999 +
0
32
0
Kerjasama Internasional: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnya
2 months 'ago'

Kerjasama antar negara dapat dibedakan menjadi berbagai macam apabila dilihat dari beberapa karakteristik. Beberapa karakteristik yang menggolongkan kerjasama antar negara antara lain dari segi wilayah, dan dari segi jumlah anggotanya. Supaya lebih jelas, berikut ini merupakan jenis- jenis kerjasama antar negara:

Dari segi wilayahnya, kerjasama antar negra dibedakan atas:

    • Kerjasama regional, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara- negara yang berada di kawasan satu rumpun. Misalnya kerjasama yang dilakukan oleh negara- negara di kawasan Asia Tenggara.
    • Kerjasama Internasional, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh julukan negara- negara di dunia tanpa mengenal batasan wilayahnya.

Berdasarkan jumlah anggotanya, kerjasama antar negara dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut:

    • Kerjasama bilateral, yaitu kerjasama yang dilakukan antar 2 negara saja.
    • Kerjasama multilateral, yaitu bentuk kerjasama antar negara yang dilakukan oleh beberapa negara yang jumlahnya lebih dari 2 negara

Nah itulah penggolongan dari kerjasama Internasional yang sering dilakukan oleh negara- negara di dunia. Penggolongan tersebut dibagi menurut kategori jumlah anggotanya dan juga wilayah negara yang melakukan kerjasama. Pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui lebih dalam mengenai perjanjian internasional beserta apa saja yang ada di dalamnya.

Pengertian Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional adalah kerjasama yang melibatkan negara- negara di seluruh dunia atau sebagian besar dari negara di dunia. Kerjasama Internasional ini siaftnya umum, tidak terikat pada jumlah anggota, asal negara, rasa senasip sepenanggungan, atau syarat- syarat lainnya. Artinya, kerjasama internasional ini anggotanya tidak harus berasal dari wilayah tertentu, bahkan ketika negara semakin banyak yang bergabung, hal itu aka semakin baik. Sehingga dapat kita ketahui bahwa kerjasama internasional merupakan kerjasama yang dilakukan oleh banyak negara dan tidak ada persyaratan khusus mengenai asal negara anggota tersebut.

Pengertian kerjasama Internasional  secara umum adalah kerjasama yang dilakukan antar negara dalam rangka pemenuhan kebutuhan rakyat dan kepentingan yang lain dengan berpedoman pada politik luar negeri masing- masing. Ada banyak sekali kerjasama internasional  yang telah ada di seluruh dunia, dan masing- masing kerjasama tersebut memiliki tujuan dan maksudnya masing- masing. Namun ada beberapa hal yang biasanya menjadi poin penting kerjasama internasional. Dan poin- poin ini menjadi bagian dari hasil kerjasama internasional tersebut.

Asas Kerjasama Internasional

Kerjasama internasional merupakan hubungan antar negara di dunia. Hubungan ini tentu diatur dan berdasar pada suatu asas. Adapun asas- asas yang melandasi dilakukannya hubungan internasional antara lain sebagai berikut:

  1. Asas Teritorial

Asas teritorial merupakan asas yang didasarkan pada kekuasaan negara atas daerah atau wilayahnya. Negara memperlakukan hukum dan juga peraturannya bagi semua hal baik orang maupun barang yang ada di bawahnya. Sementara untuk luar daerah atau wilayahnya berlaku hukum asing.

  1. Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan merupakan asas yang didasarkan kekuasaan negara yang tetap berlaku bagi warga negaranya yang berada di luar wilayahnya atau berada di luar negeri. Asas ini juga disebu dengan asas ekstrateritorial.

  1. Asas Kepentingan Umum

Asas selanjutnya adalah asas kepentingan umum. Asas kepentingan umum merupakan asas yang didasarkan pada kekuasaan negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan kehidupan warganya. Menurut asas ini, negara bisa mengatur hukum yang sesuai dengan keadaan  dan peristiwa yang bersangkutan dengan kepentingan umum, serta tidak terbatas hanya pada wilayahnya saja.

Itulah beberapa asas yang melandasi terjalinnya hubungan internasional di dunia. Asas- asas tersebut harus disepakati oleh semua negara yang tergabung dalam kerjasama tersebut dan tidak bolah ada yang melanggarnya.

Tujuan Kerjasama Internasional

Ada banyak sekali tujuan kerjasama internasional. Adapun secara umum tujuan dari kerjasama internasional adalah mewujudkan perdamaian dunia serta kemakmuran dunia.  Namun tujuan tersebut bisa dijabarkan kembali ke dalam uraian yang lebih rinci. Adapun beberapa tujuan dari kerjasama internasional antara lain sebagai berikut:

  • Memacu pertumbuhan ekonomi setiap negara
  • Mewujudkan pengertian antar bangsa dalam membina dan menegakkan perdamaian dunia
  • Menciptakan keadilan dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyatnya
  • Memperluas lapangan kerja
  • Memperkuat rasa persahabatan

Itulah beberapa tujuan melakukan kerjasama internasional. Tujuan- tujuan lain yang lebih khusus disesuaikan dengan kepentingan masing- masing negara anggota yang tergabung dalam oranisasi tersebut.

Manfaat Kerjasama Internasional

Setiap hubungan dengan pihak lain pasti akan membawa dampak positif. Setiap dampak positif kita rasakan sebagai manfaat. Seperti halnya dengan kerjasama internasional. Kerjasama internasional merupakan hubungan yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari kerjasama internasional antara lain sebagai berikut:

  • Saling menguntungkan masing- masing negara dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi

Kerjasama internasional beberapa diantaranya  bergerak dalam bidang ekonomi. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan negara- negara yang menjalin kerjasama. Dengan melakukan kerjasama internasional kita bisa saling melakukan promosi produk ke negara lain. Selain itu kita bisa mendapatan barang- barang yang tidak diproduksi oleh negara kita sendiri dari negara lain. Misalnya kita mengimpor pisang dari negara penghasil pisang terbesar di dunia, mengimpor kopi dari negara penghasil kopi terbesar di dunia, dan lainnya. Dengan demikian kesejahteraan rakyat akan semakin meningkat.

  • Mewujudkan ketertiban dan kedamaian dunia

Kerjasama Internasional memiliki misi untuk mewujudkan perdamaian dunia sehingga kehidupan akan menjadi tenteram dan damai. Sehingga dengan adanya kerjasama internasional maka kehidupan di dunia akan lebih tenang, permasalahan antar neara akan bisa diselesaikan secara lebih bijak.

  • Menanggulangi hal- hal yang dapat merusak budaya

Kerjasama internasional juga bisa menjadi benteng untuk menanggulangi berbagai kemungkinan yang dapat merusak budaya serta hal- hal yang bertentangan dengan ideologi suatu negara.

  • Meningkatkan penerapan IPTEK

Dengan adanya kerjasama internasional, maka negara berkembang yang notabebe memiliki teknologi yang biasa saja bisa belajar dari negara yang lebih maju mengenai penetapan teknologi ini.

  • Meningkatkan sektor pertahanan dan keamanan

Kerjasama internasinal juga akan membantu suatu negara untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan suatu negara.

  • Mempererat hubungan antar negara

Selain menambah keuntungan negara, manfaat kerjasama internasional yang lainnya adalah mempererat hubungan antar negara. Hubungan antar negara ini seperti halnya hubungan persahabatan. Dengan menjalin kerjasama internasional maka akan semakin banyak peluang bagi suatu negara untuk meningkatkan berbagai hubungan lainnya diluar hubungan kerjasama tersebut.

  • Saling menghormati ideologi negara

Kerjasama internasional juga akan menjadikan negara-negara di dalamnya untuk saling menghormat ideologi negara satu dengan negara lainnya. Tidak bisa dipungkiri terkadang memang suatu negara mengalami sengketa karena ketidakcocokan ideologi. Namun hal ini bisa diatasi apabila kita melakukan kerjasama internasional

Itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh apabila kita melakukan kegiatan kerjasama antar negara khusunya kerjasama internasional.

Contoh Kerjasama internasional

Ada banyak sekali contoh kerjasama internasional yang ada di dunia ini. Berbagai kerjasama internasional ini dibedakan menjadi beberapa bidang, antara lain bidang ekonomi, politik atau pertahanan dan juga bidang sosial. Beberapa contoh kerjasama internasional diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kerjasama internasional di bidang ekonomi kerja, antara lain sebagai berikut:
  • APEC (Asia Pasifik Economis Corporation)
  • MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)
  1. Kerjasama internasional di bidang sosial, antara lain sebagai berikut:
  • WHO (World Health Organization)
  • UNICEF (United Nations Children and Education Fund)
  • ILO (International Labour Organization)
  1. Kerjasama internasional di bidang pertahanan atau politik, antara lain sebagai berikut:
  • SEATO (South East Asia Treaty Organization)
  • ANZUS (Australia, New Zeland, and United States)
  • NATO (North Atlantic Treaty Organization)
  • CENTO (Central Treaty Organication) atau Pakta Baghdad
  • Pakta Wrsawa, yaitu pakta militer yang dibentuk oleh Uni Sovyet untuk membendung pengaruh Amerika di Eropa Timur.
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow