999 +
0
48
0
Teknik untuk Memasak Sayur Lodeh, Berikut Resep Bahan dan Cara Pembuatan
1 month 'ago'

Sayur lodeh adalah salah satu jenis sayur yang sering disajikan oleh ibu rumah tangga. Meskipun sayur ini terbilang cukup sederhana tetapi rasanya begitu menggugah selera. Sayur ini biasanya terdiri dari komposisi sayuran yang sangat beraneka ragam. Dimana biasanya masing-masing ibu rumah tangga selalu menggunakan sayur yang berbeda-beda dan sesuai dengan selera masing-masing.

Dan memang pada kenyataannya sayur ini memiliki variasi yang begitu beragam sesuai dengan daerah masing-masing. Namun meskipun begitu yang menjadi persamaannya yaitu dimana sayur ini selalu menggunakan salah satu komponen yang sama yaitu menggunakan santan. Gurih dan enak dari sayur ini akan membuat semua orang yang melihatnya menggoyangkan lidah. Oleh sebab itu, bagi anda semua yang sudah merasa bosan dengan sayur yang itu-itu saja ketika disajikan di meja makan, maka untuk sekarang ini tidak ada salahnya jika anda mencoba menyajikan sayur yang satu ini. Selain enak sayur ini akan menambah nafsu makan keluarga tercinta di rumah.

Bahkan tidak hanya itu, sayur ini juga memiliki begitu banyak manfaat kesehatan karena pada dasarnya sayur ini terdiri dari sayuran yang berguna untuk kesehatan tubuh. Untuk mandapatkan sayur yang satu ini anda tidak usah bingung lagi, karena kini banyak sekali pedagang yang menjajakan sayur ini di dalam menu dagangannya. Namun, dibandingkan harus membelinya alangkah baiknya anda membuat sendiri di rumah. Karena memang bahan dasar dan cara membuatnya pun sangatlah sederhana sekali. Bahkan mungkin hampir semua ibu-ibu rumah tangga mengetahui resep sayur yang nikmat ini. Nah, untuk anda yang masih bingung dalam membuat sayur yang satu ini untuk sekarang jangan merasa khawatir lagi. 

Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan sayur lodeh hasil kreasi Dendoy Lestari yang dimuat di cookpad.

Bahan-bahan

Satu ikat kacang panjang, satu bungkus tempe, dua buah terong ungu, dua lembar daun salam, satu buah serai, satu ruas lengkuas (geprek), dua  buah cabai hijau (iris), lima buah cabai rawit (iris), dua buah cabai merah (iris), satu sdm garam, satu sdt gula pasir, satu sdt kaldu jamur (optional), 500 ml santan, enam siung bawang merah, empat  siung bawang putih, satu sdt ketumbar, dia buah kemiri.

Langkah-Langkah:

- Bersihkan dan potong-potong bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, serta ulek bumbu halus

- Panaskan minyak, tumis bumbu halus lalu masukka lengkuas serai dan daun salam aduk hingga wangi lalu masukkan santan dan aduk hingga rata

- Masukkan bahan-bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, lalu masukkan irisan cabai, tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Setelah itu, cek rasa dan tunggu hingga matang.

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow