999 +
0
26
0
7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'
4 weeks 'ago'

Masih ingat dengan tanaman ini?

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'nutritionaloutlook.com

Semasa kecil khususnya bagi anak perempuan, senang rasanya jika menjumpai tanaman ini karena dapat digunakan sebagai kutek alami low budget.

Sekilas mirip buah rambutan, di negara kita annatto memiliki panggilan yaitu kesumba keling. Tanaman ini ternyata dapat diolah sebagai makanan hingga kosmetik yang aman bagi tubuh, lho!

Annatto punya manfaat apa saja, ya? Cari tahu yuk, dengan membaca tujuh manfaat annatto yang dikutip melalui laman Organic Facts berikut ini.

1. Sistem pencernaan menjadi lebih sehat

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'amazoniadeaaz.com.br

Punya masalah dengan pencernaan? Annatto bisa dijadikan solusi. Biji-bijian dan dedaunan tanaman annatto kaya akan serat. Karena itulah, annatto dapat menjadikan sistem pencernaan kita menjadi lebih baik.

Gak hanya itu saja, annatto juga membantu penyerapan nutrisi yang masuk dalam tubuh menjadi lebih efisien, dan menurunkan kolesterol.

2. Meminimalisir terjadinya cacat lahir bagi ibu hamil

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'thymeandlove.com

Di wilayah Amerika Selatan, biji annatto sering dijadikan minyak untuk campuran makanan seperti pasteles. Di dalamnya mengandung asam folat dengan jumlah banyak, di mana kandungan tersebut mencegah cacat tabung saraf pada anak-anak yang baru lahir.

Karena ibu hamil dianjurkan untuk meningkatkan kadar asam folat, maka dari itu mengonsumsi annatto dapat membantu meminimalisir terjadinya cacat lahir.

3. Merawat kulit wajah agar tetap sehat

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'foodnavigator.com

Ingin mengurangi tanda-tanda keriput, noda, dan masalah seputar kulit wajah lainnya? Annatto menjadi solusinya. Gak cuma merawat kesehatan kulit wajah, annatto juga mengencangkan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda.

Annatto memiliki kandungan takrotienol yang di mana, kandungan tersebut bertindak sebagai antioksidan.

4. Meminimalisir terjadinya kanker

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'casaveneracion.com

Tidak hanya takrotienol, annatto juga memiliki kandungan norbiksin, salah satu pigmen yang ditemukan dalam biji annatto. Norbiksin dikenal sebagai kandungan antioksidan yang kuat.

Dalam penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa norbiksin memiliki efek anti-mutagenik, yang berarti bahwa biji annatto dapat membantu meminimalisir terjadinya kanker pada tubuh.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan oleh tim peneliti Brasil dalam Human and Experimental Toxicology Journal, annatto adalah alternatif potensial dari strategi pencegahan kanker, meskipun informasi tambahan dan penelitian perlu dilakukan untuk menguatkan masalah ini.

5. Antimikroba

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'hispanickitchen.com

Karena antioksidannya yang kuat, annatto memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh berbagai patogen, dan bakteri dalam tubuh. Annatto juga sangat efektif melawan berbagai penyakit bawaan makanan. Dengan kata lain, annatto juga bisa jadi immune booster bagi tubuh.

6. Tidak hanya menyehatkan pencernaan, annatto meredakan masalah pada perut

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'organicfacts.net

Nah, bagi kamu yang doyan makan pedas. Setelahnya pasti kamu akan mengalami rasa yang tidak enak pada perut seperti perih atau mulas. Annatto dapat meredakan masalah pada perut tersebut. Baik yang diakibatkan oleh infeksi virus atau makanan.

7. Baik untuk kesehatan hati

7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'healthline.com

Biji annatto membantu menyeimbangkan, mendetoksifikasi, memetabolisme, memperkuat hati hingga membantu mengurangi peradangan pada hati. Para ilmuwan telah menunjukkan peran biksin dalam menghancurkan radikal bebas yang berbahaya bagi hati.

Wah! Ternyata tanaman yang selama ini jadi kutek low budget punya banyak manfaat bagi tubuh, ya? Diolah untuk makanan atau kosmetik alami, tidak mengurangi manfaat dari annatto.

Kira-kira, apa nama tanaman ini di daerah kamu? 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow