999 +
0
94
0
Apa itu Aquascape?
8 months 'ago'

Aquascape adalah suatu bentuk pembelajaran seni yang memungkinkan untuk menciptakan pemandangan bawah air, idenyapun tidak hanya dapat diambil dari pemandangan bawah air ( sungai,danau dan rawa). tapi pemandangan alami seperti pegunungan, hutan, lembah, gurun, air terjun dan lainnya juga bisa di gunakan. 

aquascaping contest

Merancang sebuah aquascape sangat menantang. Karena Aquascape melibatkan teknik dasar desain dan mengaplikasikannya ke dalam akuarium. Melihat referensi aquascape lain dapat membantu menentukan gaya dan susunan yang paling disukai. Untuk membantu proses desain anda, halaman ini memberikan beberapa referensi aquascaping yang menarik.

Menyusun Aquascape berbeda dengan susunan standar tanaman darat. Hal ini disebabkan karena beberapa tanaman air membutuhkan pencahayaan yang lebih banyak dan substrat bernutrisi untuk tumbuh. Dibawah ini terdapat beberapa parameter penting yang harus dipertimbangkan ketika menyusun aquascape. Aquascape dengan sedikit waktu pemeliharaan adalah yang paling diminati. Memanfaatkan sedikit CO2, sedikit penambahan pupuk dan pencahayaan dengan daya listrik yang rendah. Pengaturan rendah cahaya sangat menarik namun terbatas untuk sebagian kecil jenis tanaman saja, seperti Fern, Moss, Cryptocoryne dan Anubias. 

 Jungle Style Aquascaping 600x300

Berikut adalah komponen penting dalam dunia per-aquascapean sesuai dengan urutannya :

  1. Pencahayaan
  2. Karbondioksida ( Co2 )
  3. Substrat
  4. Pupuk Cair / Nutrisi
  5. Hardscape / Dekorasi ( Kayu/Batu )

Proses Aquascaping

Setelah penempatan substrat, memasangkan karbondioksida dan menyalakan pencahayaan, hampir selesai prosesnya. Dibawah ini ditampilkan desain dasar dari aquascaping.

 4f97e449cc55e
Gambar dari google

Sebelum dilanjutkan, perlu diingat bahwa faktor utama dari aquascaping adalah kesabaran dan imajinasi. Carilah inspirasi dari pekerjaan orang lain, sketsa-sketsa, model dan maket. Habiskan waktu untuk merencanakan aquascape yang menarik. Kamu akan menemukan bahwa tidak susah untuk membuat sesuatu yang menginspirasi. Ingatlah bahwa tidak ada yang kongkrit, jika anda mendesain sesuatu, ciptakan dan jika tidak disukai hancurkan dan bangun lagi sebanyak yang  inginkan hingga hasilnya memuaskan.

Ambilah inspirasi dari alam

Aquascaping terinspirasi dari pemandangan alam, bukit berumput, tebing berbatu dan kerikil sungai yang dibangun kembali. Dibawah ini adalah contoh foto dari alam yang dapat menginspirasi aquascape anda.

e

Gambar ini adalah batuan berbentuk menara dan pohon yang sama dengan gambar di awal halaman tadi. Pepohonan digantikan dengan foreground plant dan sungai digantikan dengan substrat dalam akuarium.

 d

Saluran di tengah dari gambar ini menjadi tema umum dari aquascape modern. Foto ini diambil di Iceland yang merupakan lokasi liar yang cantik yang dapat digunakan sebagai inspirasi aquascape. Tebing yang terjal dapat digantikan dengan batu yang dipenuhi dedaunan atau tanah.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow