Home » Kongkow » Pendidikan Agama Islam » Arti Iman Menurut Istilah dan Bahasa

Arti Iman Menurut Istilah dan Bahasa

- Sabtu, 07 Mei 2022 | 10:00 WIB
Arti Iman Menurut Istilah dan Bahasa

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) iman artinya kepercayaan (yang berkenaan denga agama); keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab, dsb., dan  ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin.

Beriman artinya mempunyai iman (ketetapan hati); mempunyai keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam risalah Islam, iman artinya percaya dengan yakin kepada Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak disembah, pencipta dan pemelihara alam semesta beserta isinya, serta tidak ada Tuhan selain-Nya.

Pengertian iman menurut ilmu tauhid atau menurut istilah adalah meyakini dalam hati, mengucapkan apa yang kita yakini dalam hati tadi dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan sehari" apa yang sudah kita yakini dalam hati dan sudah kita ucapkan dengan lisan

Rukun iman ada 6

1) iman kepada Allah

2) iman kepada malaikat Allah

3) iman kepada kitab" Allah

4) iman kepada Nabi dan Rosul" Allah

5) iman kepada hari ahir

6) iman kepada qadha' dan qadar Allah

sebagaimana sabda Rosulullah

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ ... (رواه مسلم)

Artinya : “Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir, & kamu beriman kepada takdir yang baik & yang buruk.” (HR. Muslim no. 9)

Adapun cabang dari iman ada 77 cabang, cabang tertinggi adalah mengucapkan laa ilaha illallah, dan yang terendah adalah menyingkirkan rintangan dari jalanan.

Keimanan manusia dapat bertambah dan dapat berkurang, sebagaimana dalam al-qur'an surat al-anfal ayat 2

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya