Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » Ringkasan Materi Lompat Jangkit

Ringkasan Materi Lompat Jangkit

- Jumat, 11 Maret 2022 | 13:00 WIB
Ringkasan Materi Lompat Jangkit

Lompat jangkit adalah cabang olahraga atletik dimana atlet mengkombinasikan kecepatan, kekuatan dan kelincahan untuk melemparkan dirinya sejauh mungkin dari titik mula. Sama seperti lompat jauh, kedua olahraga ini disebut "lompat horisontal". 

Olahraga lompat jangkit ialah salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade modern pertama di Yunani pada tahun 1896 dan dimenangkan oleh James Connoly.

Lompat jungkit ini adalah sebuah lompatan yang melibatkankan 3 gerakan yaitu jingkat (hop), langkah (step) dan melompat (jump). Sekilas lompat ini memang mirip dengan lompat jauh, bedanya kalau lompat jauh hanya satu fase (gerakan) yakni satu lompatan ke bak pasir.

Baca juga:

Senam Irama Menggunakan Gada

Sejarah dan Teknik Dasar dalam Permainan Catur

Teknik Pencegahan dan Penanganan Cedera Olahraga

Sampai saat ini belum ada ulasan sejarah tertulis mengenai lompat jangkit yang valid dan lengkap. Dilihat dari banyaknya sumber, terdapat sejarah perlombaan olimpiade kuno yang mengusung cabang lompatan.

Pada saat itu sejarawan menyimpulkan bahwa lompatan itu ialah hasil rangkaian dari beberapa lompatan yang menjadi dasar lompat jangkit itu sendiri. Namun hal ini tidak menjadi bukti bahwa lompat jangkit ada dalam olimpiade kuno.

Sejarah singkatnya, olahraga lompat jangkit tercatat sebagai bagian olimpiade perdana di Athena. Nah, pada saat itu teknik yang digunakan masih dua hops di kaki yang sama, kemudian diikuti dengan gerakan melompat.

Teknik Lompat Jangkit

Teknik lompat jangkit sebetulnya hampir sama dengan teknik lompat jauh. Perbedaannya terletak pada lompat jangkit sebelum melakukan tolakan. Pada lompat jangkit ketika melompat didahului dengan melakukan tolakan untuk berjingkat dan melangkah.

Seluruh teknik dasar lompat jangkit diurutkan menjadi tahap-tahap sebagai berikut ini:

  1. Lari awalan (approach)

  2. Lompatan pertama (jingkat:hop)

  3. Lompatan kedua (langkah:step)

  4. Lompatan ketiga (lompatan:jump)

1. Gerakan Awalan (Approach)

Teknik awalan lompat jangkit diawali dengan mengambil ancang-ancang sekitar 10-20 langkah yang disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Langkah tersebut setara dengan jarak 45 meter menuju papan tolakan pertama yaitu Hop. Tujuan awalan lompat jangkit tentunya agar mendapatkan kecepatan ketika melompat.

Sebelum melakukan ancang-ancang, atlet memulai persiapan dengan cara start berdiri. Usahakan untuk selalu rileks, belajar mengatur nafas dengan baik, dan fokus pada papan tolakan. Ingat jika pengaturan kecepatan lari sangat menentukan keberhasilan untuk mencapai lompat yang sejauh-jauhnya.

Setelah siap, lakukanlah gerakan lari dengan kecepatan sedang dahulu. Setelah itu, usahakan kecepatan lari semakin cepat agar mendapatkan momentum lompatan yang bagus ketika akan melakukan tolakan.

Sebetulnya ketentuan umum dalam melakukan awalan ini dapat dimulai dengan berlari menggunakan langkah kaki yang jauh. Tujuannya apa? Tujuannya untuk mempersiapkan kaki melakukan tiga kali lompatan dengan jarak sejauh mungkin pada masing-masing lompatan.

2. Gerakan Jingkat (Hop)

Lompatan pertama (Hop) dilakukan dengan menggunakan kaki terkuat kalian untuk melakukan tolakan. Selain itu, jika kalian menggunakan kaki terkuat sebelah kanan. Maka, mendaratnya dengan kaki kanan lagi. Bentuk gerakan inilah yang dinamakan dengan berjingkat (hop). Hal itu juga dimaksudkan agar menghasilkan jarak lompat yang jauh.

3. Gerakan Langkah (Step)

Tolakan kedua pada tahap step ini dapat dilakukan dengan menggunakan kaki yang sama pada tolakan pertama yakni kaki terkuat. Sederhananya pada saat melayang segera kaki satunya (kiri misalnya) diayunkan dari belakang kedepan atas. Lakukan hal itu bersamaan dengan kaki kanan ditolakkan keatas ke depan.

4. Gerakan Lompat (Jump

Pada tahapan lompat (jump) kaki terkuat tetap digunakan untuk melakukan tolakan. Singkatnya, begitu kaki kalian mendarat, usahakan kaki langsung melakukan tolakan ke arah depan dengan membungkukkan badan agar condong ke depan.

Kenapa harus dibungkukkan? Alasan agar tubuh tidak terlalu banyak bergesekan dengan udara yang akan mengurangi jarak lompatan, dan tubuh siap untuk mendarat tanpa resiko jatuh kebelakang.

5.Mendarat

Cara untuk melakukan pendaratan lompat jangkit ada beberapa antara lain :

Saat akan mendarat kedua kaki diangkat atau dibawa ke depan lurus.

Usahakan badan dibungkukkan ke depan dan kedua tangan dari atas dibawa kedepan.

Mendarat dengan kedua kaki seperti mengeper, gerakan ini dapat dilakukan dengan cara membengkokkan kedua lutut.

Selanjutnya, berat badan dibawa kedepan supaya tidak terjatuh kebelakang, kepala ditundukkan dan kedua tangan kedepan.

 

Lapangan Lompat Jangkit

 ialah salah satu event yang dilombakan dari nomor lompat yang terdapat pada cabang olahr Nih Lompat Jangkit [LENGKAP]: Pengertian, Teknik, Sejarah, Lapangan, dan Peraturan


Adapun ukuran lapangan dalam lompat jangkit, sebagi berikut.

  • Lapangan untuk lompat jangkit panjang lintasan awalan minimal 40 meter diukur dari balok tumpu lompat jauh.

  • Lebar lintasan lompat 1,22 meter.

  • Jarak balok tumpu lompat jangkit berjarak 11 meter untuk putri, 13 meter untuk putra.

  • Panjang balok tumpu 1 meter dengan lebar 20 cm.

  • Daerah pendaratan atau kolam pasir berukuran 7-9 meter, dan lebar 2,75 meter.

 

Peraturan Lompat Jangkit

Ada beberapa peraturan dalam lompat jangkit, yaitu sebagai berikut:

  1. Melompat sebelum balok tumpuan, tetap sah.

  2. Pada tolakan kaki pertama harus mendarat pada kaki yang lain.

  3. Pada tolakan kedua, harus mendarat pada kaki yang lain juga.

  4. Bila pelompat sedang melaksanakan lompatan dan menyentuh tanah dengan kaki ayun, hal ini dianggap melanggar.

  5. Biasanya diberikan giliran melompat 1,5 - 2 menit.

  6. Pengukuran dalam lompat jangkit dilakukan oleh juri pengukur biasanya berjumlah 2 (dua) orang.

 

Peralatan Lompat Jangkit

Dalam olahraga ini, pastinya juga diharapkan peralatan-peralatan penting lainnya selain kostum atlet. Berikut ini beberapa peralatan yang digunakan dalam pertandingan lompat jangkit:

  1. Lapangan lompat jangkit

  2. Peluit untuk aba-aba

  3. Pengeras bunyi untuk memanggil atlet dan juga mengumumkan hasil lompatan.

  4. Alat pengukur lompatan

  5. Kamera pemantau lompatan

  6. Alat pengukur kecepatan angin

  7. Alat untuk meratakan pasir

  8. Bendera juri

Sumber :
Cari Artikel Lainnya