Home » Kongkow » Jaringan » Jenis-jenis Jaringan Komputer (PAN, HAN, LAN, WLAN, CAN, MAN, WAN)

Jenis-jenis Jaringan Komputer (PAN, HAN, LAN, WLAN, CAN, MAN, WAN)

- Senin, 15 Februari 2021 | 16:00 WIB
Jenis-jenis Jaringan Komputer (PAN, HAN, LAN, WLAN, CAN, MAN, WAN)

PAN (Personal Area Network )

PAN kependekan dari Personal Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi antar satu perangkat (handphone, laptop, komputer dan lain-lain) dengan perangkat yang lain yang saling terhubung dan berkomunikasi dengan jarak yang sangat dekat,mungkin hanya beberapa meter saja ( 1-10 meter) dan mungkin saja PAN ini tergolong jaringan pribadi. PAN ini dapat menggunakan teknologi Wireless, Bluetooth, dan juga USB.

Contoh penggunaan PAN dalam kehidupan sehari-hari:
1. Koneksi antara HP dan Laptop dengan menggunakan Bluetooth.
2. Koneksi antara Mouse, Printer, Headset dan Laptop dengan menggunakan Blluetooth.
3. Koneksi antara HP dan Laptop dengan menggunakan Wireless.
4. Koneksi antara Mouse, Printer, Headset dan Laptop dengan menggunakan Wireless.

HAN (Home Area Network)

HAN  kependekan Home Area Network adalah sebuah jaringan lokal yang areanya cukup kecil dan biasanya digunakan untuk area didalam rumah seperti WIFI, Smartphone/Handphone, Komputer, Laptop, perangkat atau piranti IoT (Internet Of Things), telepon rumah, televisi dan lain lain yang terhubung ke sebuah perangkat yang dinamakan router ataupun wireless router. Dan agar bisa aksess internet dibutuhkan ISP (internet service provider). Apa itu ISP adalah Sebuah perusahaan penyedia layanan jaringan seperti TELKOM, NARATEL, AXIS, X,. Indosat dan lain lain.

Contoh penggunaan HAN:
1. Untuk menghubungkan smartphone/Handphone  ke internet dengan media transmisi wireless.
2.Dapat melihat televisi pada chanel luar negri dengan berlangganan ke ISP dulu tentunya.
3.Untuk menghidupkan lampu dengan jaringan lokal ataupun internet. (Kalau sempat ane akan buatkan artikel tentang IoT).
dan lain-lain.

LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang jaringan  sederhana dan juga kecil ruang lingkupnya, dan LAN biasa digunakan dalam ruang yang kecil, tidak kecil amat dan tidak gede amat misalnya satu rumah (dengan kabel ethernet), satu sekolah, satu area/kantor, satu gedung, dan satu warnet.

LAN ini merupakan jaringan yang kasat mata yang hanya berjalan pada radius beberapa meter saja. Tetapi LAN ini memiliki kecepatan data transfer tidak kalah dengan jaringan MAN ataupun WAN, dan juga jaringan LAN ini cukup stabil.

Keuntungan menggunakan menggunakan LAN ini adalah biaya yang relatif kecil karena pengguna jaringan ini cuman sedikit.dan juga jaringannya cukup sederhana oleh karena itu akan lebih memudahkan setiap user/pengguna dalam membagikan file dengan cara sharing yang lebih ringkas dan cepat.

WLAN (Wireless Area Network)

WLAN kependekan dari Wireless Area Network adalah jaringan nirkabel yang berada pada jaringan lokal dengan mengunakan teknologi WiFI dan ditransmisikan dengan menggunakan gelombang radio. Jika sobat berpikir Wifi dengan WLAN sama sobat sekalian salah karena Wifi itu adalah pemancarnya dan WLAN itu yang digunakan untuk membedakan jenis jaringannya.

CAN (Campus Area Network)

CAN kependekan dari Campus Area Network adalah Sebuah tipe jaringan yang terdiri beberapa Lan yang berada pada jaringan kampus.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN kependekan dari Metropolitan Area Network,  sudah dari namanya saja sudah kelihatan kalau jaringan ini begitu luas tapi tidak seluas WAN dan Internet, walaupun masih lebih luas WAN. MAN merupakan sebuah jaringan yang terbentuk dari beberapa LAN yang terhubung menjadi satu,dan tersambung menjadi jaringan yang besar.

MAN ini biasanya digunakan untuk menghubungkan antar gedung, antar perusahaan.Namun di Indonesia, penggunaan MAN tidak berkembangan dan sangat jarang sekali digunakan. Padahal MAN ini lebih efisien untuk cakupan yang lebih luas, dan user/pengguna akan lebih mudah mengakses data dari perusahaan atau gedung lainnya meski lokasi mereka tidaklah dekat kurang lebih jarang antar gedungnya 1 km bisa jurang dan lebih.

WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network merupakan jaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya dari pada LAN dan MAN, Contoh penggunaan WAN ini seperti satu negara, satu benua, bahkan satu dunia. Internet yang biasa kita gunakan termasuk ke dalam jaringan WAN, karena dapat menghubungkan komputer kita dengan jaringan seluruh dunia.

WAN ini menggunakan biasanya kabel fiber optik yang cukup kuat sehingga rentan akan kerusakan meski tertanam di dalam tanah maupun di lautan.

Kelebihan jaringan WAN ini karena menggunakan kabel fiber optik yang kecepatan transfernya sangat cepat. Namun WAN ini juga ada kekurangannya yaitu biaya yang cukup tinggi karena harus WAN memakai kabel yang lebih banyak dan biaya maintenance jaringan agar lebih aman.

Cari Artikel Lainnya