0
120
0
Menyikapi Keberagaman di Indonesia
2 months 'ago'

CARA MENYIKAPI KEBERAGAMAN DI INDONESIA

 

Indonesia Terdiri Dari Berbagai Suku .Indonesia dikenal dengan Bangsa yang majemuk, dimana semua suku, ras, agama dan budaya ada di Indoensia. Semua bersatu dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika", perbedaan bukan menjadi penghalang tersatukannya sisi kemanusiaa dan itulah Indonesia. Negeri yang kaya raya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia dari Sabang hingga Merauke. Persatuan ditengah perbedaan menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dahulu. Berdasarkan survey penduduk tahun 2010, tercatat jumlah suku bangsa yang ada di indonesia secara keseluruhan mencapai lebih dari 1.340 suku bangsa, 2.500 jenis bahasa daerah, 6 agama besar, dan 300 kelompok etnis.

 

Negara kita Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di negeri. Dengan kondisi gegrafis yang begitu luas, maka tak heran jika Indonesia memliki beragam suku dan budaya. Kekayaan Indonesia tidak hanya dari sumber daya alam yang melimpah ruah, namun kekayaan budaya yang begitu majemuk menjadi salah satu pemersatu bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada suku Jawa, Madura, Betawi, Batak dan masih banyak lagi suku lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Untuk itulah, kita sebagai warga negara Indonesia, harus menghormati setiap suku yang ada di nusantara. Karena bisa jadi setiap suku memiliki kebudayaan yang berbeda dengan budaya suku kita, atau bahkan bertentangan dengan adat budaya kita. Namun kita harus menyadari bahwa itulah kekayaan sesungguhnya dari bangsa kita Indonesia. Kita tidak boleh mencela adat suku lain hanya karena berebeda dengan budaya kita.

 

Keragaman merupakan suatu kondisi pada kehidupan masyarakat. Perbedaan seperti itu ada pada suku bangsa, agama, ras, serta budaya. Keragaman yang ada di Indonesia adalah kekayaan dan keindahan bangsa indonesia. Pemerintah harus bisa mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju indonesia yang lebih baik.

 

Keberagaman bangsa Indonesia dapat dibentuk oleh banyaknya jumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di berbagai pulau dan wilayah di penjuru indonesia. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri pada aspek sosial dan budaya. Menurut penelitian badan statistik auat BPS, yang di lakukan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa.

Keberagaman yang ada pada masyarakat, bisa saja menjadi tantangan hal itu disebabkan karena orang yang mempunyai perbedaan pendapat bisa lepas kendali. Munculnya perasaan kedaerahan serta kesukuan yang berlebihan dan dibarengi tindakan yang dapat merusak persatuan, hal tersebut dapat mengancam keutuhan NKRI. Karean itu adanya usaha untuk dapat mewujudkan kerukunan bisa dilakukan dengan menggunakan dialog dan kerjasama dengan prinsip kesetaraan, kebersamaan, toleransi dan juga saling menghormati satu sama lain.

Keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kondisi negara kepulauan

2. Letak strategis wilayah Indonesia

3. Perbedaan kondisi alam

4. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

5. Keadaan transportasi dan komunikasi

 

Cara Menyikapi Keragaman Yang Ada Di Indonesia

Kita sebagai warga negara indonesia yang tinggal diantara banyaknya perbedaan tentu harus dapat mengetahui bagaimana cara untuk menyikapi perbedaan tersebut baik perbedaan suku, kebudayaan, maupun agama. Berikut adalah contoh sikap positif yang dapat kita lakukan untuk menyikapi keberagaman yang ada di Indonesia.

  1. Cara menyikapi perbedaan suku
    Indonesia terdiri atas 1.340 suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, tentu saja ada perbedaan diantara setiap suku baik kepercayaan yang dianut dan kebudayaan. Oleh karena itu kita perlu tahu bagaimana cara menyikapi perbedaan tersebut.
    Tidak semua suku berada pada tempat asalnya masing-masing, pasti sudah banyak orang dengan suku tertentu merantau ke daerah lain.

Contoh : misalnya Santi merupakan orang dengan suku Sunda lalu ia merantau ke daerah Pulau Kalimantan yang orang-orangnya bersuku Dayak. Tentu saja kita harus tahu bagaimana menyikapinya.

Berikut cara menyikapi perbedaan suku :

  • berlaku ramah lah pada orang yang berbeda suku dengan kita
  • jangan langsung menyalahkan perbedaan bahasa jika terdapat kata yang berbeda antara bahasa daerah kita dan daerah lain.
  • cobalah untuk saling bercerita tentang suku masing-masing agar lebih paham mengenai suku satu sama lain
  • berlaku hormat pada setiap orang yang berbeda suku
  1. Cara menyikapi perbedaan kebudayaan
    Indonesia terdiri dari beragam kebudayaan.berikut cara yang bisa dilakukan untuk menyikapi perbedaan kebudayaan :
  • saling menghargai kebudayaan satu dengan kebudayaan lain
  • janganlah menomer satukan kebudayaan daerah sendiri
  • cobalah untuk mempelajari kebudayaan lain
  • janganlah mencela perbedaan antar kebudayaan
  1. Cara menyikapi perbedaan agama
    Indonesia terdiri dari 6 agama utama yang hidup saling berdampingan untuk itu kita harus mengetahui bagaimana cara menyikapi perbedaan agama yang ada di indonesia:
  • menghormati setiap orang yang keyakinannya berbeda dengan kita
  • bersikap toleransi antar umat beragama
  • menghargai perbedaan cara beribadah setiap agama
  • jangan membeda-bedakan orang yang menganut agama bukan seperti agama yang kita anut
  • hidup saling berdampingan dan saling tolong menolong
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow