Home » Kongkow » Materi » Hukum Gravitasi Newton Beserta Contoh dan Pembahasan

Hukum Gravitasi Newton Beserta Contoh dan Pembahasan

- Senin, 26 April 2021 | 12:00 WIB
Hukum Gravitasi Newton Beserta Contoh dan Pembahasan

Menurut sejarah, Hukum Gravitasi Newton ini berasal dari Newton yang pertama kali memperhatikan adanya sebuah peristiwa apel yang jatuh.

Kemudian Newton berpikir bahwa ada sesuatu di dalam bumi yang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan gaya tersebut juga membuat benda yang awalnya diam bisa mulai bergerak.

Bukan hanya itu saja, Newton bahkan menyadari apabila gaya tersebut juga menyebabkan bulan selalu dalam jarak yang dekat dari bumi.

Berawal dari sejumlah penemuan-penemuan bahkan pengamatan yang ia amati selama beberapa lama, maka ia pun menyatakan bahwa gaya ini adalah gaya gravitasi yang selalu terjadi di seluruh benda. Baik sejumlah benda yang ada di bumi bahkan benda yang berada di luar angkasa.

Bunyi dari Hukum Gravitasi Newton yang harus Anda ketahui dan juga berbunyi;

Setiap massa yang menarik massa yang lain dengan gaya segaris yang saling menghubungkan antara kedua inti massa dan juga besarnya gaya tarik yang terjadi akan berbanding lurus dengan perkalian dari kedua massa dan juga akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak diantara kedua titik massa tersebut

Atau dapat dituliskan dengan persamaan sebagai berikut :

Sedangkan untuk teori dari Hukum Gravitasi Newton saat ini sudah dikembangkan bahkan lebih jauh lagi. Sebagai contohnya adalah setiap benda di angkasa akan saling tarik menarik.

Teori ini akan memberikan penjelasan bahwa bumi yang terus berputar dan saling mengelilingi matahari untuk mengimbangi sebuah gaya tarik dari gravitasi bumi yang akan terjadi.

Selain itu, Newton juga membuat salah satu tulisan yang ada dalam Journal Philosophiae Naturalis Principia Mathematica di tahun 1687 ini menjelaskan jauh lebih detail tentang gaya gravitasi. Bahkan di dalam Journal yang Newton tulis, Anda juga bisa melihat adanya rumus dari gaya gravitasi Newton yang ia temukan.

Jadi, itulah yang bisa Anda ketahui dari salah satu Teolog terkemuka di seluruh dunia yang bahkan menemukan sebuah teori yang sangat bermanfaat yaitu Hukum Gravitasi Newton. Adanya informasi di atas pastinya akan menambah wawasan Anda semua terhadap gaya gravitasi yang terjadi di bumi dan juga di luar angkasa.

Contoh Soal :

Hitunglah besar gaya gravitasi yang terjadi antara bumi dan bulan. Berapakah percepatan bulan mengeliingi bumi? Diketahui massa bumi ma = 3 x 10kg, massa bulan mb = 6 x 1022 kg , dan jarak bumi ke bulan r ab = 6 x108m.

Penyelesaian

G = 6,67 x 10-11

Jadi berikut pembahasannya

Sehingga didapatkan Gaya Gravitasi Newton sebesar 20,01 x 103

Sumber :
Cari Artikel Lainnya