999 +
0
16
0
5 Cara Resize Foto Tanpa Menggurangi Kualitas
1 month 'ago'

Biasanya ukuran gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera cukup besar. Ini menjadi probelamtika tersendiri ketika hendak menguploadnya ke sosial media. Alhasil, cara resize harus dilakukan demi menghasilkan ukuran foto yang diinginkan. Sebenarnya cara resize foto tidaklah sesulit yang kita bayangkan.

5 Cara Resize Foto Tanpa Menggurangi Kualitas

jalantikus.com

Apalagi, saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang mampu merubah ukuran foto. Baik mengecilkan atau membesarkan tanpa mengurangi kualitas, alias tidak pecah. Nah, berikut ini kami akan menguraikan caranya.

1. Resize Via Microsoft Office Picture Manager

Bagi kamu yang belum memiliki software photos editor, lakukanlah cara resize foto menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Namun, sebelumnya kamu harus menginstallnya terlebih dahulu baik pada laptop maupun PC. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Klik kanan pada foto yang hendak kamu resize
  • Pilih open with
  • Klik pada Microsoft Office Picture Manager
  • Selanjutnya sesuaikan ukuran dengan yang kamu inginkan
  • Jika sudah, masuk ke menu file dan save foto yang telah kamu resize

2. Menggunakan Aplikasi Photoshop

Cara resize foto menggunakan aplikasi Photoshop terlihat agak sedikit rumit. Namun, dengan aplikasi ini, kamu bisa memperbesar ukuran foto pun mengecilkannya menggunakan format PNG maupun format lainnya. Sebenarnya langkah merisze foto dengan aplikasi ini tidaklah rumit kok. Hanya saja aplikasi Photoshop memang memiliki banyak tools. Bagi kamu yang ingin tahu cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb dengan Photoshop, ikuti langkahnya berikut ini, yuk.

  • Pertama-tama tentunya kita harus membuka aplikasi Photoshopnya terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke menu file, klik open, dan masukkan gambar yang ingin kamu resize.
  • Setelah itu, klik file lagi, pilih export, dan ketuk opsi Save for Web.
  • Jangan lupa perhatikan menu yang muncul pada pop-up setelahnya. Untuk menu preset, pilih ‘JPG medium’, sedangkan menu Quality pilih ‘medium quality’ saja. Barulah ubah ukuran foto pada menu medium Image Size. Klik OK dan simpan.

3. Menggunakan Aplikasi Paint pada Laptop

Kalau kamu ingin melakukan resize foto tanpa menggunakan aplikasi, kamu bisa kok memanfaatkan perangkat Windows seperti aplikasi Paint. Jika dibandingkan dengan Adobe Photoshop, cara resize menggunakan aplikasi Paint terbilang sangat mudah.

  • Langkah yang pertama, buka aplikasi Paint yang ada pada laptop maupun PC, kemudian klik menu file. Kemudian lanjut dengan memilih opsi open, lalu cari foto yang ingin kamu ubah ukurannya.
  • Klik tombol resize pada toolbar, lalu ubah ukuran foto sesuai dengan kebutuhanmu. Klik OK dan simpan foto tersebut.

4. Lit Photo

Bagi kamu yang malas me-resize foto menggunakan laptop, tenang saja, smartphone yang kamu miliki ternyata bisa juga kok melakukan resize foto. Yakni dengan menggunakan aplikasi bernama Lit Photo. Tentunya untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Selain Lit Photo, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Resize Photo & Picture. Aplikasi kompres foto ini sama-sama bisa mengatur ukuran foto seperti resize jpg to 100kb atau kompres foto 200kb. Bahkan, kamu bisa menggunakannya untuk cropping juga, loh. Berikut ini cara mengecilkan ukuran foto di hp.

  • Unduh aplikasi Lit Photo pada ponselmu. Jika sudah, klik menu resize photo yang terletak pada halaman utama. Ketika muncul permintaan izin, maka tap ‘izinkan’.
  • Kemudian atur ukuran foto sesuai dengan kebutuhan, scroll ke bawah lalu cek kualitas fotonya, kemudian klik OK.
  • Tunggu sampai proses resize selesai, maka secara otomatis foto akan tersimpan pada ponselmu.

5. Resize Melalui Situs Online

Selain menggunakan aplikasi, ada cara lain untuk me-resize foto, yaitu secara online. Cara resize foto ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tak ingin repot menggunakan aplikasi pada ponsel atau konputer. Di internet tersedia banyak sekali situs-situs yang bisa kamu akses untuk me-resize gambar secara online. Dan tentunya semua dapat kamu akses dengan cuma-cuma alias gratis.

Namun, yang kamu butuhkan hanyalah internet yang stabil. Cara resize gambar secara online ini pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal memasukkan gambar atau foto yang ingin kamu resize ke situs-situs tersebut dan situs itu akan me-resizenya sesuai dengan permintaanmu. Nah, berikut beberapa situs yang dapat menjadi pilihanmu untuk me-resize gambar tanpa mengurangi kualitas

TinyPNG atau TinyJPG

Situs yang satu ini merupakan cara resize foto paling mudah dan cepat. Secepat-cepatnya situs ini, tapi tetap saja memiliki kekurangan, yakni tidak memiliki fitur pengaturan ukuran, sehingga kamu tidak bisa resize foto 3×4 online melalui laman ini. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi browser pada laptop, lalu akses situs TinyPNG.
  • Pada laman utama, klik ikon upload dan unggah gambar yang ingin kamu reszie.
  • Jika gambar sudah kamu masukkan, maka secara otomatis situs tersebut akan mengidentifikasi file dan melakukan resizing.
  • Klik donwload untuk menyimpan gambar.

Compressnow

Cara resize foto secara online selanjutnya yaitu dengan membuka situs Compressnow. Dengan situs ini, kamu bisa menentukan secara manual besaran file yang kamu mau. Contohnya, ukuran foto dengan resolusi 3088×2056 px (2,819 MB) dapat kamu compres hingga 52% untuk menghasilkan resolusi yang sama (3088×2056 px). Namun, untuk menghasilkan file menjadi 289kb, secara kualitas memang sedikit berbeda, akan tetapi jika melihat secara kasat mata maka akan terlihat seperti kualitas aslinya.

iLoveIMG

Pada situs yang berikut ini, iLoveIMG menawarkan beragam tool menarik. Mulai dari mengedit gambar, compress, hingga resize. Perlu kamu ingat, bahwa kamu bisa mengkompres sejumlah file bersamaan dengan iLoveIMG. Dan kamu dapat melakukannya dengan sangat mudah, loh.

  • Pertama-tama pilihlah file yang ingin kamu kecilkan. Kamu dapat melakukannya dengan klik tombol select image.
  • Setelah itu, barulah klik compress image. File gambar akan langsung terunduh ke komputer atau smartphone ketika prosesnya selesai.

Resize Photos

Seperti namanya, Resize Photos adalah salah satu resizer gambar berbasis wesiter terbaik yang bisa kamu gunakan. Pada dasarnya, situs ini adalah web gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengubah ukuran dan mengkompres gambar secara online. Selain itu, Resize Photos juga memungkinkan kamu untuk menerapkan efek seperti border, refleksi, bayangan, keterangan gambar secara sederhana

Imageoptimizer

Dengan menggunakan layanan dari website ini, ketika menguggah gambar, kamu akan menemui pilhan untuk resize gambar serta rasio yang digunakan sesuai dengan keinginan. Dengan cepat, website berbasis aplikasi ini akan mengkompresi gambar sesuai pengaturan yang telah kamu tentukan tanpa mengurangi kualitasnya.

Cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb atau memperbesar ukurannya tak lagi jadi masalah, apalagi jika kamu bisa memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang tersedia dari aplikasi maupun situs yang telah kami sebutkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjawab keresaanmu selama ini, ya. Selamat mencoba!

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow