999 +
0
29
0
7 Cara Membersihkan RAM Laptop dengan Mudah
2 months 'ago'

Apa Anda pernah merasakan laptop terasa sangat lambat saat digunakan? Bisa jadi hal tersebut disebabkan RAM laptop yang semakin penuh. Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan laptop yang sering dilakukan memberikan dampak yang besar pada kinerja laptop. Akibat yang paling sering dialami oleh orang-orang saat menggunakan laptop tanpa dibersihkan adalah memori di dalam harddisk penuh dan laptop mulai melambat. Ada beberapa cara yang mudah dilakukan agar RAM laptop dapat dibersihkan sehingga dapat mempercepat kinerja laptop. langkah-langkahnya sendiri bisa dilihat berikut ini.

1. Restart laptop

Cara pertama yang mudah dilakukan adalah melakukan restart pada laptop. Dengan melakukan restart pada laptop, maka memori yang terdapat pada program yang sedang berjalan akan diatur ulang kembali. Meskipun hal ini tdak meningkatkan kualitas RAM itu sendiri, akan tetapi poses ini dapat membersihkan aplikasi yang berjalan dan beberapa aplikasi yang memakan banyak memori RAM.

2. Menggunakan Task Manager

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah mematikan program yang berjalan menggunakan task manager. Di dalam task manager ini, Anda dapat melihat apa saja aplikasi yang serig memakan banyak memori RAM komputer selama dijalankan. Untuk dapat masuk ke dalam task manager, Anda bsa mencarinya pada start menu atau bisa juga menggunakan shorcut di keyboard. Caranya sendiri adalah dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” secara bersamaan.

Setelah pop up task manager sudah terbuka, maka selanjutnya adalah masuk ke bagian “More Detail”. Lalu, klik juga pada tab “Processes” dan “Memory” untuk lebih mengetahui apa saja program atau aplikasi yang sering menghabiskan beberapa memori RAM. Untuk dapat menutup aplikasi yang berjalan, masuk ke tab Processes lalu klik aplikasi mana yang akan Anda tutup. Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih “end process”. Maka secara otomatis, aplikasi akan tertutup.

3. Uninstal program

cara yang kedua bisa dikatakan sifatnya sementara. Jika Anda menginginkan aplikasi tersebut benar-benar tidak ingin ada lagi, maka sebaiknya Anda uninstal program tersebut. Namun, perlu Anda perhatikan baik-baik apakah program tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. jangan sampai Anda menyesal karena sudah menghapusnya.

Untuk melakukan uninstal, Anda bisa pergi ke bagian “Setting” lalu pilih “Apps”. Di sana, Anda baru bisa pilih aplikasi yang sekiranya tidak Anda butuhkan dan klik uninstal. Tunggu hingga proses selesai dan Anda baru saja berhasil menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

4. Tahan aplikasi berjalan otomatis

Apabila Anda merasa masih sayang dalam menghapus aplikasi yang ada tapi tidak ingin aplikasi tersebut aktif secara otomatis, maka pilihan ini bisa Anda coba. Pertama masuklah terlebih dahulu pada bagian Task Manager. Setelah itu masuk ke bagian “Startup”. Di sana Anda akan melihat berbagai macam aplikasi yang berjalan otomatis saat laptop sedang dihidupkan. Berikutnya adalah matikan aplikasi-aplikasi yang menurut Anda tidak dibutuhkan dengan cara klik kanan aplikasi tersebut dan klik “disable”.

5. Scanning Virus

Virus komputer pun dapat menjadi penyebab RAM berkurang pada laptop. Salah satunya adalah RAM menjadi sangat penuh dengan berbagai program serta tidak dapat dihapus. Untuk itu, Anda bisa manfaatkan software virus yang ada di laptop Anda. Caranya pun cukup mudah. Siapkan dulu anti virus yang sudah terinstal pada laptop. setelah itu, lakukanlah scanning secara menyeluruh agar virus dapat diketahui secara cepat. setelah virusnya sudah terdeteksi dan dihapus dari laptop, langkah selanjutnya adalah lakukan restart laptop dan lihatlah hasilnya.

6. Gunakan aplikasi RAM Cleaner

Anda bisa gunakan aplikasi khusus untuk membersihkan data-data yang menumpuk pada RAM. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi RAM Cleaner. Cara kerja dari aplikasi ini adalah mematikan aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai atau dalam keadaan (Iddle). Meskipun begitu, aplikasi tersebut masih bisa dibuka apabila dibutuhkan. Anda bisa mencari beberapa aplikasi RAM Cleaner di berbagai sumber terpercaya.

7. Menggunakan memori virtual

Cara selanjutnya adalah menggunakan memori virtual. Dengan menggunakan memori virtual ini, Anda dapat menambah kapasitas memori RAM agar kinerjanya tetap stabil. Caranya sendiri adalah melalui Control Panel. Masuklah ke bagian Control panel. kemudian masuklah ke bagian System Properties. Selanjutnya masuk ke bagian tab Advance dan pilih Settings. Di sana Anda akan menemukan tombol performance. Setelah itu, alihkan kembali ke bagian Advanced serta klik tombol change. Di sanalah Anda bisa mengatur berapa memori virtual yang akan digunakan.

Itulah 7 cara membersihkan RAM laptop dengan mudah. Perlu Anda perhatikan bahwa pembersihan RAM perlu dilakukan secara rutin agar laptop dapat berfungsi kembali dengan normal tanpa masalah yang berarti. Semoga artikel ini bisa memberikan dampak yang positif bagi pembaca dan tentunya Anda semua.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow