Home » Kongkow » Geografi » Keunikan Flora dan Fauna Negara Australia

Keunikan Flora dan Fauna Negara Australia

- Rabu, 10 November 2021 | 14:14 WIB
Keunikan Flora dan Fauna Negara Australia

Keunikan flora dan fauna di Negara Australia terbentuk dari iklim dan geologi benua Australia yang unik. Australia merupakan benua yang kaya akan flora dan fauna endemik. Sekitar 80 persen dari tanaman bunga, marsupial, reptil, dan dingo adalah khas Australia. Berikut ini adalah Flora dan Fauna Benua Australia, antara lain sebagai berikut:

Flora di Negara Australia

Flora khas Australia adalah eucalyptus akasia. Jenis eucalyptus terdapat di sebagian besar wilayah Australia. Jenis eucalyptus terbesar adalah pohon Mountain Ask yang ketinggiaannya mencapai 100 m. Jenis lain adalah pohon jarak dan pohon para saljuyang tahan dingin.

Berbagai jenis akasia juga banyak tersebar di Australia. Disamping kedua Flora tadi, terdapat berbagai jenis bunga liar dan pohon botol-botolan. Jenis bunga liar, antara lain waratah, flannel, sertpea, Christmas bush, dan bunga cakar kanguru.

Baca juga: Letak Astronomis dan Geografis, Iklim, Kondisi Geologi Negara Australia

Persebaran Flora di Australia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu perbedaan curah hujan dan perbedaan musim masing-masing daerah. Akibatnya adalah sebagai berikut:

  • Daerah pantai tenggara memiliki musim tumbuh selama 9 bulan. Daerah Queensland Utara dan New South Wales Utara, mempunyai daerah pantaiyang selalu hijau. Tasmania mempunyai hutan, sedangkan bagian lain di tenggara ditutupi semak-semak yang daunnyaberlapis lilin.

  • Daerah pantai utara memilikimusim tumbuh sekitar 5-9 bulan, dengan tumbuhan semak-semak dan hutan yang tumbuhannya jarang.

  • Bagian selatan Queensland dan New South Wales memiliki musim tumbuh 5 bulan. Di daerah ini terdapat padang rumput dan savanna. Khusus daerah yang berbatasan dengan gurun terdapat stepa.

  • Di daerah alpen Australia dan pegunungan di Tasmania terdapat daerah sempit yang ditumbuhi Flora Alpina.

Fauna di Negara Australia

Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan 2 spesies buaya.

Australia dikenal menjadi tempat bagi hewan marsupial, dan hampir setengah mamalia asli benua ini adalah marsupial. Marsupial adalah hewan yang melahirkan secara prematur (kecil), sehingga harus di bawa ke dalam kantung di dalam perut induknya. Contoh hewan marsupial yang banyak dijumpai adalah Kanguru, Walabi, Possum, Wombat dan Koala.

Selain itu, Australia juga memiliki beberapa fauna asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kookaburra, dan lybird.

Dingo adalah salah satu hewan unik dari Australia. Dingo merupakan hewan yang biasanya berkulit coklat yang kuat, dengan ekor yang lebat. Ada yang menyebutkan bahwa hewan ini sebagai keturunan dari serigala Asia.

Platypus merupakan hewan jenis mamalia Australia yang memiliki moncong panjang dan kaki yang beselaput. Hewan ini disebut dengan evolusi antara reptil dan mamalia yang bertelur.

Fauna lainnya adalah ular yang banyak ditemukan di Australia. Australia memiliki banyak ular berbisa. Bahkan, 21 dari 25 ular paling mematikan ada di Australia.

Selain keanekaragaman hayati di daratan, Australia juga memiliki keanekaragaman hayati di lautan. Australia memiliki 4.000 jenis ikan. Australia juga memiliki sistem terumbu karang terbesar di dunia yang bernama Great Barrier Reef.

Beberapa spesies di lautan Australia antara lain hiu putih besar, hiu paus raksasa, dan ubur-ubur kotak (the box jellyfish) yang merupakan binatang paling berbisa di dunia.

Credits Photo: Keena.id

Sumber : detik.com
Cari Artikel Lainnya