999 +
0
182
0
Pembahasan Hukum Newton 1, 2, 3 dan Penerapannya
2 months 'ago'

Hai sobat otakers !

Seperti pembahasan sebelumnya, untuk melanjutkan materi terkait gaya kali ini kita akan membahas tentang Hukum Newton. Nahh pada pembahasan ini kalian akan menemui 3 hukum Newton yang mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing mendengarnya. Mari kita bahas satu persatu ya, bagaimana bunyi, penerapan dan rumus dari hukum newton ini...

 

Hukum Newton

Hukum newton adalah suatu hukum fisika yang menggambarkan hubungan antara suatu gaya yang diberikan pada benda yang bergerak. Hukum Newton ini awal dikemukakan oleh seorang ahli fisikawan yang bernama lengkap Potret Sir Isaac Newton (1643 – 1722). Karena dedikasinya ini nama Newton pun dijadikan sebagai nama dari Hukum yang ia temukan. Selain hukum Newton ini, Isaac Newton juga menemukan hukum gravitasi, gukum gerak, kalkulus, spektrun, serta teleskop pantul. Hukum Newton ini sangat penting ya otakers untuk dipelajari, karena hampir semua rumus fisika berhubungan dengan gerak mulai dari jarak ataupun ketinggian.

Hukum Newton memiliki 3 pondasi dasar, yang terbagi dalam Hukum Newton 1, Hukum Newton 2, Hukum Newton 3. Berikut ini pembahasannya :

 

Hukum I Newton

Hukum ini sering juga disebut sebagai hukum inersia (kelembaman). Hukum I Newton berbunyi “Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap”.

Penerapannya:

  1. Saat menaiki mobil yang bergerak cepat kemudian di rem penumpang akan terdorong kedepan.
  2. Menginjak gas ketika mobil berjalan dalam keadaan pelan akan mengakibatkan penumpang tercondong ke belakang.
  3. Jika meletakkan misalnya botol kaca yang berisi air di atas kertas kemudian kertas tersebut di tarik secara horizontal, maka koin tersebut akan tetap.

Baca Juga :

Konsep dan Rumus Gerak Lurus

Rumus Gaya Dalam Fisika

Hukum II Newton

Hukum ini berbunyi “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya

Penerapannya:

  • Menarik gerobak yang mengangkut pasir
  • Mobil yang sedang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbanding terbalik dengan massa mobil tersebut
  • Mengiring bola pada permukaan datar

 

Hukum III Newton

Hukum ini sering juga disebut dengan hukum aksi-reaksi. Hukum ini berbunyi “Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda yang di kenai gaya akan mengerjakan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan”.

Penerapannya:

  • Pada saat duduk pada kursi busa, berat badan akan menekan kursi kebawah sedangkan kursi akan menahan berat badan keatas.
  • Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang dikeluarkan dengan arah yang berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong untuk menjauhi dinding
  • Melempar bola pada dinding maka bola akan berbalik dengan kekuatan sama

 

 

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow