Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Reklame Poster

Reklame Poster

- Jumat, 23 Oktober 2020 | 06:34 WIB
Reklame Poster

POSTER

Ikuti video materi pada link berikut:

LINK VIDEO MATERI PEMBELAJARAN POSTER

  1. Pengertian Poster

Poster adalah pengumuman atau iklan dalam bentuk gambar, atau tulisan berisikan himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu dan biasanya ditempelkan di dinding atau tempat-tempat strategis yang sering dilalui banyak orang dan mudah terbaca.

Poster sifatnya untuk mencari perhatian banyak orang, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa, kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.

 

  1. Fungsi Poster

Fungsi dari poster adalah untuk membuat pembaca tertarik terhadap informasi yang tertuang dalam poster. Dengan poster yang dibuat dengan perpaduan warna, gambar dan kata yang dibuat menarik diharapkan para pembaca peduli dengan isi yang ingin disampaikan pembuat poster.

Untuk lebih jelasnya, kurang lebih inilah beberapa fungsi poster;

  1. Fungsi poster adalah untuk menyampaikan informasi.
  2. Fungsi poster adalah media promosi barang ataupun jasa.
  3. Sarana bagi para desainer grafis untuk berkreativitas.

 

  1. Tujuan Poster

Poster bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.

Tujuan poster contohnya:

  1. Masyarakat menjadi tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Misalnya kegiatan bazaar, donor darah, peringatan sumpah pemuda dll.
  2. Menjadikan produk atau jasa kita dikenal dan digunakan oleh masyarakat.
  3. Mengingatkan masyarakat tentang hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya ajakan untuk memakai masker di masa covid 19, tertib berlalu lintas, datang ke posyandu dll.
  4. Mengingatkan masyarakat agar menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Misalnya berhenti  merokok, membuang sampah sembarangan.

 

  1. Ciri-ciri Poster

Ciri ciri poster, antara lain:

  1. Langsung menarik perhatian ketika terlihat orang
  2. Menggunakan bahasa yang padat, singkat, jelas dan mudah dipahami.
  3. Mengandung kalimat-kalimat persuasif atau bersifat ajakan.
  4. Menggunakan gambar/sketsa/lukisan dan perpaduan warna
  5. Dapat meninggalkan kesan meskipun dibaca sambil berlalu.
  6. Isi tidak bertele tele
  7. Dipasang pada permukaan yang rata dan di lokasi yang strategis di tempat umum.
  8. Terdiri dari huruf, angka, simbol, gambar atau perkombinasiannya.
  9. Didesain di atas sebuah kertas atau kain

 

  1. Syarat-syarat poster

Sebuah poster harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya sebagai berikut.

  1. Bahasa atau kalimat yang digunakan harus sederhana supaya mudah dipahami oleh masyarakat.
  2. Kalimat pada poster harus singkat, padat, dan jelas.
  3. Merupakan kombinasi antara gambar yang menarik dengan tulisan yang padat informasi.
  4. Memiliki desain yang menarik agar masyarakat tertarik membaca.
  5. Poster harus dipajang di tempat-tempat yang dilalui banyak orang.
  6. Poster harus berukuran besar agar dapat dibaca dan dilihat banyak orang.
  7. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan poster harus mempunyai kualitas baik agar poster tidak cepat pudar atau rusak.

 

  1. Jenis-jenis poster
  1. Berdasarkan isinya
  1. Poster Layanan Masyarakat

Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti psoter layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

  1. Poster Niaga

Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

  1. Poster Kegiatan

Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

  1. Poster Karya Seni

Poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

  1. Poster Pendidikan

Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

  1. Berdasarkan tujuannya
  1. Poster Propaganda

Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau semangat kepada masyarakat umum. Biasanya supaya tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lain-lain, dapat dikatakan juga poster ini merupakan poster untuk mempenagruhi orang lain.

  1. Poster Kampanye

Poster yang biasanya sering muncul saat masa-masa pilkada atau pemilu, bertujuan untuk meraih simpati masyarakat sebanyak mungkin agar masyarakat memilihnya saat pemilu tiba.

  1. Poster Afirmasi

Poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang dapat mempengaruhi.

  1. Poster “Dicari”

Poster yang bertujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, misalnya poster perusahaan yang mencari pekerja, poster mengenai orang hilang dan lain-lain.

  1. Poster Film

Poster yang bertujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan ditayangkan dengan maksud supaya masyarakat tertarik untuk menontonnya.

  1. Poster Komik

Poster yang bertujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

  1. Poster “Cheesecake”

Poster yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum atau orang banyak, biasanya poster ini memuat gambar-gambar orang terkenal seperti selebriti, penyanyi dan lain-lain yang dapat menarik perhatian banyak orang.

  1. Poster Riset

Poster yang bertujuan untuk menginformasikan kegiatan penelitian “riset” kepada orang banyak, biasanya poster jenis ini serin g ditemui disekolah.

  1. Poster Komersial

Poster yang bertujuan mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, poster jenis ini sering disebut sebagai poster niaga.

  1. Poster Kelas

Poster yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada siswa, sering sekali poster ini kita lihat di dalam kelas-kelas yang ada di sekolah.

 

  1. Langkah-langkah membuat poster
    1. Tentukan Tema dan Tujuan

Tentukan judul atau tema dari poster yang akan dibuat apakah anda akan membuat poster pendidikan, poster kegiatan atau poster iklan kemasyarakatan. Pikirkan desain seperti apa yang akan dibuat untuk menarik perhatian orang.

Tentukan juga tujuan pembuatan poster, apakah anda ingin orang datang ke suatu acara, membeli produk anda atau mengajak orang untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu. Misalnya mengajak untuk hidup bersih atau mengajak orang berhenti buang sampah sembarangan.

  1. Merumuskan Pesan yang Ingin Disampaikan

Apalah gunanya membuat poster jika pesan yang ingin kita sampaikan tidak sampai dengan baik kepada para pembaca. Merumuskan pesan berguna agar kita tahu output apa yang ingin kita capai ketika orang membaca poster kita.

  1. Membuat Kata-Kata Menarik

Buatlah kata-kata singkat jelas padat yang dapat diingat orang secara langsung meskipun hanya dilihat sepintas. Bahasa yang digunakan pun jangan terlalu kaku dan formal. Gunakanlah bahasa sehari-hari sesuai dengan target pembaca anda. Gunakan bahasa persuasif atau yang sifatnya mengajak.

Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele yang tidak langsung mengarah pada inti pesan.

  1. Proses Pembuatan Poster

Gunakan gambar pendukung dan kombinasi pewarnaan pada tampilan poster, padukan dengan slogan yang telah kita rumuskan sebelumnya. Proses ini menuntut skill dari pembuat poster atau desainer grafis.

 

 

  1. Pemilihan Media

Setelah proses pembuatan poster selesai, selanjutnya poster harus dicetak pada kertas atau kain. Gunakan bahan yang tidak cepat pudar atau rusak.

Selain memilih media untuk pencetakan poster. Kita juga harus berpikir di media apa poster akan diletakan. Apakah di dinding, seng ataupun papan yang luas. Kemudian dimana poster akan diletakan apakah di persimpangan jalan, di gang-gang, di halte atau ditempat umum lain.

 

  1. Kelebihan dan kelemahan poster
  • Kelebihan Poster
  1. Dapat membantu guru dalam menyampaikan pelajaran dan membantu peserta didik belajar.
  2. Menarik perhatian, dengan demikian mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar.
  3. Dapat dipasang atau ditempelkan dimana-mana,sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
  4. Dapat menyarankan  perubahan tingkah laku kepada peserta didik yang melihatnya

 

  • Kelemahan Poster
  1. Sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang yang melihatnya
  2. Karena tidak adanya penjelasan yang terperinci, maka dapat menimbulkan interpretasi yang bermacam-macam dan mungkin merugikan.
  3. Suatu poster akan banyak mengandung arti atau makna kalangan tertentu, tetapi  dapat juga menarik bagi kalangan yang lainnya.
  4. Bila pooster terpasang lama di suatu tempat, maka akan berkuurang nilainya, bahkan akan membosankan orang yang melihatnya.

 

Cari Artikel Lainnya