Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » 5 Teknik Berlari Yang Baik

5 Teknik Berlari Yang Baik

- Kamis, 04 Maret 2021 | 11:00 WIB
5 Teknik Berlari Yang Baik

Olahraga lari masih populer saat ini. Kita semua tahu bahwa lari sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Secara intensitas, lari termasuk ke dalam olahraga dengan intensitas sedang hingga berat (tergantung dari jarak tempuh dan kecepatannya). Untuk mereka yang sudah terlatih dengan baik dan tidak memiliki cedera dianjurkan untuk berlari dengan jarak dan kecepatan yang bervariasi, agar bisa meningkatkan kebugaran serta kinerja fungsional tubuh secara keseluruhan.

Berlari dengan koordinasi gerak yang baik akan dapat menghemat banyak tenaga dan juga terhindar dari cedera. Namun, masih banyak yang belum tahu cara berlari yang benar. Agar bisa berlari dengan benar, Kamu perlu mengetahui postur dan teknik yang baik. Berikut 5 hal yang perlu anda perhatikan ketika berlari.

 

1. Badan rileks, tidak kaku, dan sedikit condong ke depan.

2. Pkamungan horizontal atau lurus ke depan.

3. Ketika lari, ayunan lengan harus dalam kondisi rileks supaya beban tidak berpusat pada paha, karena jika terlalu tegang, bisa betpotensi cidera. Ayunkan lengan dengan rileks dan kontinyu (lengan ditekuk 90 derajat dan mengayun rileks di samping tubuh).

4. Atur irama dan panjang langkah agar tepat dan teratur (tidak terlalu pendek dan tidak memanjangkan langkah).

5. Saat mendarat, mendaratlah dengan bola kaki atau telapak bagian tengah agak ke depan.

6. Hindari menekan langkah yang terlalu keras ke tanah (vertikal). Sebaliknya, melangkah seolah-olah mendorong ke depan (propulsive).

Teknik yang baik pada saat berlari tidak bisa terbentuk dengan sendirinya. Perlu latihan khusus dan kontinyu untuk pembentukan postur tubuh agar menjadi lebih baik sehingga secara otomatis bisa berlari dengan teknik yang benar. Otot pinggang dan perut yang kuat adalah modal utama agar tubuh dapat berdiri tegak atau tidak bungkuk. Selain itu juga dibutuhkan penguatan untuk tungkai dan lengan agar tubuh menjadi proporsional.

 

 

Beberapa latihan yang bisa Kamu lakukan untuk menguatkan otot pinggang dan perut. Lakukan sesuai repetisi yang disarankan. Itu satu set, ulangi hingga mencapai 5-10 set.

a. Push Up on the Wall

Berdiri menghadap dinding, kira-kira berjarak dua kaki. Kedua tangan menempel di dinding, dibuka selebar bahu. Dari posisi tersebut, lakukan pushup ke arah dinding. Tahan sebentar, lalu kembali ke posisi awal. Itu satu repetisi. Lakukan 8-10 repetisi.

b. High Knees

Berdiri menghadap dinding, kira-kira berjarak dua kaki. Kedua tangan menempel di dinding, dibuka selebar bahu. Dari posisi tersebut, condongkan tubuh sedikit ke arah dinding, lalu angkat paha kanan sekitar 90 derajat, turunkan, lalu ganti dengan paha kiri. Itu satu repetisi. Lakukan perlahan dulu, baru tingkatkan kecepatan, sampai seolah-olah Kamu berlari. Lakukan 10-20 repetisi. Pastikan posisi pinggang stabil, tidak goyang kanan-kiri.

c. Backup

Tidur telungkup di lantai. Luruskan tangan ke depan dan kaki ke belakang. Genggam sebuah benda, misalnya Swiss Ball atau botol minum (sebaiknya melakukan gerakan dengan menggenggam sebuah benda agar gerakan bisa dilakukan dengan seimbang). Angkat tubuh bagian atas dari lantai setinggi semampu Kamu. Tahan 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi semula. Itu satu repetisi. Lakukan 8-10 repetisi. Itu satu set.

d. Arm Swing

Berdiri, langkahkan kaki kanan ke depan (seperti posisi lunge). Tekuk kedua siku 90 derajat, lalu arahkan lengan kiri ke depan dan lengan kanan ke belakang. Dari posisi ini, tanpa mengubah posisi kaki, ayunkan lengan dengan rileks bergantian ke depan dan belakang, seperti ayunan lengan saat berlari. Itu satu repetisi. Lakukan 10-15 repetisi. Setelah selesai, ganti posisi kaki dan ulangi lagi seperti gerakan sebelumnya sebanyak 10-15 repetisi. Itu satu set.

 

 

Cari Artikel Lainnya