Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Kerajinan Bahan Lunak dan Contoh

Kerajinan Bahan Lunak dan Contoh

- Jumat, 04 Desember 2020 | 14:00 WIB
Kerajinan Bahan Lunak dan Contoh

Bahan lunak merupakan suatu benda yang memiliki sifat yang lunak. Bahan tersebut memiliki tekstur lunak yaitu disebabkan bahan dasarnya berupa bahan yang lunak. Bahan lunak dapat dibentuk sesuai yang ingin dinginkan oleh pembuat. Bahan lunak seperti ini biasanya digunakan  untuk membuat patung, asbak dan lain lainnya.

Macam Macam Bahan Lunak

  • Bahan lunak alam, yaitu bahan lunak yang berasal dari alam tanpa adanya campur tangan dengan bahan kimia. Contoh tanah liat dan kulit 
  • Bahan lunak buatan, yaitu bahan lunak yang dibuat dengan mencampur beberapa bahan kimia. Contoh sabun

 

Jenis Jenis Bahan lunak

  • Tanah liat, yaitu tanah yang memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah dibentuk. Tanah liat bersifat lunak karena memiliki kadar air didalam tanah tersebut
  • Sabun. Sabun biasanya digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Sabun akar diukir dan dibentuk yang ingin dibuat
  • Kulit, yaitu bahan alam yang memiliki sifat yang lunak. Kulit berasal dari hewan. Kulit dibuat kerajinan seperti gantungan kunci
  • Gips, yaitu bahan yang lunak, tetapi lama kelamaan akan mengalami pengerasan

 

Ciri Ciri Dan Karakter Kerajinan Lunak

  • Memiliki corak pada kerajinan bahan lunak
  • Memiliki bentu yang bagus dan bermacam macam
  • Memiliki tekstur yang halus dan licin
  • Berasal dari alam

 

Contoh Kerajinan Bahan Lunak

1. Kerajinan Bahan Lunak Menggunakan Lilin

Untuk yang pertama ini merupakan kerajinan yang menggunakan bahan dasar lilin. Dalam pembuatannya pun juga tergolong cukup mudah dan sangat sederhana sehingga setiap orang pun bisa melakukannya. Lilin ini memang bisa mencair dan hanya perlu adanya tempat untuk mencetak sehingga memiliki bentuk yang unik.

2. Kerajinan Berasal dari Gips

Nah, untuk yang kedua ini adalah kerajinan bahan lunak yang berasal dari bahan gips. Gips ini sendiri ialah bahan mineral yang pada saat sudah dipadatkan tidak akan mudah bisa larut di dalam air. Agar bisa membentuk kerajinan yang sesuai dengan keinginan maka kita pun harus dicairkan. Tips ini memiliki beberapa zat yang berjenis hidrat kalsium sulfat di antaranya ialah karbon, kemudian borat, adanya kandungan nitrat, kemudian sulfat dan lain sebagainya.

Sebetulnya dalam pembuatan kerajinan yang menggunakan bahan gips akan memerlukan cetakan. Cetakan tersebut adalah silicone rubber yang akan memudahkan gips membentuk kerajinan yang indah dan juga cantik.

3. Kerajinan Bahan Lunak yang Terbuat dari Sabun

Untuk yang ketiga ini adalah kerajinan yang menggunakan sabun batangan sebagai bahan dasarnya. Dimana sabun ini dapat diukir menjadi bentuk yang unik dan juga indah. Untuk kerajinan dari sabun memang bisa dilakukan dengan dua cara yang pertama ialah dengan mengukir sehingga bisa membentuk sesuai keinginan. Dan yang kedua sabun terlebih dahulu dicairkan.

Caranya ialah Anda harus memarut sabun agar bisa menjadi bubuk lalu dicairkan dengan air yang juga dicampur dengan sagu. Setelah semuanya teraduk menjadi adonan maka anda bisa membentuk kerajinan yang sesuai dengan keinginan Anda.

4. Kerajinan dari Kertas Bubur

Untuk pembuatan kerajinan yang berasal dari bubur kertas memang terbilang cukup mudah bahkan tidak memerlukan banyak biaya. Umumnya kerajinan yang menggunakan bubur kertas ini kerap kali dilakukan untuk tugas dari anak sekolah. Banyak sekali kerajinan yang bisa dibuat dari bubur kertas seperti tempat penyimpanan pensil.

5. Kerajinan Bahan Lunak yang Berasal dari Clay

Polymer clay adalah salah satu tanah liat yang bisa mengeras di mana kandungan dari polymer clay terdapat pvc. Polymer clay ini sedikit tersedia dalam berbagai macam warna sehingga kerap kali digunakan untuk membuat kerajinan seperti boneka ataupun patung.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya