999 +
0
28
0
Sering Dianggap Mistis, Ini 8 Manfaat Bunga Kantil
1 month 'ago'

Bunga dengan aroma yang khas ini, memiliki mitos tersembunyi. Bahkan, karena banyak tumbuh di area pemakaman, bunga kantil kerap dianggap sebagai bunga yang mistis, loh. Meski demikian, banyak yang belum tahu akan manfaat bunga kantil yang sangat banyak, baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

Sering Dianggap Mistis, Ini 8 Manfaat Bunga Kantil

corecto.id

Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut kami telah merangkum beberapa manfaat bunga kantil yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Meredakan Kecemasan

Menurut sejumlah penelitian, menggunakan produk dengan ekstrak bunga kantil dan phellodendron, dapat mengurangi perasaan negatif akibat gangguan kecemasan yang bisa muncul karena stres. Akan tetapi, penggunaannya tidak bisa meredakan gangguan kecemasan dalam jangka panjang.

2. Mengatasi Radang Gusi (Gingivitis)

Bunga dengan nama latin Magnolia Champaca ini, sangat bermanfaat untuk mengatasi radang gusi. Dengan mengunyah permen karet atau menyikat gigi menggunakan pasta yang mengandung bunga kantil, dipercaya dapat mengurangi perdarahan pun pembengkakan akibat radang gusi.

3. Menurunkan Berat Badan

Ada kabar bahagia nih buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Pasalnya, beberapa penelitikan menunjukkan, para perempuan dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi kombinasi ekstrak bunga kantil dan phellodendron, tidak mengalami peningkatan bobot sebanyak wanita yang tidak mengonsumsinya. Kelompok perempuan yang mengonsumsi ekstrak bunga kantil dan phellodendron tersebut, mengonsumsi lebih sedikit kalori. Mungkin, hal tersebut merupakan efek dari bunga kantil yang dipercaya mampu mengurangi stres akibat gangguan makan.

4. Meringankan Gejala Menopause

Sebuah penelitian tahap awal membuktikan, mengonsumsi produk tertentu yang mengandung bunga kantil, kedelai, dan bahan alami lainnya, mampu meringankan gejala menopouse berupa hot flashes. Selain itu, kualitas tidur pun akan meningkat.

5. Mengurangi Plak Gigi

Plak yang terdapat pada gigi terkadang membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Untuk menguranginya, bukanlah hal yang sulit, loh. Hanya dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak bunga kantil serta xylitol, dapat mengurangi sedikit plak gigi.

6. Mengatasi Vertigo

Tanaman herbal ini juga dapat mengobati sakit kepala akibat vertigo. Dimana vertigo sendiri merupakan kondisi di mana kepala terasa sangat sakit dan merasa sekelilingnya seperti berputar. Untuk mengatasi masalah vertigo dengan bunga ini, caranya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu merebus 5-7 kuntum bunga kantil kering dengan 500 ml air, rebuslah hingga airnya berkurang separuh. Kemudian jangan lupa disaring, air rebusan kantil sudah siap diminum.

7. Menyembuhkan Batuk

Manfaa bunga kantil berikutnya juga dapat menjadi salah satu ramuan obat batuk alami, loh. Caranya yakni dengan menyiapkan 5 kuntum bunga, jahe, dan kulit jeruk mandarin kering. Rebus semua bahan hingga airnya berkurang separuh. Setelah itu, saring lalu minum secara rutin agar batuk segera hilang. Nah, agar lebih sehat dan nikmat, kamu juga bisa mencampurkannya air rebusan tersebut dengan madu.

8. Mengurangi Bau Badan

Bau badan adalah sebuah hal yang membuat kepercayaan diri kita berkurang. Tapi jangan khawatir, masalah ini bisa dituntaskan dengan sangat mudah. Agar bau badan hilang, cukup rebus beberapa bunga herbal ini. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Selain untuk mandi, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara diminum. Jika digunakan secara rutin, aroma tak sedap pada tubuhmu akan hilang seketika.

Peringatan untuk Bumil dan Busui

Untuk para ibu hamil maupun sedang menyusui, mengonsumsi bunga kantil tidaklah dianjurkan, ya. Sebab, ada sejumlah laporan yang menyebutkan, mengonsumsi bunga kantil berisiko memicu kontraksi rahim, yang berujung pada keguguran.

Selain itu, belum ada temuan signifikan mengenai efek penggunaan bunga kantil selama masa menyusui. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan bunga kantil selama masa kehamilan maupun menyusui, untuk menghindari efek samping tersebut.

Peringatan Saat Akan Menjalani Operasi

Bunga kantil bisa memengaruhi respons sistem saraf pusat. Penggunaannya, apabila diikuti dengan pemberian anestesi maupun obat-obatan lain selama maupun sesudah operasi, bisa menurunkan kemampuan sistem saraf pusat secara drastis.

Selain itu, bunga kantil pun berisiko menghambat proses pembekuan darah, selama dan setelah operasi. Oleh karena itu, jangan gunakan bunga kantil dua minggu sebelum menjalani operasi apapun.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow