Home » Kongkow » Inspiratif » Kisah Colin Huang, Miliuner Termuda China Berharta Rp 296 T

Kisah Colin Huang, Miliuner Termuda China Berharta Rp 296 T

- Kamis, 28 November 2019 | 08:10 WIB
Kisah Colin Huang, Miliuner Termuda China Berharta Rp 296 T

Bisnis e-commerce terus mengalami peningkatan. Bila dilihat, hal ini nampak sangat nyata di negeri tirai bambu, China. Berkat bisnis e-commerce, miliuner baru pun bermunculan.

Sebut saja Colin Huang, berkat posisinya sebagai CEO perusahaan e-commerce Pinduoduo, kini dirinya menjadi salah satu orang terkaya di China. Usianya yang baru menginjak 39 tahun menjadikan Huang juga dinobatkan sebagai miliuner termuda di sana.

Seperti dikutip dari Forbes, Kamis (14/11/2019), Huang berada di nomor tujuh urutan orang terkaya di China. Pria jurusan ilmu komputer yang menyandang gelar master dari University of Wisconsin di Madison ini memiliki kekayaan bersih mencapai US$ 21,2 miliar atau Rp 296,8 triliun.

Huang mengawali karirnya pada tahun 2004 dengan bekerja di Google Amerika Serikat (AS). Setelah sebelumnya magang di Microsoft di Beijing dan Seattle.

Sebelum mendirikan Pinduoduo, Huang juga sempat mendirikan perusahaan game online Xinyoudi dan platform e-commerce online Ouku.com.

Perjalanan bisnis Huang sebagai pendiri e-commerce Pinduoduo tidak selalu berjalan mulus. Pada Juli 2018 e-commerce tersebut sempat dikritik atas dugaan penjualan produk palsu.

Namun di tengah kritikan tersebut, bisnisnya justru semakin berkembang. Pinduoduo berhasil mengumpulkan $ 1,6 miliar dalam IPO AS pada Juli 2018.

Ia membuktikan bahwa dirinya bisa bangkit dari masa-masa sulit. Baru berdiri pada tahun 2015, bisnisnya terus berkembang hingga menjadi salah satu e-commerce yang terbesar di Tiongkok.

Cari Artikel Lainnya