Home » Kongkow » Materi » Mengenal Recount Text dan Contoh Penggunaannya

Mengenal Recount Text dan Contoh Penggunaannya

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:00 WIB
Mengenal Recount Text dan Contoh Penggunaannya

Dalam bahasa Inggris, ada yang disebut dengan recount text. Banyak orang beranggapan bahwa recount text hampir sama dengan narrative text. Akan tetapi, recount text memiliki ciri-ciri yang tidak dimiliki jenis text lain.

Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau. Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text.

Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin Anda akantemukan ketika membaca sebuah recount text. Ciri-ciri kebahasaan dari recount text tersebut adalah:

  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

Untuk penggunaannya, recount text terdiri dari susunan atau struktur pada pembuatannya. Berikut polanya pada recount text.

  • Orientation

Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

  • Events

Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "In the first day, I ... . And in the next day ... . And In the last day ..." . Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.

  • Reorientation

Pada bagian Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

Berikut ini contoh kalimat dalam bentuk recount text.

Vacation to the beach Anyer

Orientation

The last holiday, my family went to Anyer beach for a picnic, we leave in the morning, because of our house to the beach anyer took a 4 hour drive, so we can play and have fun there longer, we were off to the beach anyer

Events

After arriving at the beach anyer, we just took a walk because the beach is in front of the hotel. We walked along the seashore, played water and sand. Actually we also wanted to swim in the beach but the lifeguard didn’t allow us. Besides doing many activities we also watched some foreign tourist’s activities. They were lying on the beach, while others were having massage or surfing.

Reorientation

When we felt tired, we took a rest to have some meals and drinks, and at 5: 00 pm we came home his end, this is a memorable holiday, next time we will visit again.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya