Home » Kongkow » Travel » Byur! Asyiknya Berenang Bersama Manta di Perairan Komodo

Byur! Asyiknya Berenang Bersama Manta di Perairan Komodo

- Senin, 07 Oktober 2019 | 19:24 WIB
Byur! Asyiknya Berenang Bersama Manta di Perairan Komodo

"Nanti kalau mantanya lewat jangan panik ya, mulutnya besar sekali soalnya," kata kru kapal Sipuliang, Wawan sesaat sebelum pemanang Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019 menyebur ke laut, Senin (30/9/2019).

Buat beberapa orang perkataan Wawan mungkin terdengar lucu tetapi ia tak bercanda. Umumnya wisatawan yang baru pertama kali ke perairan Taman Nasional Komodo bisa panik ketika dihampiri manta.

Manta Point, Perain TN Komodo merupakan lokasi yang banyak diincar oleh wisatawan. Salah satu yang khas di sini wisatawan dapat berenang atau menyelam bersama ikan pari manta atau Manta birostris, salah satu spesies ikan pari paling besar di dunia.

Saking besarnya manta, lebarnya bisa mencapai sampai tujuh meter dari ujung sirip satu ke sirip lain. Maka tak heran Wawan menyarankan wisatawan agar tidak panik.

Mulut manta sangat besar terutama ketika terbuka untuk menyantap plankton di sekitar. Sayangnya manta juga rawan menyedot plastik yang dikira makanannya.

Berenang bersama manta merupakan pengalaman unik. 

"Momen paling berkesan setelah lihat komodo adalah berenang bersama manta, karena baru pertama kali lihar dan besar banget," kata Agus salah satu pemenenangIndonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019.

Ketika manta berenang dengan tenang di bawah perut, memang ada sensasi menenangkan dan magis untuk digambarkan. Seakan waktu berhenti dan gerakan menjadi melambat. 

Saat berenang di Manta Point manta tidak akan menyentuh manusia walau ia menghampiri. Pastikan juga jangan menyentuh manta, ingatlah ini adalah biota laut yang liar.

Cari Artikel Lainnya