Peralatan Dan Contoh Senam Ketangkasan

2 months 'ago'

Senam ketangkasan adalah senam yang dalam melakukannya bisa memakai alat dan juga bisa gak memakai alat. Senam ketangkasan yang baik untuk kesehatan tubuh juga disebut senam artistik karena bentuknya harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Peralatan yang digunakan untuk Senam Ketangkasan

Sebelum melakukan senam ketangkasan, sebaiknya kamu menyiapkan beberapa alat – alat senam ketangkasan dulu, seperti dibawah ini.

1. Lantai (Floor Exercise)

Lantai emang sangat penting dan dibutuhkan dalam senam ketangkasan, karena setiap gerakan senam dilakukan dilantai. Lantai yang dipakai buat senam ketangkasan tidak boleh licin agar para atlet yang sedang melakukan perlombaan gak terkena cedera saat melakukan senam.

Dan, lantai yang dipakai buat senam ketangkasan sudah sesuai standar yang berlaku. Ukuran dari lantai buat melakukan senam ketangkasan adalah sekitar 12 meter x 12 meter.

2. Matras

Dalam beberapa kegiatan senam ketangkasan, ada yang membutuhkan matras buat melakukan gerakkannya.

Matras yang dipakai juga matras yang tebal atau empuk dan gak licin untuk mengurangi resiko dari cedera saat sedang melakukan senam ketangkasan.

3. Kuda – Kuda Pelana

Alat kuda – kuda pelana emang sering dipakai dalam senam ketangkasan dan bentuknya ini sangat mirip seperti punggung kuda.

Latihan memakai alat tersebut yaitu dengan melompat sampai ujung tanpa mengenai dudukan alat kuda pelana tersebut dan gerakan yang dipakai adalah flank, thomas fair dan double circle.

4. Kuda – Kuda Lompat

Alat ini mempunyai bentuk yang sedikit beda dengan alat kuda pelana dan panjang dari alat kuda – kuda lompat yaitu sekitar 1,2 meter dan tinggi sekitar 1,35 meter.

5. Gelang – Gelang

Gelang – gelang yaitu alat yang bentuknya 2 lingkaran seperti gelang besar yang dipakai dalam senam ketangkasan.

Seorang atlet menggantung pada gelang tersebut yang sudah dihubungkan oleh kedua tali dan atlet melakukan gerakkan bertumpu dan mengayun.

Selain gerakkan itu, kamu juga bisa melakukan naik turun buat memperkuat otot tangan kamu.

Dan, tinggi dari gelang tersebut adalah 2,8 sampai 3 meter serta mempunyai diameter 18 cm dan jarak antara gelang-gelangnya adalah 50 cm.

6. Palang Tunggal

Palang tunggal sering dipakai dalam gerakkan seperti menantang atau antraktif dan dengan satu palang yang udah diatur ketinggiannya.

Palang tunggal dipakai dalam turnamen dunia dan gerakkannya yang sangat rumit seperti gerakkan back hip circle, run under single, pull over, back mill, front hip circle, single knee mount dan masih banyak lagi.

7. Palang Sejajar

Palang sejajar mempunyai panjang kira – kira 330 cm, tinggi sekitar 175 cm dan lebarnya sekitar 40 sampai 50 cm. Palang sejajar sering dipakai dalam senam ketangkasan dan alat ini bisa diatur sesuai dengan keinginan kamu.

Gerakkan yang dipakai memakai alat palang sejajar tersebut seperti mengayunkan bagian lengan, bahu dan tangan aja yang boleh dipakai dan gak boleh memakai gerakkan badan yang lain. Selain itu, kamu juga bisa melakukan gerakkan front dosmount, shoulder stand, straddle travel, rear dimount dan masih banyak lainnya.

 

 

Macam-Macam Senam Ketangkasan

1. Meroda

Gerakan meroda adalah berguling ke samping menyerupai roda. Gerakan ini dapat menggunakan tumpuan kaki dan tangan secara bergantian.

2. Guling depan

Gerakan ini biasa juga disebut forward roll/roll depan. Gerakan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni berguling ke depan dari sikap awal jongkong atau berdiri. Pertama-tama, jongkok lalu rapatkan kaki, letakkan lutut ke dada, dan kedua tangan menumpu di depan. Lalu berguling ke depan dan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering untuk menuju posisi jongkok.

 

3. Guling belakang

Gerakan ini biasa disebut juga dengan back roll/roll belakang. Gerakan ini diawali dengan jongkok dan kedua tangan di depan serta kaki sedikit rapat. Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang. Saat panggul mengenai matras, lipat kedua tangan ke samping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas untuk siap menolak. Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu kedua tangan menolak kuat serta kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di matras dalam posisi jongkok.

4. Lompat kangkang

Gerakan ini memerlukan alat bantu karena harus melewati rintangan. Ketika badan melayang di udara, maka kuda-kuda tangan direntangkan. Luruskan kedua tungkai agar dapat melewati samping kanan dan kiri rintangan.

5. Lompat jongkok

Gerakan ini memiliki dasar yang sama dengan kangkang. Hanya saja, dilakukan dalam posisi jongkok. Awali gerakan dengan lari cepat lalu bertolak dengan kedua kaki saat berada di rintangan dan ayunkan lengan ke atas. Mendaratlah pada ujung kaki dan rentangkan kedua tangan ke atas.

sumber :

utakatikotak
0
utakatikotak
156
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :