Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Bagaimana Burung Kakaktua Pintar Menirukan Suara ?

Bagaimana Burung Kakaktua Pintar Menirukan Suara ?

- Senin, 29 November 2021 | 08:00 WIB
Bagaimana Burung Kakaktua Pintar Menirukan Suara ?

Burung Kakak Tua memang terkenal pintar menirukan suara apa saja, termasuk perkataan manusia. Selain kakaktua, beberapa jenis burung juga bisa meniru kata-kata yang didengarnya. Sebut saja beo, gagak, mynah, dan kolibri. Tapi burung yang paling baik menirukan ucapan manusia adalah kakaktua. Mereka bahkan dapat mengucapkan ratusan kata.

Lalu Para ilmuwan meneliti bagaimana burung ini dapat mengikuti banyak ucapan manusia.

Dilansir laman Mentalfloss, burung kakaktua mampu melakukannya karena di bagian otak mereka terdapat sesuatu yang disebut "sistem nyanyian". Dalam sistem ini ada bagian lagi yang dinamakan "inti dalam". Inti bagian dalam sangat penting untuk membantu burung ini belajar cara membuat suara.

Burung kakaktua juga memiliki bagian tambahan dari sistem nyanyian yang disebut "kulit terluar". Para ilmuwan berpikir kulit luar ini membantu burung kakaktua menjadi sangat pandai dalam menyalin suara.

Burung kakaktua ternyata memiliki sifat sosial tinggi. Di alam liar mereka bisa menirukan suara burung lainnya. Namun jika di sekitar manusia, burung kakaktua cenderung meniru suara pemiliknya karena sudah mengganggap layaknya keluarga.

Cari Artikel Lainnya