Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Apa Manfaat daun kelor untuk wajah?

Apa Manfaat daun kelor untuk wajah?

- Selasa, 01 Desember 2020 | 10:00 WIB
Apa Manfaat daun kelor untuk wajah?

Meski berukuran kecil, manfaat daun kelor ternyata sangat banyak untuk kecantikan dan kesehatan. Dalam dunia herbal, daun kelor atau Moringa oleifera adalah tanaman yang telah teruji manfaat kecantikan dan kesehatannya selama ribuan tahun.

Karena manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan begitu besar, maka tanaman asli India ini telah tersebar hingga Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Polifenol dalam daun kelor memiliki sifat melawan kanker.

Selain itu, daun kelor dapat mengurangi risiko, seperti penyakit jantung dan diabetes. Sementara manfaat daun kelor untuk kecantikan di antaranya memperlambat efek penuaan.

Manfaat daun kelor bisa didapatkan dari ekstrak daun yang telah diolah jadi kapsul. Ada juga yang mendapatkan manfaat daun kelor dengan menyeduh seperti teh atau memasaknya sebagai sayur.

Daun kelor berbentuk bulat lonjong. Ukurannya yang kecil-kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai.

Penelitian tentang manfaat daun kelor telah dimulai sejak tahun 1980. Namun, manfaat daun kelor untuk kecantikan dan kesehatan sudah dimulai sejak ribuan tahun di India.

Maka tidak heran jika manfaat daun kelor telah menarik perhatian WHO. Badan Kesehatan Dunia ini bahkan menganjurkan anak-anak dan bayi yang dalam masa pertumbuhan untuk mengonsuminya karena manfaat daun kelor yang luar biasa.

Di dalam selembar daun kelor mengandung beberapa vitamin, mineral dan nutrisi penting, di antaranya:

  • Potasium, jumlahnya tiga kali lipat dari pisang.

  • Kalsium, jumlahnya empat kali lipat dari susu.

  • Vitamin C, jumlahnya tujuh kali lipat dari jeruk.

  • Vitamin A, jumlahnya empat kali lipat lebih banyak dari wortel.

  • Protein, jumlahnya dua kali lipat dari susu.

Melihat begitu besarnya kandungan senyawa yang bermanfaat di dalamnya, maka WHO menobatkan pohon kelor sebagai 'miracle tree' atau pohon ajaib.

Hebatnya lagi, lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan & Cara Membuat Masker Daun Kelor

 

1) Menghilangkan Flek Pada Wajah

Salah satu manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah menghilangkan flek wajah. Cara membuat ramuan daun kelor untuk menghilangkan flek wajah ini cukup sederhana. Ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak). Daun kelor bisa menjadi pelembab alami, memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Di dalam daun kelor terdapat lebih dari 30 zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor kaya akan mineral dan asam amino yang bisa membantu produksi kolagen dan protein keratin, yang penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit di tubuh.

Cara lain untuk membersihkan flek di wajah dengan daun kelor:

  1. Campurkan 2 sendok makan kelor dengan madu hingga menjadi pasta.

  2. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada wajah.

  3. Lalu diamkan selama 15-20 menit.

  4. Setelah itu bersihkan wajah kembali dengan air biasa.

Perawatan ini dilakukan 2-3 kali dalam seminggu selama satu bulan. Wajah akan menjadi lebih cerah dan flek pada wajah menghilang secara perlahan.

2) Menghaluskan Wajah

Manfaat daun kelor untuk kecantikan selanjutnya adalah menghaluskan wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat daun kelor secara langsung dengan membuat maskernya. Caranya, pilih daun kelor yang masih hijau dan segar. Haluskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta). Kemudian jadikan ramuan tersebut sebagai masker. Pasta daun kelor ini bisa disimpan selama 3 hari di dalam kulkas.

3) Memperlambat Efek Penuaan

Manfaat daun kelor untuk kecantikan berikutnya adalah memperlambat efek penuaan. Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal Ilmu dan Teknologi Pangan menguji manfaat daun kelor. Peneliti penasaran dengan kadar enzim antioksidan yang berharga dalam daun kelor. Mereka ingin menyelidiki apakah daun kelor bisa membantu memperlambat efek penuaan.

Studi yang melibatkan 90 wanita menopause antara usia 45-60 tahun dibagi menjadi tiga kelompok, yang diberikan berbagai tingkat suplemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan kelor dan bayam menyebabkan peningkatan senyawa antioksidan yang signifikan, yang berperan penting dalam memperlambat efek penuaan. Selain itu, manfaat daun kelor mampu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh secara alami.

4) Menyehatkan Kulit

Manfaat daun kelor berikutnya adalah untuk menyehatkan kulit. Daun kelor mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan kulit. Jika dijadikan sayur dan dikonsumsi tiap hari, daun kelor memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Daun kelor yang ditumbuk juga bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang bisa membuat kulit wajah semakin halus dan sehat. Daun kelor mengandung antibakteri alami, antijamur dan senyawa antiviral yang melindungi kulit dari infeksi. Manfaat daun kelor lainnya untuk kulit adalah mengurangi peradangan yang terkait dengan jerawat, mengobati infeksi atau abses, membantu menyembuhkan gigitan, luka bakar, dan kutil karena virus.

Demikian tadi manfaat daun kelor untuk kecantikan yang mungkin jarang diketahui. Selanjutnya, kita akan membahas manfaat daun kelor untuk kesehatan berikut efek sampingnya.

Cara Membuat Masker Wajah dari Daun Kelor

Daun kelor dipercaya bermanfaat baik bagi kulit wajah. Untuk membuat masker organik dari daun kelor, kamu hanya perlu menyiapkan daun kelor saja sebagai bahan utamanya.

Daun kelor diekringkan terlebih dahulu supaya kandungan air di dalamnya menjadi terserap. Kemudian tumbuk daun kelor yang sudah dikeringkan menjadi sangat halus. Saring serbuk daun kelor dengan ayakan supaya menghasilkan serbuk yang lebihh lembut lagi.

Serbuk halus inilah yang akan menjadi masker daun kelor yang siap digunakan. Campurkan 1 sendok makan serbuk daun kelor yang sudah halus dengan 3 sendok makan air. Aduk hingga merata, kemudian aplikasikan ke wajah kamu.

Cari Artikel Lainnya