional dan Contohnya

- Senin, 20 Desember 2021 | 11:00 WIB
Bentuk-bentuk Kerja sama Ekonomi Internasional dan Contohnya

Kerja sama ekonomi internasional terbagi menjadi beberapa bentuk, dilihat dari bentuk kerja samanya. Kerja sama ekonomi ini terbagi ke dalam empat kategori, yaitu kerja sama ekonomi bilateral, regional, multilateral, dan antar regional.

Baca juga: Pengertian Kerja sama Ekonomi Internasional, Tujuan dan Manfaatnya

Kerja sama ekonomi bilateral

Kerja sama ekonomi bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat saling membantu. Contohnya kerja sama antara Indonesia dan Singapura, Indonesia dan Inggris, atau Indonesia dan Amerika.

Kerja sama ekonomi regional

Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi diantara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Contohnya ASEAN, UNI EROPA, EFTA, APEC, AFTA dan sejenisnya.

Kerja sama ekonomi multilateral

Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh batas region atau wilayah atau kawasan negara tertentu. Contohnya kerja sama antara Indonesia, Jerman, Perancis, Jepang, Inggris, Korea, China, Rusia, Singapura, dan sebagainya.

Kerja sama ekonomi antar regional

Kerja sama ekonomi antar regional adalah kerja sama ekonomi diantara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh : Kerja sama antara Uni Eropa dengan ASEAN.

Sumber : Kemdikbud
Cari Artikel Lainnya