Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Contoh-contoh Alat Musik Tiup lengkap dengan Gambarnya

Contoh-contoh Alat Musik Tiup lengkap dengan Gambarnya

- Rabu, 20 April 2022 | 11:00 WIB
Contoh-contoh Alat Musik Tiup lengkap dengan Gambarnya

Tahukah otakers, alat musik yang sering kita dengar atau mainkan sebenarnya terbagi kedalam beberapa kategori lho. Dua diantaranya yaitu berdasarkan Sumber Bunyi dan Cara Memainkannya.

Semua alat musik ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berdasarkan cara memainkannya, ada yang dikelompokkan kedalam alat musik tiup lho.

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup disebut aerophoneAlat musik jenis ini menghasilkan suara ketika lubang udara didalamnya digetarkan. 

Baca juga: Alat Musik Ritmis beserta Contoh dan Cara Memainkannya

Alat musik tiup dapat mengeluarkan suara atau bunyi karena ada resonansi. Resonansi adalah getaran yang terjadi karena adanya aksi pemicu berupa tiupan melalui rongga tabung alat musik tiup yang menghasilkan bunyi tertentu.

Nahh, berikut ini beberapa macam pengelompokan alat musik tiup, diantaranya:

Alat Musik Tiup Tradisional

1. Seruling bambu

Suling Bambu Alat musik tiup satu ini berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Suling Bambu terbuat dari bambu dengan ciri-ciri berbentuk ramping, panjang sekitar 15-30 cm, dengan diameter berkisar 3-4 cm. Suara pada suling dihasilkan dari udara yang ditiup melalui ujung lubang yang ada pada instrumen.

2. Serunai Banjar

Serunai banjar merupakan alat musik tiup tradisional yang berasal dari Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Alat musik ini biasanya dimainkan saat pentas seni Bakuntau atau seni bela diri silat. Serunai banjar memiliki panjang berkisar 15 cm dengan ukiran khas Banjar. Bagian ujung tempat suara keluar berbentuk seperti lonceng, dan terdapat ukiran khas Banjar. Terdapat reeds ganda dan lubang di bagian tengah yang terbuat dari daun kelapa kering.

3. Saluang


genpi.co

Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Minangkabau memiliki banyak alat musik tradisional yang ditiup seperti pupuik batang padi, sarunai, pupuik tanduak, rabab, aguang, gandang, dan lainnya.

4. Suling Lembang


alatmusik.id

Suling lembang merupakan alat musik tiup tradisional asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Cara memainkan suling lembang sama dengan suling pada umumnya. Suling lembang memiliki panjang berkisar 40 cm hingga 100 cm. Ukuran ini membuat suling lembang menjadi alat musik tiup tradisional terpanjang di Indonesia.

5. Foy Doa

Foy doa merupakan alat musik tiup tradisional asal Flores, Nusa Tenggara Timur. Berbeda dengan alat musik tiup lainnya yang bersifat tunggal, foy doa terbentuk dari dua batang bambu berukuran kecil dengan 4 lubang di setiap badan suling.

6. Tritan

Triton merupakan alat musik yang cara penggunaannya yaitu dengan ditiup. Alat musik tradisional ini berasal dari Papua. Alat musik ini tersebar di pesisir pantai yang ada di Papua dan digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai alat panggil kepada orang lain.

Alat Musik Tiup Modern

1. Terompet

Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet di-pitch di Bb. Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda.

2. Obo

Alat musik tiup ini menghasilkan suara yang jernih, di mana obo memiliki ciri khas tersendiri. Alat musik tiup obo memiliki double reed jenis woodwind. Alat musik ini bagian dari shawm. Kata obo sendiri berasal dari bahasa Perancis yakni hautsbois yang berarti high wood. Terkadang obo juga dinamai dengan nama hautboy, untuk pemain alat musik ini dinamakan obois.

3. Saksofon

Alat musik tiup Saksofon adalah instrumen tergolong dalam keluarga woodwind. Benda logam adalah bahan untuk membuat Saksofon. Pada umumnya, Saksofon dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, padahal dulu dipakai sebagai instrumen orkestra dan band militer.

Saksofon terbagi tiga:

– Curved Bell Soprano Saxophone

– Soprano Saxophone

– Alto Saxophone

4. Trombone

Alat musik trombone dibuat dari logam, sama seperti beberapa jenis alat musik tiup lain. Untuk menghasilkan suara pada trombone, yakni dengan cara menggetarkan bibir saat meniup. Kata trombone sendiri berasal dari bahasa Italia, yakni tromba (terompet) dan one (akhiran yang besar). Secara ukuran, trombone lebih besar dibandingkan trumpet. Trombonis merupakan sebutan untuk orang yang bermain alat musik trombone.

5. Harmonika

Alat musik tiup harmonika tentunya tidak asing ditelinga banyak orang, karena ini adalah salah satu jenis alat musik yang memiliki suara merdu didengar. Adapun cara memainkanya cukup mudah, yakni dengan ditiup dan dihisap.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya