Home » Kongkow » Materi » Hukum Newton 1 2 3

Hukum Newton 1 2 3

- Minggu, 05 April 2020 | 18:00 WIB
Hukum Newton 1 2 3

Perlu anda ketahui bahwa hukum newton ada tiga biasanya di sebut hukum newton 1, newton 2 dan newton 3. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Hukum Newton

Hukum newton adalah tiga hukum fisika sebagai dasar mekanika klasik menggabarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda bergerak. Hampir semua rumus fisika berhubungan dengan gerak mulai dari jarak ataupun ketinggian. Sehingga hukum newton ini sangat penting dipelajari.

Hukum newton merupakan salah satu aturan yang diterapkan dalam ilmu fisika. Suatu benda yang bergerak tidak bisa di jelaskan dengan logika, tetapi jika menggunakan hukum newton dapat di hitung berapa kecepatan serta jaraknya.

Benda jatuh dari atas kebawah, atau perpindahan benda dari suatu titik ke titik lain dapat di artikan bahwa benda itu bergerak atau berpindah tempat.

Bunyi Hukum Newton

Hukum Newton 1

Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

Rumus Hukum Newton 1

Contoh Hukum Newton 1

  1. Saat menaiki mobil yang bergerak cepat kemudian di rem penumpang akan terdorong kedepan.
  2. Mobil berjalan keadaan pelan kemudian mendadak menginjak gas maka penumpang akan tercondong ke belakang.
  3. Jika meletakkan misalnya koin pada atas kain kemudian kain tersebut di Tarik secara cepat, maka koin tersebut akan tetap.

Hukum Newton 2

Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.

Rumus Hukum Newton 2

Contoh Hukum Newton 2

  1. Menarik gerobak mengangkut pupuk dari rumah ke lading
  2. Jika di tarik dengan gaya yang sama mobil-mobil yang masasanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada mobil-mobilan yang sama (massa sama) jika ditarik dengan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula.
  3. Mengiring bola pada permukaan datar

Hukum Newton 3

Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan.

BACA JUGA : 

Hukum Newton Soal dan Pembahasan

Hukum Gravitasi Newton Beserta Contoh dan Pembahasan

Macam-Macam Gaya Beserta Contoh, Jenis, dan Penjelasannya

 

Rumus Hukum Newton 3

Rumus hukum newton 3 ada tiga yaitu gaya gesek, gaya berat dan gaya sejenis.

Gaya Gesek

Gaya Berat

Gaya Sejenis

Contoh Hukum Newton 3

  1. Pada saat duduk pada kursi busa, berat badan akan menekan kursi kebawah, sedangkan kursi akan menahan berat badan keatas.
  2. Melempar bola pada dinding maka bola akan berbalik dengan kekuatan sama
  3. Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang kamu keluarkan tetapi arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding.

Contoh Soal

1. Sebuah balok bermassa 5 kg (berat w = 50 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika balok diam maka berapakah tegangan talinya?

Jawab:

Gaya-gaya yang bekerja pada balok seperti gambar di bawah ini, karena balok diam, maka berlaku hukum I Newton yaitu sebagai berikut.

Jadi, gaya tegangan tali yang bekerja pada balok tersebut adalah 50 Newton.

2. Benda bermassa 10 kg diikat tali dan dibentuk sistem seperti pada gambar (a) berikut ini. Jika sistem itu diam dan percepatan gravitasi g = 10 m/s2maka tentukan tegangan tali T1 dan T2!

​​​​​​​

Berat benda adalah sebagai berikut.

w = mg

w = 10 kg × 10 m/s2

w = 100 N

Dengan menggunakan metode analisis sama seperti pada contoh soal sebelumnya di mana diagram gaya ditunjukkan pada gambar (b), maka resultan gaya yang bekerja pada sistem ini adalah sebagai berikut.Demikian penjelasan mengenai hukum newton 1 2 3, penjelasan, bunyi, dan contoh. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya.

Cari Artikel Lainnya