Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Contoh Soal

1 month 'ago'

Dalam kimia, rumus empiris atau komposisi kimia dari suatu senyawa kimia adalah ekspresi sederhana jumlah relatif setiap jenis atom (unsur kimia) yang dikandungnya. Suatu formula empiris tidak memberikan gambaran mengenai isomer, struktur, atau jumlah absolut atom. Rumus molekul adalah rumus yang menyatakan jumlah atom-atom dari unsur-unsur yang menyusun satu molekul senyawa. Jadi rumus molekul menyatakan susunan sebenarnya dari molekul zat.

Didalam Cara Mencari Rumus Empiris dan Rumus Molekul perlu kalian Cari Perbandingan Massa dari Unsur – Unsur yang menyusun suatu Senyawa, Cari Perbandingan Mol dg membaca Massa Unsur dg Massa Atom Relatifnya (Ar), Cari Perbandingan Mol yg paling sederhana yang didapatkan Rumus Empiris dan bisa dicari dengan menentukan Rumus Molekul dg mencari Faktor Pengali n. Mungkin bisa kalian lihat Rumus Molekul yang merupakan kelipatan dari Rumus Empiris seperti ini : (Rumus Empiris)n = Rumus Molekul (Nilai n berkaitan dg Massa Molekul Relatif dari Kedua Rumus Kimia tersebut).

Tabel Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Dibawah ini bisa kalian lihat Tabel Rumus Molekul dan Rumus Empiris dibawah ini, yang bisa digunakan oleh kalian untuk memperoleh Rumus Empiris dan Rumus Molekul didalam Kimia SMA :

Rumus Molekul

Rumus Empiris

C2H6

CH3

C6H12O6

CH2O

C6H6

CH

H2SO4

H2SO4

NH3

NH3

 

Contoh Soal Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Dibawah ini Penulis telah memberikan beberapa Contoh Soal Rumus Molekul Senyawa dan Rumus Empiris, tujuannya agar memudahkan bagi kalian Para Pembaca dalam memahami Materi Kimia Empiris dan Molekul Senyawa ini.

1. Terdapat suatu Senyawa Organik yang tersusun dari 40 persen karbon, 6.6 persen Hidrogen dan sisanya Oksigen. (Ar C=12, H=1, O=16). Jika mr sebesar 90, maka tentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul Senyawa Organik tersebut ?.

Jawaban :

C = 40%, H = 6.6%, O = 100 – (40 + 6.6) = 53.4%

Mol C : Mol H : Mol O = 40 / 12 : 6.6 / 1 : 53.4 / 16

= 3.3 : 6.6 : 3.3

= 1 : 2 : 1

Sehingga Rumus Empirisnya ialah CH2O

(CH2O)n = 90

( 1 .Ar C + 2. Ar H + 1. Ar O)n = 90

(1. 12 + 2. 1 + 1. 16)n = 90

30n = 90

n = 3

Sehingga Rumus Molekul Senyawanya ialah C3H6O3.

2. Jika terdapat 17 gram suatu Oksida Logam dengan Rumus Empiris M2O3 mempunyai kandungan 8 gram Oksigen. Jika Ar O sebesar 16. Maka berapakah Ar Logam M tersebut ?.

Jawabannya :

Massa O = 8 gram

Massa M = 17 – 8 = 9 gram

Mol M : Mol O = 9 / Ar M : 8 / 16 = 2 : 3

Sehingga Ar M ialah 27.

Mungkin hanya seperti saja pembahasan mengenai Rumus Empiris dan Rumus Molekul didalam Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA). Semoga saja apa yang telah dituliskan dan dijelaskan disini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca.

sumber : https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/10613/Rumus-Empiris-dan-Rumus-Molekul-Beserta-Contoh-Soal

utakatikotak
0
utakatikotak
40
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :